Tips Supaya Tidak Bergantung. | Unsplash.com
Tips Supaya Tidak Bergantung. | Unsplash.com

Apa Saja Tips Supaya Tidak Bergantung Pada Pasangan?

Diposting pada
Tips Supaya Tidak Bergantung. | Unsplash.com
Tips Supaya Tidak Bergantung. | Unsplash.com

Tips supaya tidak bergantung pada pasangan akan membantumu untuk mandiri. Selain itu, dampak dari terlalu bergantung salah satunya meningkatkan risiko depresi, ketakutan berpisah, malas, dan lain sebagainya. Tentu hal tersebut tidaklah baik untuk perkembanganmu, bukan?

Selain itu, ketergantungan ini pun bisa saja malah membuat pasangan menjadi risih atau tidak nyaman. Bukan karena tidak sayang atau ingin berpisah. Hanya saja, ia pun membutuhkan ruang sendiri. Dimana ruang tersebut merupakan milik dia sendiri. Sama hal seperti kamu, pasti membutuhkan waktu untuk me time, bukan?

Cara Supaya Tidak Bergantung Pada Pasangan

Untuk berlepas diri dari ketergantungan memanglah tidak mudah. Namun, hal tersebut bukanlah suatu hal yang mustahil untuk diwujudkan. Berlepas diri disini bukan berarti kamu tidak perduli atau mengabaikan dia. Namun, kamu memahami kapan dan bagaimana seharusnya bertindak. Kapan kamu melibatkan pasanganmu dan kapan kamu melakukannya secara mandiri. Inilah beberapa hal yang bisa membantu kamu untuk tidak terlalu bergantung dengan pasangan!

1.    Mengingat Mimpi Atau Goal

Coba ingat kembali apa yang menjadi goal kamu selama ini. Jangan hanya karena sekarang memiliki pasangan, kamu melupakannya. Bahkan lebih memilih untuk selalu disampingnya setiap saat. Tentu hal ini bukanlah sesuatu yang baik. Jika ia merupakan pasangan yang baik, maka akan mendukung setiap langkah atau goal positifmu.

Baca Ini Juga  Download Video Sholawat Terbaru

Meskipun sulit, cobalah untuk melakukan rencana untuk mencapai suatu goal yang kamu miliki. Dengan begitu, baik kamu dan pasangan dapat mewujudkan goal masing-masing dan goal bersama, bukan? Tentu hal ini lebih menyenangkan dibandingkan kamu dan pasangan selalu pergi berdua tanpa tujuan, bukan? Terutama, jika itu hanya menghambur-hamburkan uang.

2.    Supaya Tidak Bergantung Cobalah Untuk Mencari Kesibukan

Cobalah untuk mencari kesibukan lain. Seperti mengikuti seminar, membaca buku, mencari pekerjaan tambahan yang fleksibel, meningkatkan skill, dan lain sebagainya. Dengan begitu, kamu dapat mengisi atau memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin.

Bahkan ketika nanti ngobrol dengan pasangan, akan lebih seru. Pasalnya, kamu memiliki topik pembicaraan yang baru. Namun, bukan berarti kamu melupakan pasanganmu. Kamu bisa mengobrol melalui telepon atau bertemu ketika semua kegiatan yang ikuti selesai.

3.    Cobalah Sesekali Untuk Quality Time Bareng Sahabat Dan Keluarga

Selain menghabiskan waktu berdua bersama pasangan, cobalah untuk menghabiskan waktu bersama sahabat ataupun keluarga.  Kamu bisa bercerita atau mendengarkan cerita mereka. Selain itu, kamu pun dapat mengunjungi berbagai tempat yang bisa dijangkau bersama mereka.

Baca Ini Juga  Contoh Soal PPG Lengkap Beserta Kunci Jawabannya

Lengkap dengan kuliner, aksesoris, atau produk lainnya yang ingin kamu coba. Dengan begitu, lambat laun kamu akan terbiasa untuk tidak setiap waktu bersama pasangan. Hal ini dimaksudkan, agar kamu lebih fresh dan lebih rileks lagi, bukan?

4.    Cobalah Untuk Mengambil Keputusan Secara

Hal ini pun sangat penting, untuk dilakukan. Dengan begitu, kamu pun memiliki andil dalam mengambil suatu hal. Jangan hanya bilang “terserah”, “ngikutin”, dan lain sebagainya. Pasalnya, ada beberapa hal yang memang harus diputuskan secara bersama dan ada pula yang harus diputuskan secara mandiri. Misalnya, ketika ditanya ingin makan apa, cobalah untuk menjawab dengan lugas dan jelas.

Baik itu kamu ingin makan nasi padang, bakso, atau lain sebagainya. Namun, kamu pun perlu memperhatikan makanan yang bisa dikonsumsi oleh pasangan. Misalnya pasangan kamu tidak bisa mengkonsumsi seafood. Maka jangan mengajaknya untuk ke restoran atau tempat makan seafood.

5.    Berilah Pasangan Kepercayaan

Hal ini mungkin sering dilupakan oleh orang. Pasalnya, ketika seseorang terlalu bergantung itu karena perasaan takut. Baik itu takut diselingkuhin, takut berpisah, takut dia tidak bisa menghandle diri sendiri, dan lain sebagainya.

Baca Ini Juga  Gaji Karyawan Pabrik di Jakarta Pusat Terbaru

Pasalnya, secara tidak langsung hal ini menyebabkan ketergantungan. Maka, mulai sekarang berikan pasangan kepercayaan. Sehingga ketika tidak bersamanya, kamu akan tetap merasa aman. Maka secara tidak langsung, kamu pun bisa berlepas dari rasa ketergantungan.

Tips supaya tidak bergantung pada pasangan diantaranya adalah memberi kepercayaan terhadap pasangan dan mencoba mengambil keputusan secara mandiri. Selain itu, kamu pun perlu mengingat goal, mencari kesibukan, dan quality time bareng keluarga serta teman.