cara membersihkan kamar mandi
cara membersihkan kamar mandi.|Unsplash.com

Bagaimana Cara Membersihkan Kamar Mandi?

Diposting pada

 

cara membersihkan kamar mandi
cara membersihkan kamar mandi.|Unsplash.com

Setiap rumah paling tidak memiliki satu sampai dua kamar mandi. Hal ini karena keberadaannya sangat penting. Sehingga cara membersihkan kamar mandi memang wajib diketahui. Tanpa mengetahui caranya, kamu pasti akan kesulitan. Baik untuk membuat kamar mandi bersih atau pun nyaman digunakan.

Selain itu, umumnya kamar mandi merupakan tempat yang mudah kotor dibandingkan dengan ruangan lainnya.  Pasalnya, digunakan untuk membersihkan badan, mencuci, dan lain sebagainya. Bahkan hal ini cenderung sering dilakukan.

Cara Membersihkan Kamar Mandi

Kamar mandi merupakan salah satu bagian rumah  terpenting yang perlu diperhatikan.Ada beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk membuat kamar mandi wangi dan bersih. Adapun caranya adalah sebagai berikut!

1.    Siapkan Peralatan

Hal pertama yang perlu kamu persiapkan adalah menyiapkan peralatan. Seperti sikat, sarung tangan karet, dan lain sebagainya. Sehingga, proses membersihkanmu lebih mudah. Usahakan sikat yang kamu pilih memang khusus untuk membersihkan toilet.

Sehingga, dapat kamu gunakan secara optimal. Pasalnya, setiap sikat memiliki karakteristiknya sendiri.  Kamu dapat membeli peralatan di marketplace atau toko offline. Namun, jika kamu merasa tidak sempat membelinya di toko offline, maka cobalah memesannya melalui marketplace.

Baca Ini Juga  Contoh Soal Fluida Dinamis dan Pembahasannya

2.    Siapkan Sabun Dan Bahan Penunjang Lain

Selanjutnya bahan yang dibutuhkan adalah sabun, pembersih toilet, dan pewangi toilet. Selain itu, siapkan pula air bersih. Sehingga memudahkan proses membersihkan kamar mandi. Untuk sabunnya sendiri, dapat menggunakan sabun cuci biasa. Selain itu, usahakan menggunakan sabun cair. Sehingga, memudahkan untuk menggosoknya.

Namun, apabila sabunnya serbuk itu tidak masalah.  Dengan catatan kamu mencampurkannya terlebih dahulu dengan air. Namun, untuk pembersih toilet biasanya tersedia produk khusus untuk membersihkan kotoran yang membandel di kloset, lantai, dan dinding kamar mandi.

3.    Siram Lantai Dan Dinding Kamar Mandi

Kemudian setelah peralatan dan perlengkapan siap. Siramlah terlebih dahulu semua bagian toilet sehingga semua basah. Usahakan siramnya, menggunakan air bersih. Lakukan penyiraman sampai beberapa kali.

Namun,  usahakan pada bagian yang hanya bisa dicuci saja. Misalnya, jika dinding kamar mandi tidak bisa dicuci ( tidak menggunakan keramik dan lain sebagainya). Maka tidak perlu disiram.

4.    Bersihkan Dengan Bahan Khusus

Setelah disiram secara menyeluruh maka siramkanlah bahan pembersih toilet ke kloset, lantai, dan lain sebagainya. Setelah yakin, semua telah disiram. Maka diamkanlah 15-20 menit. Kemudian  gosoklah sampai semua noda-nodanya terangkat.

Baca Ini Juga  Rekomendasi Kado Ulang Tahun untuk Ayah

Sehingga, kamar mandi terlihat bersih atau kinlong. Setelah digosok dengan bersih, siramkanlah air ke seluruh bagian yang telah digosok tadi.

5.    Bersihkan Di Sabun

Setelah di bersihkan menggunakan bahan khusus. Maka langkah selanjutnya adalah membersihkannya menggunakan sabun. Untuk langkah pertama, cobalah untuk menyiramkan sabun pada seluruh bagian kamar mandi yang dapat di gosok dengan sikat.

Setelah semua telah tersiram, maka masuklah secara menyeluruh. Hal ini dilakukan untuk membersihkan sisa kotoran yang tertinggal. Kemudian, apabila semua telah selesai, maka siramlah menggunakan air bersih. Lakukan hal ini sampai beberapa kali, apabila kamu merasa satu kali saja tidak cukup.

Beberapa cara membersihkan kamar mandi diatas dapat kamu terapkan secara perlahan-lahan. Pastikan sebelum kamu membersihkan kamar mandi, telah mengecek semua peralatan maupun perlengkapannya siap. Selain itu, kamu dapat mencuci kamar mandi seminggu sekali atau seminggu dua kali. Tergantung dari kebutuhanmu sendiri. Bersihkan pula bak untuk menampung airnya. Sehingga air yang kamu gunakan bersih dan tidak ada bintik nyamuk.

Baca Ini Juga  Tabel Pinjaman Bank Sumut Terbaru