Cara lupa mantan.| Unsplash.com
Cara lupa mantan.| Unsplash.com

Belum Move On? Coba 7 Cara Lupa Mantan Ini Yuk!

Diposting pada

Cara lupa mantan memang terbilang cukup beragam, dari mulai bepergian sendiri hingga menghabiskan waktu dengan teman-teman. Mantan adalah orang yang mengisi hari-hari di masa lalu dan mungkin telah menorehkan banyak suka duka.

Namun beberapa hal terjadi, seperti sudah tidak cocok sampai perselingkuhan, sehingga hubungan yang telah dijalin dengan dia harus kandas. Tentu melupakannya juga tidak mudah dan tidak mungkin dapat dilakukan hanya dalam hitungan hari saja. Untuk move on dari mantan, kamu bisa coba beberapa cara berikut ini!

Cara Lupa Mantan

Cara lupa mantan.| Unsplash.com
Cara lupa mantan.| Unsplash.com

Ada beberapa cara lupa mantan yang bisa dicoba untuk move on. Melupakan memang hal sulit, tetapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Terutama jika orang tersebut merupakan orang yang kamu rasa sangat berharga bagi dirimu.  Yuk simak ulasan berikut ini untuk mengetahuinya lebih jauh!

1.      Menerima  Kenyataan

Hal yang pertama yang perlu kamu lakukan adalah menerima bahwa kamu dan dia sudah tidak  memiliki hubungan, ini memang sulit. Namun, ini perlu dilakukan agar dirimu agar bisa move on. Cobalah perlahan-lahan, menerima bahwa dia sudah tidak lagi bersamamu.

Kamu bisa menyendiri untuk beberapa hari, jika ingin menangis maka menangislah, tidak perlu menahannya. Keluarkan semua perasaan yang kamu rasakan. Apabila tidak sanggup sendiri, berbicaralah pada teman yang kamu percaya.

2.      Sibukan Diri

Langkah selanjutnya untuk move on adalah menyibukan diri, seperti berolahraga, mendalami hobi atau mencoba hobi baru, memasak, mendekor kamar, membuat kerajinan tangan, dan lain sebagainya. Usahakan untuk tidak melakukan hal-hal yang merugikan diri sendiri, seperti minum alkohol sampai mabuk berat, begadang sampai beberapa malam, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa mengajak teman untuk melakukan aktivitas yang kamu tekuni, supaya lebih seru. Namun, apabila kamu lebih nyaman melakukannya sendiri, tidak apa-apa. Lakukan apapun yang membuatmu nyaman dan merasa lebih baik.

3.      Maafkan Diri Maupun Mantan

Hubungan asmara yang kandas, memang disebabkan oleh berbagai faktor. Apapun masalahnya, cobalah untuk tidak terlalu menyalahkan diri sendiri atas keretakan hubunganmu dengan mantan pacarmu.

Begitu pula, dengan apa yang telah dilakukan oleh mantan pacarmu. Terima bahwa dirimu dan dirinya adalah manusia yang tidak pernah luput dari kesalahan. Memaafkan bukan berarti harus menerima dia kembali dan menandakan dirimu lemah, justru malah sebaliknya. Ini menunjukan tingkat kedewasaan seseorang.

4.      Jadikan Pelajaran

Keretakan hubungan yang disebabkan oleh berbagai faktor, memang meninggalkan luka yang mendalam. Namun dari rasa sakit ini, kamu dapat tumbuh menjadi orang yang lebih baik lagi kedepannya.

Bahkan dapat membantumu dalam menjalin hubungan selanjutnya, membentuk dirimu sebagai individu yang lebih  dewasa, dan lainnya. Percayalah, tidak ada yang terjadi tanpa sebuah alasan. Tuhan pasti sedang menyiapkan sesuatu yang terindah untukmu.

5.      Cara Lupa Mantan Degan Menghindari Menguntit Mantan

Apabila ingin move on dari mantan setelah putus, kamu perlu berhenti untuk penguntit semua akun sosial media yang dimiliki mantan pacar. Baik untuk tujuan melihat kabar dia, aktivitas dia, atau hal lainnya.

Ini mungkin sudah dilakukan, tetapi cobalah untuk menahan diri untuk tidak mencari tahu apapun tentang dia karena semakin kamu mencari tahu, maka akan semakin teringat tentang mantanmu. Ini tentu akan menghalangi kamu untuk move on, bukan?

6.      Berhenti Bertemu Dengannya

Hindari untuk bertemu langsung dengan nya untuk sementara waktu, sampai perasaanmu lebih tenang dan terasa lebih nyaman. Ini memang tidak mudah, tetapi kamu bisa memaksakan diri untuk tidak bertemu dengannya.

Jika hal ini dilakukan secara rutin dalam sebulan, kedepannya kamu akan terbiasa untuk hidup mandiri tanpa kehadiran sosoknya. Perlu diingat ya, untuk alasan apapun apabila mantan menelpon atau mengirim pesan dan minta bertemu, maka  biarkan saja.

7.      Kumpul Dengan Keluarga Atau Para Teman

Berkumpulah dengan beberapa anggota keluarga, atau kamu bisa berkumpul dengan seluruh keluarga. Biasanya, dapat membuat perasaan lebih tenang. Selain itu, kamu juga dapat bertukar pikiran dengan mereka sehingga menghasilkan sudut pandang yang baru.

Sementara, jika kamu anak rantau dan jauh dari keluarga, kamu bisa berkumpul dengan teman-teman kepercayaanmu dan menghabiskan waktu untuk rileks seperti nonton bareng, masak bareng, makan bareng, dan lain sebagainya.

8. Cara Lupa Mantan Dengan Liburan 

Supaya dirimu lebih rileks, kamu bisa kunjungi beberapa tempat wisata yang memiliki suasana adem,  kamu bisa pergi sendiri atau bersama teman atau keluarga. Nikmatilah suasana di sana tanpa memikirkan maupun mengkhawatirkan hal apapun!

Kamu bisa membeli makanan yang dijual disana, menggunakan berbagai fasilitas wisata, dan lain sebagainya. Jika kamu ingin mengabadikan momen-momen disana, kamu bisa mengambil beberapa foto dirimu sendiri atau bersama teman-teman.

Selain itu, untuk mengisi waktu liburanmu, belilah beberapa barang yang ikonik dengan tempat tersebut atau produk lainnya yang menarik perhatianmu. Selain itu, bisa dijadikan kenang-kenangan bahkan menjadi pengingat, segala hal yang telah kamu lakukan selama ini. Sehingga, kamu memperkecil peluang untuk rujuk kembali dengan mantanmu itu.

9.      Membatasi Interaksi Dengan Orang Yang Ingin Kamu Rujuk

Selain membatasi interaksi dengan mantan, kamu pun perlu berhubungan dengan orang yang ingin atau mendukungmu rujuk hanya sepentingnya saja. Pasalnya, jika terus berhubungan secara intens, maka akan menyebabkan kamu goyah.

Hal ini karena teman atau orang tersebut hanya akan menyoroti kebaikan atau sisi positif dari mantanmu saja. Tanpa memahami apa yang kamu rasakan atau butuhkan. Bukan memutuskan tali silaturahmi, tetapi hanya membatasi saja. Dengan begitu, kamu dapat lebih fokus kepada goal kau dan benar-benar mengakhiri hubungan dengan mantanmu tersebut.

10.  Temukan Alasan Mengapa Harus Melupakannya

Terkdang segala sesautu yang dilakukan membutuhkan doorngan untuk menjadikannya berhasil. Begitupun dengan melupakan mantan. Namun, usaha disini bukan berarti benar-benar maksa untuk lupa. Paslanya, jika begitu hanya akan membuatmu smekain ingat dengannya. Namun, sebaiknya kamu membiarkan semunaya mengalair seiring berjalannya waktu.

Akan tetapi, untuk mengoptimalkannya, kamu perlu alasan mengapa kamu perlu melupakan mantan kekasih. Hal tersebut bertujuan untuk memperkokoh keyakinan kamu sehingga kamu tidak mudah goyah dengan rayuannya seperti dulu. Misalnya, dia kasar dan melakukan kekerasan kepadamu.

 Maka, cobalah berpikir hal tersebut tidak akan berubah dalam sekejap dan kemungkinan besar, setelah menikah pun akan tetap seperti itu. Apakah kamu masih mau hal tersebut terus terjadi? Jika tidak, maka ingatlah setiap apa yang ia lakukan kepadamu. Sehingga kamu tidak akan kembali atau rujuk lagi dengannya.

Cara lupa mantan ini, dilakukan secara bertahap. Apa bila terlalu sulit, kamu bisa mencobanya secara pelan-pelan. Tidak perlu langsung sekaligus! Segala hal perlu proses, termasuk lupa pada mantan. Usahakan tidak terlalu keras melupakan, karena semakin keras keinginan untuk melupakan maka semakin ingat. Lakukan cara di atas dan biarkan itu mengalir secara alami dengan sendirinya nanti, kamu akan lupa pada mantanmu. Baca artikel menarik lainnya disini ya!

 

  

 

 

 

 

Baca Ini Juga  Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Aplikasi di HP dan Laptop Gratis