Makanan untuk menjaga stamina.| Unsplash.com
Makanan untuk menjaga stamina.| Unsplash.com

Apa Saja Makanan Untuk Menjaga Stamina Tetap Fit?

Diposting pada

Konsumsi makanan untuk menjaga stamina tetap fit memang penting. Terutama bagi kamu yang memang setiap harinya seringkali sibuk dengan rutinitas. Tentunya akan merasakan hal yang begitu letih dan rasa mengantuk pun kerap menyerang walaupun masih pagi. Hal ini memang seringkali terjadi pada sebagian orang. Maka sebaiknya merubah pola makan yang selama ini kamu lakukan.

Hal ini karena apa pun yang kamu makan akan dapat mempengaruhi stamina atau energi yang ada di dalam tubuh. Sehingga dapat jika kamu tetap ingin memiliki stamina yang bagus, maka perbaiki pola makan yang kamu miliki.

Makanan Untuk Menjaga Stamina Tetap Fit

Makanan untuk menjaga stamina.| Unsplash.com
Makanan untuk menjaga stamina.| Unsplash.com

Asupan makanan yang  sebaiknya  kamu konsumsi adalah kombinasi dari pada lemak protein dan karbohidrat alami. Dimana hal itu bagus sekali membantu menjaga energi, yaitu melalui mineral dan vitamin.  Nanti kalau kita mengkonsumsi makanan yang bergizi dan tinggi kalori membuat energi kita seakan-akan terkuras.  Lalu apa sajakah makanan yang bisa membantu Kamu dalam meningkatkan stamina?

1. Almond

Di dalam almond mengandung vitamin B7 atau yang disebut juga dengan biotin yang memang zat yang satu ini berguna sekali untuk mengubah makanan menjadi energi.  hal tersebutlah yang nantinya berguna sekali dalam proses metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.

Selain itu, makanan ini juga mampu untuk memberikan  kamu energi tambahan jika kamu mengkonsumsinya sebagai cemilan di sore hari. Namun, bagi kamu yang memiliki alergi terhadap kacang-kacangan, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan tersebut.

2. Rumput Laut

Kandungan yang terdapat di dalam rumput laut adalah mineral dan yodium. Dimana hal tersebut sangat berguna sekali untuk menjadi sumber atau penghasil energi.  Selain itu, ketika mengkonsumsi makanan tersebut maka akan ada reaksi biokimia dan dpemaksimalan terhadap hormon tiroid.

Baca Ini Juga  Jasa Urus SIO dan Ahli K3 murah Karawang bekasi

Kamu dapat mengkonsumsi rumput laut ini sebagai makanan ringan setiap hari supaya nantinya stamina kamu tetap terjaga. Sebagai catatan, mengkonsumsinya dalam jumlah yang wajar. Sehingga tidak terlalu berlebihan yang akhirnya mengakibatkan hal yang tidak diinginkan.

3. Kerang

Makanan satu ini bukan hanya dapat dimasak dengan aneka resep dan enak, tetaapi kaya akan kandungan vitamin B12.  Vitamin inilah yang berguna sekali bagi tubuh karena memegang peran kunci dalam sistem saraf dan segala macam proses metabolisme yang penampakan di dalam tubuh kamu.

Disamping itu juga berguna sekali untuk pola diet yang seimbang.  Tubuh ini tidak akan dapat dengan sendirinya membuat nya dikarenakan itu memang metabolisme energi sangat memerlukan B12 . Maka dari itu kandungan vitamin B12 melakukan pengubahan terhadap makanan yang kamu konsumsi menjadi energi.

4. Daging Sapi Tanpa Lemak

Dengan mengkonsumsi daging sapi tanpa lemak dapat membantu kamu terbebas dari rasa lelah akibat enemi. Hal ini karena makanan tersbeut mengandung zat besi yang bermnafaat untuk membuat oksigen dalam darah. Dimana nantinya darah yang kaya akan oksigen tersebut diakut ke seluruh jaringan yang ada dalam tubuh. Tentu hal tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan bahkan ketika oksigen dalam otak terpenuhi, maka akan meningkatkan kefokusan yang kamu miliki.

5. Oatmeal

Makanan selanjutnya yang dapat membantumu lebih berenergi adalah  oatmeal. Selain itu, makanan ini pun mengandung karbohidrat sehingga dapat membuatmu kenyang apabila dikonsumsi secukupnya. Mengkonsumsi oatmeal sendiri bisa dimakan bersamaan dengan yogurt.

Bahkan bisa pula dicampur dengan susu atau tanpa tambahan makanan sekalipun. Selain itu, ada beberapa kandungan lain yang bermanfaat untuk tubuh. Diantaranya adalah kalsium, serat, dan protein. Ketika kamu sudah membuatnya, sebaiknya langsung habiskan tanpa sisa.

Baca Ini Juga  8 Kelebihan Dan Kekurangan Bekerja Di Perusahaan BUMN

6. Telur

Telur memiliki beragam kandungan yang baik untuk kesehatan. Salah satunya yaitu protein. Dimana diketahui bahwa protein dapat membantu tubuh untuk mendapatkan energi. Kamu dapat menikmati makanan ini dengan berbagai cara, yaitu direbus, dicampur dengan roti, maupun yang lainnya. Sehingga rasanya pun akan jauh lebih enak.

Selain itu, usahakan untuk mengkonsumsi langsung telur setelah dimasak. Sehingga rasanya fresh dan enak. Pasalnya, jika telur didiamkan dengan waktu yang cukup lama, biasanya rasanya tidak terlalu enak. Namun, tidak baik pula jika dimakan setiap hari dalam jumlah yang banyak. Pasalnya, dapat memicu penyakit berbahaya, seperti diabet.

7. Ayam

Ketika kamu mengonsumsi ayam maka tubuh akan dapat  mendapatkan asupan C0Q10,  dimana 95% energi di dalam tubuh manusia memang membutuhkan Coenzyme Q10.  Disamping itu,  zat yang satu ini pun memang tubuh perlukan untuk menjaga kesehatan ginjal, jantung, dan hati. Sehingga asupan ini memang sangat penting untuk didapatkan oleh tubuh.

Selain itu, dalam setiap daging ayam yang memiliki berat 3 ons mengandung 1,4 mg Coenzyme Q10. Sehingga jika kamu membutuhkan 50 mg, maka kamu perlu menambah beberapa ons lagi. Kamu pun bisa mengkonsumsinya dengan beraneka ragam. Dari mulai mengukus, menggoreng, bahkan memanggangnya di oven. tergantung selera yang kamu miliki. Imbangi pula dengan berbagai macam sayuran ketika mengkonsumsinya.

Tips Supaya Tidak Bosan Mengkonsumsi Makanan Untuk Menjaga Stamina

Untuk menghindari rasa bosan mengkonsumsi makanan yang tidak membuatmu cepat Lelah, sebaiknya lakukan beberapa cara berikut ini!

1. Tidak Dikonsumsi Dengan Menu Yang Sama

Cobalah masak dengan menu yang berbeda tiap harinya. Sehingga baik kamu maupun anggota keluarga akan merasa antusias dalam mengkonsumsinya. Misalnya, hari senin makan sup ayam untuk sarapan. Maka, hari berikutnya cobalah makan telur dan sayuran sebagai sarapan.

Baca Ini Juga  Penting! Inilah Persiapan Menikah Yang Wajib Diketahui!

Jika kamu bingung bagaimana cara memasaknya, coba saja untuk mencari menu melalui internet. Pilihlah resep masakan yang memang mudah kamu praktikan. Selain itu, jika kamu memang benar-benar sibuk, kamu dapat memilih resep yang simple dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memasaknya. Jika di tempat kerjamu susah mendapatkan makanan di atas, sebaiknya kamu membawa bekal.

2. Tidak Makan Terlalu Berlebihan

Seperti yang diketahui bahwa apapun yang dilakukan secara berlebihan itu tidak baik, bukan? Hal tersebut pun berlaku dalam mengkonsumsi makanan diatas. Maka, usahakan untuk mengkonsumsi secukupnya saja. Sehingga, kamu dapat merasakan manfaat dari makanan tersebut. Selain itu, kamu pun dapat mencampurkan sayuran untuk melengkapi lauk mu hari ini.

Dengan begitu, gizi yang kamu terima pun akan lebih seimbang. Adapun untuk minumnya, sebaiknya mengkonsumsi air putih saja. Dengan begitu pula, secara tidak langsung hal tersebut merupakan sebuah tindakan untuk mengurangi jumlah gula yang kamu konsumsi. Terutama jika minuman yang kamu pilih memiliki rasa manis dengan kandungan gula yang tinggi.

Beberapa makanan untuk menjaga stamina tetap fit  tersebut tentunya baik untuk siapa saja. Terutama bagi kamu yang sering merasa cepat lelah selama rutinas padat sehari-hari. Kecuali jika memang kamu memiliki alergi terhadap makanan tersebut. Sehingga sebaiknya tidak mengkonsumsi dan mencoba makanan yang lainnya. Untuk mendapatkan informasi lain, kamu pun dapat membacanya di hargabelanja.