Cara mengobati erotomania.|Unspalsh.com
Cara mengobati erotomania.|Unspalsh.com

Bagaimana Cara Mengobati Erotomania

Diposting pada

Cara mengobati erotomania terbilang sulit, sebab penderita erotomania mengalami gangguan psikis yang mempengaruhi keyakinannya  bahwa seseorang mencintainya. Apakah kamu pernah mengalaminya? Atau seseorang pernah bercerita padamu tentang khayalannya dicintai oleh kalangan tertentu. Bisa jadi orang tersebut mengalami erotomania.

Gejala Erotomania

Cara mengobati erotomania.|Unspalsh.com
Cara mengobati erotomania.|Unspalsh.com

Penderita erotomania seringkali berkhayal dicintai oleh publik figur tertentu, Hal ini muncul akibat mengkonsumsi berbagai sumber berita dari berbagai media baik siaran televisi maupun media sosial yang menghadirkan imajinasi tersebut. Berikut beberapa gejala yang akan kamu rasakan jika mengalami erotomania

1.    Salah Paham

Ketika anda mengalami erotomania, akan muncul perasaan salah mengartikan sikap, ekspresi dan bahasa tubuh seseorang yang sebenarnya biasa saja, namun anda mengartikannya sebagai sikap ketertarikan terhadap anda.Gejala lain yang mungkin dirasakan diantaranya sebagai berikut

2.    Selalu ingin berjumpa

Timbulnya keinginan untuk menjumpai orang yang dianggap tertarik pada anda, lalu mencoba untuk melakukan interaksi dan berkomunikasi. Selalu membicarakan orang yang anda anggap memiliki ketertarikan terhadap anda hingga memiliki obsesi untuk mengetahui kabar tentang orang tersebut

Baca Ini Juga  5 Tips Supaya Tidak Iri Terhadap Orang Lain!

3.    Penyebab Erotomania

Erotomania muncul dari imajinasi seseorang yang berkhayal bahwa dirinya dicintai oleh seseorang, kondisi ini merupakan gangguan delusi, sehingga perlu diketahui akar penyebab munculnya berbagai gejala yang dijelaskan diatas.

4.    Stres Dan Menyendiri

Beberapa penyebab gangguan delusi tersebut yakni mengalami stress dan sering menyendiri, sebab dua hal ini membawa penderita pada dunianya sendiri sehingga berkhayal dicintai oleh seseorang. Adapun faktor lain yang

5.     Kurang percaya diri

Terlalu rendah menilai diri dan kurangnya rasa percaya diri menjadikan khayalan yang, diciptakan memberikan perasaan yang lebih baik, hal ini juga terjadi sebagai cara mengendalikan rasa trauma dan stres dengan hal yang tidak wajar.

6.    Faktor Medis

Adapun beberapa faktor medis yang menyebabkan kondisi erotomania yakni, penyakit alzheimer penyakit yang menyebabkan daya ingat menurun,bipolar atau perubahan emosi yang drastis ,skizofrenia dan skizoafektif yakni gangguan delusi dan halusinasi serta gangguan depresi. Selain itu faktor usia, genetik dan riwayat gangguan mental mempengaruhi kondisi erotomania.

Baca Ini Juga  Granit Dinding Dapur Minimalis Terbaru

Cara Mengobati Erotomania

Cara mengobati erotomania dilakukan dengan pemeriksaan terlebih dahulu. Dokter akan menanyakan riwayat medis kepada pasien yang mengalami erotomania dan menganalisa kemudian merujuk pasien pada psikolog atau psikiater untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut secara tepat. Cara mengobati erotomania bisa dilakukan dengan tiga pendekatan.

1.    Obat-Obatan Tertentu

yakni mengkonsumsi obat-obatan tertentu sesuai kondisi yang terjadi pada pasien serta penyebab pemicunya, obat yang diberikan biasanya seperti Aripiprazole, Pimozide, clozapine, risperidone, olanzapine, pimozide, asam valproat dan lithium

2.    Melakukan Psikoterapi

Pendekatan psikoterapi, beberapa metode yang dilakukan diantaranya terapi berbicara, terapi perilaku kognitif terapi ini bertujuan agar pasien dapat membenahi pikiran dan perilaku yang negatif, terapis akan membantu pasien agar lebih positif dalam mengatasi perasaan ketidaknyamanan.

  1. Psikoterapi secara individual

Terapi ini menjadikan pasien mampu mengetahui segala pemikiran yang mengganggunya dan mengubahnya. Adapun psikoterapi keluarga, pada terapi ini keluarga ikut terlibat dalam penanganan pasien erotomania.

4.    Obat dan Psikoterapi

Cara mengobati erotomania yang terakhir adalah dengan menggabungkan dua metode diatas yakni pendekatan obat-obatan dan psikoterapi, hal tersebut dilakukan ketika gejala erotomania pada pasien semakin parah.

Baca Ini Juga  Font Mesin Ketik Jadul

Jangan sepelekan kondisi psikis erotomania, sebab beberapa komplikasi bisa memperburuk keadaan anda Karena kondisi ini tidak dapat dicegah, dengan melakukan deteksi sedini mungkin dan melakukan penanganan yang tepat agar resiko yang lebih buruk tidak terjadi, dengan mendatangi psikolog maupun psikiater.