cara mengelola rasa marah
cara mengelola rasa marah.|Unsplash.com

Bagimana Cara Mengelola Rasa Marah Kepada Teman?

Diposting pada
cara mengelola rasa marah
cara mengelola rasa marah.|Unsplash.com

Mengelola rasa marah marah memang sulit bagi beberapa orang. Terlebih jika hal tersebut memang sudah keterlaluan. Sehingga tidak jarang ketika emosi marah telah meluap maka ada beberapa hal yang tidak terkontrol.

Baik ucapan maupun tindakan. Dimana hal tersebut akan diseselai kemudian hari. Maka untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya mulai belajar cara mengelola rasa marah. Sehingga tidak akan merugikan dirimu sendiri.

Cara Mengelola Rasa Marah Kepada Teman

Kamu pasti sudah tidak asing dengan sebuah pernyataan. Dimana pernyataan tersebut mengungkapkan bahwa orang yang memiliki poensi menyakiti kita adalah orang terdekat. Tentu teman termasuk dalam cakupan orang terdekat. Lantas, bagaimana cara mengatasi atau mengelola rasa marah kepada teman? Yuk simak ulasan berikut ini!

1.      Diam Sejenak ( Atur Nafas Dan Cobalah Untuk Berpikir)

Ketika hal ini terjadi kepadamu cobalah untuk tidak langsung bereaksi. Usahakan untuk tetap diam terlebih dahulu. Kamu dapat menghembuskan nafas secara perlahan-lahan. Lakukan hal ini sampai kamu merasa tenang atau rasa marah yang kamu miliki mereda. Selain mencoba menghela nafas, kamu pun dapat menghitung hingga hitungan 10.

Baca Ini Juga  Harga Es Krim Walls Murah dan Enak

Setealh merasa tenang, cobalha untuk berpikir sejenak. Alasan kamu merasa marah. Jika ada kesalah pahaman, maka kamu dapat meluruskannya secara tenang. Namun, jika kamu marah karena merasa diremehkan.

Kamu bisa meninggalkan orang tersebut. Pasalnya, orang tersebut biasanya akan melakukan segala cara untuk menjatuhkanmu. Akan tetapi, jika itu sudah keterlaluan, kamu dapat menegurnya secara langsung.

2.      Ubah Posisi

Untuk mengelola rasa marah, kamu dapat mengubah posisi. Dimana cara ini dipercaya oleh beberapa orang dapat meredakan rasa marah. Misalnya, jika kamu posisinya sendang duduk. Maka kamu dapat mengubah posisi sambil berdiri.

Kemudian jika masih merasa marah, cobalah untuk berjalan. Biasanya, hal tersebut dapat meredakan sedikit demi sedikit rasa amarah dalam diri. Mengelola rasa marah memang cenderung sulit, terutama jika itu pada teman. Dimana teman merupakan salah satu orang terdekat dalam hidup. Namun, kamu dapat mencoba cara ini untuk mengtasinya.

3.      Mengekpresikan Rasa Marah

Jika sebelumnya tips diatas, lebih cenderung hanya membuat kamu tenang. Maka, dalam tips ini kamu bisa mengelola emosi amarahmu dengan mengekpresikannya. Namun, meskipun begitu, bukan berarti kamu harus mengekpresikan dengan membabi buta. Pasalnya, jika hal ini terjadi maka akan menyebabkan kerugian bagi dirimu sendiri.

Baca Ini Juga  Kartu ATM BRI Tidak Bisa Digunakan: Penyebab dan Solusi

Maka, ekpresikan perasaan mu ketika merasa tenang. Kamu dapat menyampaikan rasa marah secara tegas. Selain itu, dalam pemyampaian tersebut kamu tidak konfrontatif atau bertujuan menyalahakan orang lain. Cobalah untuk mengungkapkan dengan kata-kata yang jelas.

4.      Bercerita Kepada Orang Terdekat

Meskipun kamu sedang marah kepada teman, pasti kamu memiliki teman lebih dari satu, bukan? Nah, kamu dapat menyampaikan perasaan marah ini kepada orang tersebut. Namun, pastikan bahwa orang tersebut memang terpercaya dan kamu rasa dia merupakan oang yang tepat. Selain teman, kamu pun dapat bercerita dengan keluarga.

Baik ornag tua maupun kakak. Ceritakanlah semua yang kamu rasakan dan terjadi. Biasaya, ketika perasaan tersebut telah diluapkan, akan timbul perasaan yang lebih tenang dari sebelumnya. Namun, pastikan kamu mennayakan terlebih dahulu kesiapan mereka dalam mendengarkan cerita tersebut. Sehingga, kamu pun lebih enjoy dalam menyampaikannya.

5.      Usahakan Tidak Menaruh Dendam

Dendam dapat membuat kamu hidup tidak tenang. Selain itu, rasa amarah yang kamu rasakan pun tidak akan kunjung mereda. Bahkan bisa jadi malah tambah membara. Tentu hal ini tidak baik untuk kesehatan mental maupun fisik kamu. Meskipun itu cukup sulit, cobalah untuk melepasakan rasa amarah yang ada dalam dirimu. Sehingga kamu  dapat hidup lebih tenang.

Baca Ini Juga  Cara Membuat Kompresor dari Botol Bekas

Untuk mengatsi rasa marah tersebut kamu dapat melakukan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan memahami latar belakang dia seperti itu, menyalurkan rasa amarah kepada hal yang lebih positif, dan lain sebagainya.

Dimana hal tersebut dapat merubah fokusmu. Dengan begitu, lambat laun kamu akan merasa ada hal yang jauh lebih penting. Dibandingkan dengan menyimpan rasa denadam kepada temanmu tersebut.

Itulah beberapa cara mengelola rasa marah kepada teman. Dimana hal tersebut dapat kamu coba satu persatu. Jika dirasa sulit, terapkanlah cara yang kamu rasa paling mudah. Diantra cara yang lainnya.