Macam-macam kerupuk
Macam-macam kerupuk .|Unsplash.com

Apa Saja Macam-Macam Kerupuk?

Diposting pada

Kamu suka makan kerupuk? Maka artikel ini cocok untuk kamu baca. Selain itu, apakah sudah tahu ada macam-macam kerupuk yang bisa kamu konsumsi. Tentu rasanya berbeda. Dari kerupuk bawang hingga kerupuk gendar. Selain itu, makanan pelengkap ini, memang enak dimakan dengan nasi.

Macam-Macam Kerupuk

Setiap jenis kerupuk memiliki bahan bakunya sendiri. Selain itu, cara penyajiannya pun berbeda. Sehingga hal tersebut mempengaruhi cita rasa dari kerupuk itu sendiri. Adapun macam-macam kerupuk diantaranya adalh sebagi berikut!

1.      Kerupuk Bawang

Kerupuk ni terbuat dari campuran bawang. Sehingga, ketika kamu memakannya akan tercium aroma bawang goreng. Rasa yang dimiliki oleh kerupuk ini pun cenderung asin gurih. Biasanya, kerupuk jenis ini lebih mudah kamu temui ketika membeli makanan jadi.

Seperti nasi uduk, bubur ayam, dan lain sebagainya. Warna dari kerupuk ini cenderung warna-warni. Ditambah dengan teksturnya yang renyah, menambah cita rasa dari kerupuk jenis ini.

2.      Kerupuk Blek

Apakah kamu asing mendengar, kerupuk ini? Hal itu memang wajar. Pasalnya, nama kerupuk ini memang jarang yang mengetahui. Namun, meskipun begitu, banyak orang yang mengidolakannya. Biasanya, kamu akan mengeluh ketika sudah melihat bentuknya.

Baca Ini Juga  Download Smule Mod Apk V5.3.6 Terbaru

Dimana kerupuk ini, pasti sudah sering atau pernah kamu konsumsi. Adapun rasanya memang gurih dan sangat renyah. Kerupuk ini dapat kamu temui dengan mudah di warung-warung.

3.      Macam-macam kerupuk (Terbuat Dari Udang)

Menurut sebuah informasi, kerupuk ini berasal dari Sidoarjo. Sesuai namanya, bahan baku dari kerupuk ini selain tepung, menggunakan rebon atau udang kecil. Dimana udang tersebut dihaluskan secara merata. Sehingga, wajar apabila ketika kamu memakannya akan terasa udang atau aroma udang. Biasanya kerupuk ini enak disantap dengan nasi pecel, soto, rawon, dan lain sebagainya.

4.      Kerupuk Kulit

Kerupuk ini memiliki cita rasa yang berbeda dari yang lainnya. Pasalnya, teksturnya yang renyah dan ketika dimakan akan lumer di mulut. Bahkan tidak hanya itu, rasanya yang gurih pun menjadikan kerupuk ini memiliki tempat tersendiri bagi yang pencintanya.

Adapun proses pembuatannya adalah dengan cara direbus kemudian dikeringkan. Dimana proses pengeringan ini sendiri dilakukan kira-kira sekitar 2 sampai dengan 3 hari. Setelah itu, kerupuk mentah ini sudah siap digoreng dan dijadikan makanan pendamping. Bahkan sekarang tidak hanya rasa original saja. Namun, ada pula rasa rumput laut dan balado.

Baca Ini Juga  Link Download Twibbon One Piece Terbaru

5.      Kerupuk Gendar Atau Kerupuk Puli

Bahan baku dari kerupuk ini cukup unik. Yaitu dari nasi. Dimana nasi ini akan diberikan bumbu dan kemudian ditumbuk sampai tercampur. Setelah itu, barulah dibuat adonan. Biasanya, orang-orang yang bertempat tinggal di Desa, membuat kerupuk ini dari nasi yang sisa yang tidak termakan.

Sehingga daripada dibuang. Akhirnya dibuat gendar. Rasanya pun sangat enak. Dimana kerupuk ini akan terasa aroma kencur, asin, maupun gurih. Bahkan ada beberapa yang memberikan rasa pedas. Sehingga, wajar apabila kerupuk ini banyak diminati oleh  banyak orang.

6.      Macam-macam kerupuk (Kerupuk Mie)

Kerupuk ini memiliki rasa yang gurih. Selain itu, kamu akan lebih mudah mendapatkannya di pedagang asinan maupun pecel. Selain itu, rasa dari kerupuk ini sendiri cenderung khas dan berwarna kuning.  Bahkan ada beberapa pedagang mie kocok, menyediakan kerupuk mie sebagai makanan pelengkap produk yang ia jual.

Selain macam-macam kerupuk yang di atas, ada pula kerupuk emping, kemplang, dan lain sebagainya. Sehingga, dapat dipastikan jenis kerupuk memanglah banyak. Jadi, jangan lupa mencobai kerupuk jenis lainnya saja ya!

Baca Ini Juga  Menu Catering Harian Harga Rp15.000