Aplikasi Cek NISN Siswa Terbaru dan Cara Menggunakannya
Aplikasi Cek NISN Siswa Terbaru dan Cara Menggunakannya

Aplikasi Cek NISN Siswa Kemdikbud dan Cara Menggunakannya

Diposting pada

Aplikasi cek NISN siswa tersedia secara bebas dan dapat kamu akses dengan mudah melalui situs web resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Indonesia. Di dalam laman tampilannya, akan ada kolom pencarian yang bisa kamu gunakan untuk melakukan cek data siswa. NISN sendiri adalah nomor pengenal dari siswa layaknya seperti NIK di dalam KTP.

Rangkaian nomor NISN adalah standar baru Kemdikbud untuk pendataan siswa di seluruh Indonesia. Jika kamu atau anak dan saudaramu sudah memiliki NISN, maka itu dapat berlaku seumur hidup dan bisa untuk keperluan pendaftaran sekolah. Selain itu, dengan adanya NISN, siswa yang memiliki kesamaan nama dan tanggal lahir juga dapat dibedakan.

Sehingga, ketika dalam satu sekolah terdapat dua anak atau lebih yang memiliki kesamaan data diri, maka satu-satunya alat pembeda adalah dari nomor NISN-nya. Untuk itulah penting untuk kamu menggunakan aplikasi cek NISN siswa. Agar nantinya, ketika ada keperluan terkait sekolah yang mengharuskan menggunakan NISN. Kamu dapat dengan mudah menemukan informasinya.

Baca Ini Juga  Harga Menu Sushi Tei Restoran Jepang
Lanjutkan Membaca

Namun sebelum lebih jauh mencari tahu secara terperinci terkait aplikasi apa yang akan kita gunakan untuk mengecek NISN dan bagaimana cara menggunakannya. Mari kita pahami dulu apa itu Nomor Induk Siswa Nasional atau NISN. Berikut pengertian apa itu NISN dan apa kegunaannya.

NISN Siswa Adalah …

Kartu NISN Siswa

Berdasarkan informasi yang tercantum dalam laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. NISN adalah tanda pengenal dari identitas siswa yang berbeda antara satu dan lainnya. Sehingga dalam satu nomor NISN, tidak mungkin terdapat dua atau lebih data siswa.

Dengan adanya aplikasi cek NISN siswa ini, kita berharap kualitas pendidikan di Indonesia menjadi semakin baik dari masa ke masanya. Karena pemerintah, dalam hal ini kementerian dan turunannya, bisa memanfaatkan data siswa yang tertuang dalam NISN untuk dapat menelaah terkait perkembangan siswa dari setiap tingkatannya.

Artinya, perkembangan pendidikan anak dari mulai SD hingga SMA dapat tercatat dalam Data Pokok Pendidikan atau Dapodik. Kemana anak melanjutkan bersekolah setelah lulus dan mendapatkan Ijazah, atau ketika ada anak yang putus sekolah bisa terlacak. Dengan begitu pemerintah dapat merumuskan formulasi kebijakan yang pas untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

Baca Ini Juga  Harga dan Spesifikasi iPhone8 Berkualitas

Cara Menggunakan Aplikasi Cek NISN Siswa

Cara Menggunakan Aplikasi Cek NISN Siswa

Untuk bisa mengetahui data siswa yang ada di dalam database Kemdikbud, kita dapat memanfaatkan aplikasi yang sudah disediakan. Sehingga para orang tua atau siswa itu sendiri tidak perlu repot-repot melakukan pengecekan data siswa ke sekolah atau bahkan ke dinas pendidikan.

Atau jika kamu ingin mengecek apakah anak tersebut sudah terdaftar dan memiliki NISN yang sah atau belum, maka bisa menggunakan aplikasi cek NISN siswa tersebut. Dengan demikian siswa dan orang tua akan merasa termudahkan dari adanya layanan ini.

Dan untuk kamu yang ingin melakukan pengecekan data NISN, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Masuk ke aplikasi cek NISN siswa di URL berikut: nisn.data.kemdikbud.go.id.
  • Setelah masuk, maka kamu akan mendapati sebuah laman yang berisi keterangan apa itu NISN beserta formulir untuk mengecek data.
  • Silahkan masukan NISN dan nama ibu kandung.
  • Lalu centang reCaptcha untuk memverifikasi bahwa kamu bukan robot.
  • Setelah itu tekan tombol “Cari Data”

Maka ketika kamu sudah memasukan informasi dengan benar pada aplikasi cek NISN siswa tersebut, akan muncul data dari siswa yang hendak kamu cari. Dari situ kamu bisa memastikan bahwa siswa yang bersangkutan benar-benar terdaftar dalam Dapodik Kemdikbud Republik Indonesia.