Cara membersihkan lantai yang berminyak
Cara membersihkan lantai yang berminyak.|Unsplash.com

Bagaimana Cara Membersihkan Lantai Berminyak?

Diposting pada
Cara membersihkan lantai yang berminyak
Cara membersihkan lantai yang berminyak.|Unsplash.com

Cara membersihkan lantai yang berminyak memang cukup sulit. Terutama lantai dapur. Hal ini karena di dapur sering digunakan untuk aktivitas memasak. Sehingga rentan kotor, baik karena minyak, tepung, dan lain sebagainya. Selain itu, untuk membersihkannya pun tidaklah sama dengan lantai yang tidak terkena minyak.

 Cara Membersihkan Lantai Berminyak

Lantai yang berminyak memang membuat tidak nyaman. Hal ini karena licin sehingga akan membuat orang yang melintasinya rentas untuk jatuh. Selain itu, secara pemandangan pun memang tidak elok. Untuk membersihkan lantai seperti ini, kamu dapat menggunakan beberapa cara. Diantaranya adalah sebagai berikut!

1.   Cara Membersihkan Lantai Yang Berminyak Menggunakan Deterjen

Untuk menghilangkan minyak di lantai, kamu bisa menggunakan deterjen. Dimana nantinya, kamu bisa  mencampurkan deterjen dengan air secukupnya. Kemudian, masukan kain pel ke dalam wadah air tersebut. setelah itu, gosok-gosoklah lantai sampai terasa tidak ada lagi minyak. Namun, kamu mengepel dua kali.

Pasalnya, deterjen merupakan sambun sehingga satu kali untuk menghilangkan minyak dan satu kali pel lagi untuk menghilangkan busa atau air sabun yang menempel. Selain itu, kamu pun dapat langsung menaruhkan deterjen pada lantai, kemudian gunakan kain untuk menggosoknya. Barulah setelah itu gunakan kain pel yang telah diberikan air untuk membersihkannya.

Baca Ini Juga  Cara Menarik Uang di Game Island King  

2.    Sabun Cuci Piring Cair

Siapa sangka bahwa sabun cuci piring pun dapat dijadikan salah satu solusi untuk membersihkan minyak yang menempel pada lantai. Sebenarnya, hal ini telah banyak dilakukan. Terutama oleh ibu-ibu rumah tangga.

Adapun caranya cukup simple, kamu hanya perlu mencampurkan sabun cuci piring cair ini dengan air. Kemudian, setelah itu masukan kain pel dan pemeras.  Setelah itu lakukanlah gerakan sesuai dengan mengepel pada umumnya. Bahkan jika perlu gosoklah di area yang sama sampai lemak pada lantai tersebut tidak ada.

3.    Baking Soda

Baking soda memang sudah dikenal sebagai salah satu bahan yang dapat menghilangkan noda yang membandel. Termasuk untuk membersihkan minyak pada lantai. Caranya sendiri cukup mudah. Kamu hanya perlu, memasukan baking soda (dua pertiga tutup wadah baking soda), cuka ( 2 sendok makan), dan air secukupnya.

Setelah itu, kocok dan semprotkan ke arah atau area lantai berminyak. Kemudian, lap menggunakan kain pel yang telah dibasahi air. Ketika mengelap lantai, usahakan untuk menekannya dengan agak kuat dan gosok ke berbagai area. Sehingga, minyak pun dapat terangkat dengan baik.

Baca Ini Juga  Contoh Soal Eksponen Kelas 10 Kurikulum 2013

4.    Tepung Terigu

Sediakan tepung terigu secukupnya. Kemudian, taburkan tepung yang sudah disiapkan ke seluruh lantai yang berminyak. Jika sudah, maka sapulah hingga bersih. Sebagai sentuhan akhir, bersihkan ruangan tersebut dengan kain pel yang sudah dimasukan ke air dan diperas. Gosoklah semua bagian yang telah terkena tepung terigu.

Usahakan ketika membersihkan lantai dengan cara ini, tidak ada orang yang masuk ke ruang tersebut. terutama anak-anak. Sehingga, kamu dapat membersihkan dengan lebih cepat. Selain itu, tepungnya tidak akan kemana-mana. selain itu, usahakan pintu ditutup sehingga tidak ada angin yang masuk. Dimana jika ingin masuk, maka akan menyebabkan tepung tertiup angin.

Beberapa cara membersihkan lantai berminyak diatas dapat kamu coba salah satu. Selain itu, untuk menambah harum ruangan ketika sudah dibersihkan. Maka jangan lupa, untuk menggunakan pengharum lantai. Bahkan jika perlu, gunakan pula pengharum ruangan. kemudian, setelah semua beres, maka biarkanlah angin masuk. Sehingga ruangan tersebut akan terasa lebih segar.