pertanyaan yang dilarang kepada orang baru dikenal.|Unspalsh.com
pertanyaan yang dilarang kepada orang baru dikenal.|Unspalsh.com

Apa Saja Pertanyaan yang Dilarang Kepada Orang Baru Dikenal

Diposting pada

Sejatinya manusia selalu berinteraksi dengan manusia lain. Sebab manusia merupakan makhluk sosial yang artinya tidak dapat hidup sendiri. Hal ini menunjukan manusia selalu bertemu dengan orang lain termasuk orang baru. Untuk itu, pentingnya mencari tahu apa saja pertanyaan yang dilarang kepada orang baru dikenal.

Sok kenal menjadi istilah yang sudah tidak asing lagi. Asumsi tersebut terkadang membuat rasa takut ketika bertemu orang baru. Meskipun hanya ingin menambah ruang lingkup pertemanan, apa saja yang akan ditanyakan dengan orang baru perlu diperhatikan.

Pertanyaan yang Dilarang Kepada Orang Baru Dikenal

pertanyaan yang dilarang kepada orang baru dikenal.|Unspalsh.com
ertanyaan yang dilarang kepada orang baru dikenal.|Unspalsh.com

Menanyakan sesuatu kepada orang baru dikenal bukanlah hal yang salah. Akan tetapi, sebelum kamu bertanya sebaiknya perhatikan apakah pertanyaan yang diajukan dapat membuat tersinggung atau tidak. Yuk simak penjelasan di bawah ini, agar kamu tidak dicap dengan sok kenal dan SKSD.

1.      Pertanyaan Mengenai Agama

Hal pertama yaitu berkaitan dengan agama, termasuk suku dan ras. Hal ini dianggap tidak sopan karena kamu seakan membedakan seseorang dari latar belakang agama, suku, dan ras. Ketiga hal tersebut bukanlah hal yang harus kamu ketahui dari orang baru dikenal. Tidak perlu menanyakan hal ini secara langsung, kamu bisa melihat dari penampilan orang tersebut.

Baca Ini Juga  Apa saja kendala public speaking?

2.      Pertanyaaan Mengenai Usia

Pertanyaan yang dilarang kepada orang baru dikenal kedua yaitu mengenai usia. Meskipun pertanyaan ini terlihat sepele, tetapi mengandung kalimat sensitif. Tidak sedikit orang tersinggung ketika berbicara perihal usia. Banyak kalimat lain yang bisa kamu jadikan basa-basi dibandingkan menanyakan usia.

3.      Gaji dan Pekerjaan

Hal yang harus dihindari yaitu menanyakan pendapatan atau gaji seseorang. Sama halnya dengan pekerjaan. Sebaiknya kamu jangan ajukan pertanyaan menyangkut dengan pekerjaan. Hal ini dikarenakan sebagian orang menganggap pekerjaan dan pendapatan sangat mempengaruhi status sosial. Pertanyaan ini tidak cocok, apalagi bagi orang yang baru dikenal.

4.      Status

Meskipun status perkawinan kerap menjadi topik pertanyaan. Berbicara mengenai status single atau sudah menikah kepada orang baru menjadi hal yang kurang pantas. Seharusnya, topik ini tidak dijadikan bahan percakapan. Terutama kepada orang baru, karena sensitif. Karena topik ini menyangkut privasi seseorang.

Pertanyaan ini menjadi hal biasa ketika sudah mengenal lama. Namun, dapat menyinggung ketika diajukan kepada orang baru. Sebab orang lain akan merasa tidak nyaman bahkan bisa menjadi emosional.

Baca Ini Juga  Gaji Pegawai Bank ICBC Indonesia dan Jabatannya

5.      Keluarga

Topik yang bersangkutan dengan keluarga menjadi hal yang sangat pribadi bagi seseorang. Menanyakan perihal keluarga bukanlah suatu hal yang salah. Namun, sebaiknya pertanyaan ini diajukan ketika kamu sudah kenal lama dengan orang tersebut.

Berbicara mengenai keluarga merupakan hal yang tabu untuk diajukan kepada orang baru dikenal. Menjadikan kamu sebagai orang yang sok dekat dengan ingin mengetahui latar belakang keluarga. Kecuali orang tersebut menceritakan tentang keluarganya terlebih dahulu tanpa kamu bertanya.

6.      Pendidikan

Pertanyaan terakhir yang sering diajukan yaitu mengenai pendidikan. Tidak sedikit orang yang langsung menanyakan kepada orang baru dikenal. Seperti menanyakan pendidikan terakhir, lanjutan pendidikan, bahkan nama universitas dan sekolah.

Hal ini dapat menyinggung perasaan orang lain. Untuk itu, pertanyaan mengenai pendidikan sebaiknya dihindari kepada orang baru. Hal ini membuat kamu dianggap sebagai orang yang kepo terhadap kehidupan orang lain.

Itulah beberapa pertanyaan yang dilarang kepada orang baru dikenal. Selain itu, masih banyak pertanyaan lain seperti pribadi seseorang. Karena pertanyaan menyangkut pribadi berkaitan dengan privasi orang tersebut. Sebaiknya kamu hindari dan memilih kalimat lain yang tidak membuat tersinggung. Temukan informasi menarik lainnya disini!