Tips mengelola gaji
Tips mengelola gaji.|Unsplash.com

Bagaimana Tips Mengelola Gaji 2,5 Juta

Diposting pada
Tips mengelola gaji
Tips mengelola gaji.|Unsplash.com

Tips mengelola gaji 2,5 juta rupiah setiap bulan penting untuk kamu ketahui agar tetap bisa hemat dan menabung. Meskipun dengan pendapatan sebesar itu agaknya sulit dilakukan, tetapi hal tersebut akan terasa mudah jika kamu melakukannya dengan tepat. Dengan melakukan perencanaan keuangan yang benar, kamu bisa memiliki simpanan masa depan.

Jika kamu ingin sukses melakukan perencanaan keuangan tersebut, pastikan untuk selalu mengutamakan biaya hidup bukan gaya hidup. Kamu harus bisa mengetahui apa saja prioritas yang perlu kamu penuhi dan apa yang tidak terlalu penting untuk dipenuhi. Di bawah ini merupakan informasi lengkapnya!

Tips Mengelola Gaji 2,5 Juta Dengan Mudah

Melakukan pengelolaan keuangan secara tepat akan menghindarkan kamu dari kekurangan uang atau pengeluaran yang terlalu melonjak. Setiap hal yang membutuhkan biaya perlu ditata sedemikian rupa agar hal penting lainnya dapat terpenuhi. Berikut merupakan tips mengelola gaji 2,5 juta yang bisa kamu ikuti.

1.    Terapkan Aturan 50/30/20

Hal pertama yang penting untuk dilakukan agar gaji 2,5 juta bisa cukup untuk memenuhi segala kebutuhan pokok dalam satu bulan yakni, perlu memakai aturan 50/30/20. Agar aturan ini bisa diterapkan secara maksimal, maka perlu dilakukan saat gaji baru diterima dan belum digunakan untuk apapun.

Baca Ini Juga  Cara Ganti Password Wifi IndiHome Huawei Dengan Mudah

Contoh penerapannya yakni, ketika mendapatkan gaji 2,5 juta, maka langsung sisihkan sebesar 50% dari total gaji. Uang tersebut bisa kamu gunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti makan, cicilan, dan sebagainya. Lalu 30% untuk kebutuhan tidak tetap seperti jajan atau jalan-jalan.

Terakhir, sisanya 20% untuk tabungan wajib. Sehingga dapat disimpulkan bahwa uang untuk memenuhi kebutuhan pokok sebesar Rp. 1.250.000, uang untuk kebutuhan tidak tetap sebesar Rp. 750.000 dan tabungan Rp. 500.000.

2.    Membuat Laporan Keuangan

Berikutnya lakukan laporan keuangan. Adapun, isi dari laporan keuangan tersebut memuat tentang pendapatan atau pengeluaran yang terjadi dalam satu bulan. Akan lebih baik jika laporan tersebut dilakukan dengan detail dan rapi. caranya yakni, dengan membuat kategori dalam setiap pengeluaran mulai dari pengeluaran yang pasti terjadi, hingga pengeluaran yang tak terduga.

3.    Bayar Tagihan Secara Otomatis

Jika kamu memiliki tagihan yang harus dibayarkan setiap bulannya, maka kamu bisa memanfaatkan fitur canggih saat ini yakni, pembayaran otomatis tiap jatuh tempo. Hal tersebut penting dilakukan agar terhindar dari kemungkinan lupa yang menyebabkan kamu harus membayarkan sejumlah denda yang ditetapkan.

Baca Ini Juga  Gaji Karyawan PT Jasa Raharja dan Jabatannya

4.    Tips Mengelola Gaji Dengan Menghilangkan Pengeluaran Kecil

Saat membuat anggaran keuangan biasanya akan ada banyak hal-hal kecil yang ikut dalam rincian meskipun tidak terlalu penting seperti langganan TV kabel, padahal jarang digunakan atau yang lainnya. sebaiknya, agar uang kamu tidak terbuang sia-sia hapuskan anggaran tersebut dan alokasikan uang kamu untuk suatu hal yang lebih bermanfaat atau untuk ditabung.

5.    Metode Anggaran 80/20

Terakhir menggunakan metode anggaran 80/20, cara ini cukup mirip dengan metode 50/30/20. Namun, cara ini cenderung lebih sederhana yakni, kamu bisa menyisihkan 20% gajimu untuk menabung dan sisanya untuk berbagai keperluan. Cara ini cocok bagi kamu yang tidak suka dengan sistem anggaran gaji yang rumit.

Itulah beberapa tips mengelola gaji 2,5 juta yang bisa kamu ikuti mulai dari saat ini. Dengan melakukan perencanaan yang matang, maka kamu bisa menata masa depan yang jauh lebih baik dan lebih tenang.