Menanam cabe.| Unsplash.com
Menanam cabe.| Unsplash.com

Bagaimana Cara Menanam Cabe?

Diposting pada

Menanam cabe memang perlu memperhatikan berbagai aspek. Dari mulai pemilihan media sampai perawatannya. Selain itu, setiap petani pasti memiliki caranya tersendiri. Meskipun pada dasarnya setiap orang bisa menanam cabe dengan tiga proses utama yang dikenal 3P (Pembibitan, Penanaman dan Perawatan).

Terutama di proses penanaman dan perawatan yang masing-masing petani memiliki media serta cara khusus dalam menanganinya. Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian (FOA) prosuder menanam cabe terdiri dari 5P ( Pembibitan, persiapan lahan, penanaman, pemeliharaan dan pemanenan).

Cara Menanam Secara Umum Yang Mudah

Menanam cabe.| Unsplash.com
Menanam cabe.| Unsplash.com

Kamu bisa menanam cabe di halaman rumah dengan menggunakan pot atau menanamnya langsung di tanah. Asal paham cara penanamannya hal tersebut bisa dilakukan oleh siapapun bukan hanya bisa ditanam oleh petani. Adapun caranya adalah sebagai berikut!

1.      Pembibitan

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menanam cabe ialah pembibitan. Di tahap ini ada serangkaian kegiatan yang perlu diperhatikan, sebab bibit merupakan langkah awal untuk menentukan bertumbuhnya pohon cabe.  Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

Baca Ini Juga  5 Ide Kado Untuk Ibu

Memilih Benih yang Berkualitas

Memilih benih yang unggul dapat menentukan kecambah tumbuh di atas 80%, selain itu menentukan adaptasi yang baik. Jangan lupa sesuaikan bibit dengan keadaan musim tanam dan iklim.

Memeram bibit

Proses ini termasuk cara opsional menanam cabe. Jika bibitnya hasil membeli alangkah baiknya gunakan tahap ini, tetapi jika bibit berasal dari cabe yang dikeringkan lalu dijemur sendiri sebaiknya jangan.

Menyapih Bibit

Kmeudian, kamu perlu memisahkan bibit yang telah ditanam secara individu. Pastikam, kamu melakukan ini dengan hati-hati.

          2. Penanaman

Penanaman merupakan langkah yang tidak kalah penting dari pembibitan. Bagaimana bibit ditanam jika tidak ada proses penanaman. Nah untuk langkah dan caranya seperti apa?

Pertama kamu perlu mengenali media tanam apa yang akan digunakan. Cabe dapat ditanam dengan cara hidroponik dengan media sekreatif mungkin, semisal botol aqua yang dihubungkan lalu diisi tanah dan sedikit air.

Dari tahap pembibitan cabe bisa langsung ditanam di tanah, pot ataupun media hidroponik. Jarak penanaman dari satu bibit ke bibit pohon cabe lain harus sekitar 60 x 70 cm di musim kemarau, untuk di musim hujan 60 x 60 cm. Jika ditanam di pot atau polybag harus yang berdiameter 30 cm dengan jarak antara polybag tetap sama.

Baca Ini Juga  Info Dan Cara Membuat Twibbon MPLS

    3. Perawatan

Supaya cabe dapat tumbuh dan menghasilkan buah yang baik maka perawatan perlu maksimal. Dalam perawatan ini kamu bisa menggunakan pupuk kompos dan tetap pastikan kandungan air serta cahaya di media tanam tercukupi.

Jika terlihat ada hama bisa diobati menggunakan insektisida dan fungisida, di mana untuk takarannya adalah setengah takaran dari dosis yang seharusnya dianjurkan. Kemudian jika ada gulma cabutlah sampai bersih.

Cara perawatan bisa menggunakan perbandingan 3:2:1 antara tanah, pupuk dan sekam mentah. Pemupukan disesuikan dengan kebutuhan pohon cabai, untuk penyiraman harus dilakukan setiap hari.

Apakah kamu tidak tertarik untuk menanam cabe? Dari kemudahan proses yang telah diuraikan sebagaimana diatas, kamu bisa menanam cabe di halaman rumah sendiri dengan mudah. Kamu tinggal mengikuti cara-caranya dan mulai menanam sekarang juga! Jangan lupa perhatikan ketiga aspek prosesnya.