tips bepergian sendiri.| Unsplash.com
tips bepergian sendiri.| Unsplash.com

Apa Saja Tips Bepergian Sendiri?

Diposting pada

Ada beberapa tips bepergian sendiri yang bisa kamu terapkan. Hal tersebut untuk meningkatkan keamanan maupun kenyamanan dirimu. Untuk tetap aman, sebaiknya tidak bertanya kepada sembarang orang sesampainya ditempat tujuan.

Tanyalah kepada satpam sekitar, tetapi pastikan kamu pun tidak menampilkan wajah polos atau kebingungan. Hal tersebut hanya akan mengundang orang yang memiliki niat buruk untuk menghampirimu.

Tips Bepergian Sendiri

tips bepergian sendiri.| Unsplash.com
tips bepergian sendiri.| Unsplash.com

Sewaktu-waktu kamu pun perlu pergi sendiri untuk mengunjungi sebuah kota bahkan negara. Baik untuk urusan pekerjaan, pendidikan, dan lain sebagainya. Terutama jika kamu mengunjungi tempat au daerah yang belum pernah kamu kunjungi sekalipun. Inilah beberapa tips yang perlu kamu lakukan ketika melakukan perjalanan atau bepergian seorang diri!

1.    Lakukan Riset Sederhana Mengenai Tempat Tujuan

Sebelum berangkat pastikan kamu telah mengetahui gambaran besar lokasi yang akan kamu kunjungi. Misalnya, transportasi apa saja yang perlu kamu tumpangi, rute mana yang kamu ambil, budaya masyarakatnya seperti apa, dan lain sebagainya.

Hal ini dilakukan supaya kamu tidak kebingungan disana. Setidaknya, kamu pun bisa menyesuaikan diri dengang daerah tersebut. Selain itu, pastikan pula kebiasaan warga di sana seperti apa. Misalnya, adakah jam rawan yang perlu kamu hindari untuk bepergian, makanannya seperti, dan lain sebagainya.

Baca Ini Juga  100+ Nama Akun Bisnis Instagram yang Bagus dan Menarik

2.    Siapkan Barang Yang Dibutuhkan

Coba pilihlah baju, tas, sepatu atau sandal, dan lain sebagainya yang kamu butuhkan. usahakan membawa barang yang memang kamu akan gunakan di sana. Jangan lupa untuk mengecek obat-obatan yang kamu butuhkan.

Misalnya, jika kamu memiliki maag, maka pastikan obat maag tidak ketinggalan. Selain itu, berbagai dokumen yang dibutuhkan maupun yang lainnya telah kamu masukan ke dalam koper. Selain itu, usahkana untuk menaruhnya di tempat aman.

3.    Cari Penginapan

Kemudian hal yang harus kamu siapkan selanjutnya adalah penginapan. Hal ini penting untuk kamu beristirahat sesampainya disana. Sehingga kamu tidak luntang-lantung dan bingung sesampainya disana.

Namun, jika kamu memiliki saudara atau teman di wilayah tersebut, cobalah untuk meminta izin menginap terlebih dahulu sampai urusanmu selesai. Bisa juga, hanya satu hari atau beberapa hari dan mencari kosan atau kontrakan. Jika kamu memutuskan untuk stay semenstara waktu di kota tersebut.

4.    Tips Bepergian Sendiri Dengan Menyesuaikan Budget

Hal ini sangat penting kamu perhitungkan ketika akan bepergian sendiri. Pastikan budget tersebut sudah mencakup biaya pakan, penginapan, transportasi, dan lain-lain. Sehingga kebutuhan dapat terpenuhi. Selain itu, sebaiknya kamu pun membawa uang lebih dari budget yang dibutuhkan untuk jaga-jaga.

Baca Ini Juga  Gaji Karyawan SiCepat dan Jabatannya

Tidak hanya itu saja, kamu pun perlu memastikan bahwa  mengeluarkan uang sesuai dengan anggaran yang telah dibuat sebelumnya. Dengan begitu, tidak akan nombok. Maka, sebelum menentukan budget, cari tahulah terlebih dahulu mengenai harga makanan di lokasi tersebut, harga penginapan, biaya transportasi yang akan digunakan, dan lain sebagainya.

5.    Memisahkan Uang, ATM, Maupun Dokumen Penting

ATM, dokumen yang berharga, serta uang tunai sebaiknya dipisahkan. Misalnya, dokumen penting ada dalam tas gendong, uang yang akan digunakan ditaruh di tas kecil, dan ATM taruh di dompet. Namun, kamu pun bisa menaruh uang di dua tempat. Misalnya, uang yang akan digunakan selama perjalanan di taruh di tas kecil atau selempang dan Sebagian lagi yang tidak terpakai disimpan di dompet.

Tips bepergian sendiri mencakup menyiapkan budget, mencari tahu gambaran besar mengenai tempat yang dituju, menyesuaikan budget, dan menyiapkan barang-barang yang dibutuhkan. Selain itu, kamu pun perlu menentukan penginapan mana yang akan kamu gunakan sesampainya disana.

Baca Ini Juga  Tabel Pinjaman BAF Syariah