Macam-Macam Jenis Kertas.|Unsplash.com
Macam-Macam Jenis Kertas.|Unsplash.com

Apa Saja Macam-Macam Jenis Kertas?

Diposting pada

Ada macam-macam jenis kertas yang digunakan tergantung dari kebutuhannya apa. Pasalnya, setiap jenis digunakan untuk kebutuhan yang  berbeda. Sehingga jika kamu membutuhkan sebuah kertas, kenali terlebih dahulu kebutuhanmu. Selain itu, kertas tidak hanya dibuat

Macam-Macam Kertas

Macam-Macam Jenis Kertas.|Unsplash.com
Macam-Macam Jenis Kertas.|Unsplash.com

Bahan yang digunakan untuk membuat kertas umumnya dari serat kayu, bambu, dan lain sebagainya. Namun, paling popular kertas yang terbuat dari kayu.  Sehingga tidak mengherankan jika ada yang mengaku peduli dengan lingkungan, ia menggunakan kertas secara berlebihan. Terlebih penebangan liar semakin marak dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

1.      Kertas HVS

Kertas ini sering digunakan untuk mencetak berbagai dokumen. Sehingga banyak digunakan untuk kebutuhan kantor, sekolah atau pendidikan, dan lain sebagainya. Selain itu, kertas ini pun digunakan untuk membuat template. Adapun ciri dari kertas ini adalah memiliki tekstur yang kasar, memiliki ketebalan dari 70 gsm sampai dengan 80 gsm.

2.      Kertas NCR

Kertas ini digunakan untuk mencetak sebuah informasi dari apa yang ditulis dari kertas yang berada diatasnya.  Sehingga, apapun yang tertulis akan timbul dibagian lembar terakhir. Kegunaan dari kertas ini sendiri adalah untuk bukti transaksi yang dilakukan  (nota).

Baca Ini Juga  Cara Hitamkan Body Motor

NCR memiliki berbagai warna yang Beragam. Sehingga kamu dapat mencocokannya dengan kebutuhanmu.  Selain itu, kertas ini pun biasanya lebih tipis dibandingkan dengan HVS.

3.      Art Paper

Kertas jenis ini memiliki karakteristik yang agak berbeda. Dimana art paper bertekstur halus, berkilau, memiliki ketebalan dari 120 gsm sampai dengan 150 gsm. Selain itu, jenis ini pun memiliki daya tahan yang lebih bagus dibandingkan dengan kertas HVS. Sehingga Art Paper sering digunakan untuk mencetak katalog, voucher, ataupun flyer.

4.      Art Carton

Meskipun sama-sama memiliki nama yang diawali dengan art, tetapi berbeda. Dimana Art action memiliki ketebalan kertas sampai dengan  320 gsm, 260 gsm, dan 210 gsm. Maka jenis ini sering diperuntukan membuat sampul buku, pamflet, poster, dan lain sebagainya.

5.      Matt paper

Jenis kertas ini  memiliki ketebalan dari 120 hingga 150 gsm. Selain itu, permukaan dari Matt Paper tidak berkilau seperti halnya art paper.  Dengan karakteristik seperti itu, maka paper jenis ini sering digunakan untuk mencetak isi majalah.

Baca Ini Juga  Menu Nasi Kotak Harga 12000 Paket Hemat

6.      BW Carton

Nama dari jenis kertas ini adalah BW carton dan memiliki tingkat ketebalan berbeda dengan matt paper. Warna dari permukaannya pun cenderung redup. Sehingga sering digunakan untuk menggambar maupun menulis secara manual. Namun, ada pula yang menggunakan untuk membuat poster, kalender, maupun sampul buku.

7.      Linen Jepang

Pemukaan dari paper jenis ini adalah kasar dan warnanya pun cenderung redup. Sehingga, sangat mudah kamu gunakan untuk menulis tangan. Selain itu, ada beberapa orang pula yang menggunakan jenis kertas seperti ini untuk membuat sertifikat maupun sebuah undangan.

8.      Ivory

Kertas ini sering digunakan untuk kebutuhan kotak kemasan. Hal ini bukanlah tanpa sebab, melainkan karena paper ini memiliki dua sisi. Dimana satu sisi redup semendtra sisi yang lainnya berkilau. Ditunjang oleh ketebalan nya sampai mencapai 210 gsm sampai dengan 400 gsm.

9.      Duplex

Jenis satu ini terlihat unik karena memiliki dua sisi dengan berbeda. Dimana satu sisi memiliki warna abu-abu dan sisi yang lainnya memiliki warna putih. Bahkan keteladan dari duplex ini pun berkisar sekitar 250 sampai dengan 400 gsm. Dengan karakteristiknya yang seperti itu sehingga sering dipakai untuk kemasan produk atau makanan.

Baca Ini Juga  Suka  Public Speaking? Inilah Pilihan Profesi Yang Cocok Untukmu

Macam-macam kertas diatas mencakup kertas duplex, buram, ivory, linen jepang,   Matt paper, dan lain sebagainya. Setelah membaca semua informasi  ini, kertas mana yang kira-kira kamu butuhkan? Yuk pilih dengan bijak!