Persiapan sebelum resepsi pernikahan.|Unsplash.com
Persiapan sebelum resepsi pernikahan.|Unsplash.com

Apa Saja Persiapan Sebelum Resepsi Pernikahan? Yuk Simak Ini!

Diposting pada

Persiapan sebelum resepsi pernikahan memang perlu kamu dan pasangan lakukan dengan matang. Hal tersebut wajib kamu siapkan sehingga persiapan pun akan lebih matang. Dimana acara ini tidak bisa dilakukan begitu saja karena ini merupakan hal yang sakral sehingga banyak orang akan menghargainya. Tidak hanya menyiapkan dana untuk resepsi saja, melainkan ada beberapa hal yang tidak kalah pentingnya juga.

Sehingga harus benar-benar matang. Selain itu, acara ini pun sebaiknya dipersiapkan jauh-jauh hari. Minimal H- 3 bulan sebelum acara, tetapi ada pula yang menyiapkan kan setahun sebelumnya. Hal tersebut dilakukan agar tidak ada hal yang dikerjakan secara buru-buru.

Pertanyaan Yang Perlu Dibicarakan Bersama Pasangan Sebelum Menikah

Persiapan sebelum resepsi pernikahan.|Unsplash.com
Persiapan sebelum resepsi pernikahan.|Unsplash.com

Sebelum kamu memutuskan untuk menyiapkan segala pernak-pernik resepsi pernikahan, sebaiknya ada beberapa hal yang perlu kamu bicarakan dengan pasangan. Sehingga baik kamu dan pasangan dapat mengatasi kemungkinan- kemungkinan yang terjadi lebih mudah. Dibandingkan tidak membicarakan nya sama sekali. Inilah beberapa pertanyaan yang perlu diobrolkan bersama pasangan sebelum menggelar acara pernikahan!

1.      Rencana Memiliki Keturunan

Hal ini wajib kamu tanyakan kepada calon pasanganmu. Pasalnya, hal ini sangat penting dalam keberlangsungan hubungan rumah tangga kamu. Memiliki anak bukanlah perkara yang mudah, kamu perlu menyiapkan cara mendidiknya, biaya, dan lain sebagainya.

Selain itu, ketika sudah memiliki anak, baik kamu dan pasangan tidak bisa egois hanya memikirkan diri sendiri. Bahkan tanyakan pula bagaimana jadinya apabila kamu tidak bisa memiliki anak dan lihatlah responnya. Pasalnya ada beberapa orang yang memang menikah memiliki hasrat untuk memiliki anak. Sehingga itu akan sangat penting baginya. Dari sini kamu dan pasangan dapat menyamakan persepsi satu sama lain dan akan mengetahui bagaimana sudut pandang dari pasanganmu.

2.      Financial

Tentunya finansial akan selalu melekat dalam kehidupan rumah tangga. Maka cobalah obrolkan mengenai apakah pasangan memiliki hutang atau piutang, penghasilan dia untuk setiap bulan, bahkan sampai dengan rencana keuangan untuk masa depan. Apabila kamu perempuan maka cobalah tanya calon suamimu, apakah setelah menikah boleh bekerja atau tidak.

Setelah itu dengarkan lah respon dari itu semua. Jika kamu merasa itu agak ganjal, maka tidak ada salahnya pula kamu menyampaikan sudut pandang kamu kepada pasanganmu tersebut. Dengan begitu, semua nya akan lebih jelas dan kamu tidak akan menerka-nerka jawaban yang diberikan oleh pasangan.

3.      Hal Yang Tidak Bisa Ditoleransi

Hal ini pun sangat penting sekali untuk dibicarakan. Pasalnya setiap hubungan pasti akan ada goncangan atau ujiannya. Misalnya, kamu tidak akan mentoleransi pasangan ketika ia berselingkuh, bohong, dan kasar kepadamu. Baik secara verbal maupun fisik (memukul, mencaci, dan lain sebagainya).

Hal ini dilakukan demi menjaga hubungan tetap utuh selain itu ketika marah atau ketika hal-hal yang dapat merusak rumah tangga mulai datang, kamu dapat mengendalikan tindakan yang akan  dilakukan. Pasalnya kamu mengetahui resiko apa yang akan ditanggung di masa depan. Tentu hal tersebut pun menjadi kan kamu dan pasangan tidak bertindak secara gegabah atau ceroboh.

Baca Ini Juga  Higgs Domino Mod Apk Unlimited Money Download Versi Terbaru 2021

4.      Budaya Keluarga

Setiap keluarga memiliki budaya atau kebiasaan yang berbeda. Meskipun satu daerah atau satu suku. Sehingga hal tersebut sangat penting untuk dibicarakan bersama.

Dengan begitu, baik kamu dan pasangan dapat menjalin hubungan kekeluargaan yang harmonis dengan masing-masing keluarga. Jika bisa tanyakan secara detail, misalnya apa saja yang harus dilakukan oleh kamu ketika berkunjung ke rumah orang tua pasangan begitu sebaliknya, adab makan, dan lain sebagainya. Dengan begitu, kamu akan meminimalisir terjadinya sebuah konflik karena perbedaan budaya yang dilakukan.

5.      Pembagian Tugas

Seperti yang diketahui bahwa hubungan. Rumah tangga tidak hanya dibangun oleh satu orang saja, bukan? Nah inilah yang menjadi landasan bahwa tugas dalam hubungan rumah tangga perlu untuk ditegaskan.

Sehingga semuanya lebih jelas dan mendetail. Adapun jika ada ketidaksetujuan maka kamu dan pasangan dapat menyampaikan nya dan mencari jalan keluar dalam permasalahan tersebut. Misalnya dalam mengurus rumah dan mengelola keuangan adalah tanggung jawab kami. Sementara suami mencari nafkah, tetapi urusan mencuci piring akan dikerjakan oleh pasangan kecuali apabila pasangan memiliki urusan yang urgen sehingga tidak mencuci piring.

 Rekomendasi Seserahan Pernikahan

Selain memilih WO yang terpercaya dan cocok, kamu pun perlu menyiapkan seserahan. Adapun untuk hal ini  harus disiapkan dengan matang. Dengan begitu, seserahan tersebut dapat digunakan oleh sang mempelai perempuan dengan baik. Inilah beberapa rekomendasi untuk seserahan resepsi pernikahan!

1.      Handuk

Dalam menentukan seserahan kamu dapat memasang handuk di dalamnya. Adapun ukuran handuk dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu. Dikarenakan terdapat berbagai macam bahan handuk.

Maka usahakan memilih handuk dengan bahan yang akan membuat kulit mempelai perempuan merasa nyaman. Sehingga nantinya akan terpakai, tentu sangat disayangkan bukan ketika handuknya hanya menjadi pajangan dan tidak terpakai? Untuk jumlah handuknya sendiri itu tergantung dari kesepakatan bersama.

2.      Pakaian

Rekomendasi seserahan berikutnya adalah pakaian. Untuk produk satu ini sebaiknya coba obrolkan bersama. Apakah akan menggunakan gaun, baju tidur, baju sehari- hari atau baju formal.

Begitupun dengan jumlah pakaian yang ditujukan untuk seserahan. Namun, biasanya yang dijadikan seserahan itu ada dua macam yaitu baju sehari-hari dan gaun. Sehingga tidak hanya satu jenis saja. Namun, hal ini kembali lagi kepada kesepakatan bersama.

3.      Skincare Dan MakeUp

Produk ini termasuk salah satu seserahan yang kerap ada dalam setiap resepsi pernikahan. Dikarenakan  produk skincare maupun make up  itu beragam maka sebaiknya diskusi terlebih dahulu. Pasalnya takutnya ada ketidakcocokan .

Baca Ini Juga  Harga Helm Cargloss Murah Terbaik

Lebih amannya menggunakan produk yang biasa digunakan saja. Untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, produk ini pun memiliki aneka macam harga yang berbeda. Jadi bisa dibicarakan bersama sehingga mendapatkan sebuah keputusan yang tepat.

4.      Bedcover Dan Sprei

Seserahan ini sebenarnya tidak digunakan untuk perorangan karena baik kamu dan pasangan akan menikmatinya bersama. Maka pilihlah sprei dan bedcover yang memang nyaman digunakan. Pasalnya ada beberapa bedcover maupun sprei yang berbahan panas dan kasar.

Ini tentu tidak akan membuat kamu nyaman, bukan? Pastikan pula memilih produk yang asli. Pasalnya masih ada beberapa orang yang mencoba keuntungan dari hal ini. Selain itu,  produk tiruan dikenal memiliki kualitas yang tidak sebagus produk aslinya.

5.      Tas Dan Sepatu

Rekomendasi seserahan untuk resepsi selanjutnya adalah sepatu dan tas. Sebaiknya untuk memilih seserahan ini diserahkan kepada mempelai perempuan. Takutnya, ukuran sepatu yang dikenakan tidak sesuai dengan ukurannya. Meskipun sebenarnya pihak laki-laki bisa meminta informasi mengenai nomor sepatu. Namun, ada beberapa sepatu yang memiliki ukuran lebih besar atau kecil dari size pada umumnya. Sehingga untuk meminimalisir hal tersebut maka sebaiknya biarkan perempuan saja yang memilih nya.

Rekomendasi Souvenir Resepsi Pernikahan

souvenir untuk resepsi pernikahan ini wajib kamu ketahui. Sehingga kamu tidak akan bingung lagi dalam menyiapkan souvenir tersebut. Untuk pilihan souvenir pun beragam, tentunya dengan harga yang berbeda pula tiap jenisnya. Adapun rekomendasi souvenir yang wajib kamu tahu adalah sebagai berikut!

1.      Gelas

Gelas menjadi salah satu produk yang bisa dijadikan souvenir pernikahan. Adapun jenis gelas ini ada yang terbuat dari kaca, keramik, aluminium, seng, dan lain sebagainya. Begitupun dengan ukurannya ada yang small, medium, dan large.

Nah, kamu tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhanmu. Jika kamu ingin terlihat simpel maka pilihlah gelas yang berukuran mini atau small. Ini akan menambah kesan mungil terhadap souvenir yang kamu berikan kepada tamu undangan.

2.      Sendok Garpu

Sendok garpu ada yang terbuat dari kayu, plastik, dan lain sebagainya. Kamu hanya perlu memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan pasangan. Jika mencari souvenir murah maka pilihlah sendok garpu tersebut dari bahan plastik. Biasanya harga dari souvenir tidak semahal dari kayu dan jenis lainnya.

Untuk jumlahnya sendiri kamu bisa menyesuaikan dengan jumlah tamu yang datang. Namun, jika kamu ingin menyediakan dua macam souvenir maka tinggal membaginya menjadi dua bagian. Misalnya, kamu ingin menambahkan? souvenir gelas dan sendok garpu untuk 1000 orang. Maka, untuk masing-masing souvenir adalah 500 pcs .

Baca Ini Juga  5 Game Android Penghasil Uang Langsung Masuk Rekening

3.      Gantungan Kunci

Gantungan kunci ini sangat beragam. Sehingga kamu dapat memilih mana yang lebih cocok dengan kamu butuhkan. Misalnya berdasarkan tema pernikahan, adat dari masing-masing mempelai, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, souvenir gantungan kunci akan tampak serasi dengan resepsi pernikahan yang kamu adakan tersebut, bukan? Jangan lupa siapkan pula kartu ucapan yang ingin kamu sampaikan kepada para tamu undangan. Jangan lupa untuk mengucapkan rasa terimakasih kepada semua tamu yang kamu undang atas kehadiran nya di hari bahagiamu.

4.      Parfum

Seperti yang diketahui bahwa jenis dan aroma parfum itu berbeda.  Sebelum memutuskan ukuran maupun packaging nya harus seperti apa. Sebaiknya mengetahui terlebih parfum seperti apa yang akan digunakan. Usahakan untuk memilih parfum yang netral saja

Misalnya aromanya tidak menyengat dan biasa digunakan oleh sebagian besar tamu yang kamu undangan. Nanti bisa diklasifikasikan kan berdasarkan genre. Misalnya, ada parfum yang khusus untuk tamu undangan laki-laki maupun perempuan.

5.      Tas Kecil

Produk selanjutnya  yang biasa dijadikan souvenir adalah tas kecil. Untuk bahannya sendiri itu bisa dari kain, jeans, kulit asli, kulit sintetis, karung goni maupun yang lainnya. Pilihlah produk yang memang akan terpakai nantinya oleh tamu undangan.

Sehingga selain produknya cantik tetapi fungsional juga. Tentu ini tidak akan membuat produk tersebut menjadi sia-sia, bukan? Untuk membuat produk bervariasi, kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan satu produk tapi dari berbeda bahan. Selain itu, bukan hanya bahan yang berbeda, tetapi model tiap tas nya pun berbeda.

6.      Mangkok Kecil

Produk selanjutnya adalah mangkuk kecil dan mungil ini bisa menjadi salah satu referensi untuk souvenir resepsi pernikahanmu. Nantinya, jika ingin menambah kesan yang elegan sebaiknya  menggunakan box atau paper bag. Sehingga tidak menggunakan plastik untuk packing nya.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum resepsi pernikahan diberlangsungkan. Dengan begitu, kamu akan jauh lebih siap dan matang dalam menyambut hari membahagiakan tersebut. Selain itu, pastikan undangan pernikahanmu pun sudah siap baik dari desain, bentuk, dan lain sebagainya. Jangan hanya fokus kepada pesta pernikahan nya tanpa memikirkan hal lainnya. Selain itu, pastikan pula menu makanan yang akan disajikan itu sudah ada dan dalam memilih juru masak atau kokinya pun tidak sembarangan. Pasalnya makanan dalam resepsi pernikahan pun sama pentingnya dengan beberapa hal di atas.