Cara Cek Bansos Via Web Cekbansos

Diposting pada

Bansos dari pemerintah kembali turun, orang-orang harus mengetahui cara cek bansos via web cekbansos untuk memastikannya. Ada beberapa macam jenis bansos dari Kementrian Sosial, masyarakat sangat penting untuk mengetahuinya agar tidak disalahgunakan. Proses pengecekannya pun sangat mudah, Anda hanya perlu menggunakan smartphone dan mengunjungi web resmi cekbansos.

Masyarakat yang tidak termasuk dalam KPM tidak akan menerima daftar penerima bantuan sosial. Data sudah tertera melalui NIK KTP saat pendaftaran bansos yang Anda lakukan. Apabila sudah terdaftar, maka Anda bisa melakukan pengecekan apakah menerima atau tidak. Biasanya ada pemberitahuan mengenai penerimaan bantuan sosial, Anda bisa mencari tahu informasinya melalui internet.

Cek Bantuan Sosial

Untuk melakukan pengecekan bansos cukup mudah dengan mengunjungi website cekbansos.kemesos.go.id. Pemerintah baru-baru ini kembali memberikan bantuan sosial kepada masyarakat baik itu bansos tunai, bantuan pangan non tunai, dan program keluarga harapan. Ketiga program ini memiliki target 10 juta hingga 18,8 juta penerima yang berkesempatan mendapatkannya.

Lanjutkan Membaca
Baca Ini Juga  Harga Actemra Obat Covid Rekomendasi WHO  

Pembagian bansos ini juga berbeda-beda, untuk BST yang diberikan senilai Rp. 300 ribu setiap bulannya. Sementara BPNT dan PKH diberikan melalui bank Negara yang besaran bantuannya berbeda tergantung dari komposisi keluarga KPM. Seperti halnya untuk ibu hamil mendapatkan Rp. 3 juta dan untuk anak SD sebesar Rp. 900 ribu.

Pastinya bantuan sosial ini untuk orang-orang yang kurang mampu atau membutuhkan. Bagi Anda yang merasa kurang berkecukupan bisa mendaftarkan diri dan melakukan pengecekan apakah mendapatkan bantuan atau tidak. Proses pengecekan melalui situs resmi cekbansos. Apabila nama Anda terdaftar, maka Anda akan mendapatkan bantuan tersebut.

Cara Cek Bansos Kemensos

Melakukan pengecekan bansos dapat Anda ketahui hanya melalui web resmi cekbansos Kemensos. Gunakan smartphone Anda dan kunjungi web browser seperti google chrome. Tulis cekbansos.kemensos.go.id pada kolom pencarian. Setelah itu Anda akan dibawa ke halaman cekbansos untuk memasukan berbagai macam informasi data pribadi.

Pada tahap ini, nantinya Anda harus memasukan nama wilayah darimana Anda berasal, seperti contoh, Desa Karangpule, Padamara, Purbalingga, Jawa Tengah. Ini bertujuan untuk mengetahui lokasi supaya mudah dalam melakukan pencarian namanya. Jangan lupa juga untuk memasukan nama pada kolom yang tersedia dan masukan kode pada tampilan. Setelah itu, klik saja cari data.

Baca Ini Juga  Promo Produk Kecantikan Allyoung Gratis Ongkir

Proses pencarian data paling tidak lama dan Anda akan mengetahui apakah mendapatkan bantuan atau tidak. Sistem akan mencocokan nama KPM dan wilayah yang telah Anda input. Dengan begitu, cek data penerima bansos sudah Anda lakukan dengan mudah.

Untuk yang tidak memiliki smartphone, mungkin bisa Anda bantu untuk mengecek datanya apakah menerima bantuan sosial atau tidak.

Cek Bansos Kemensos,go.id Login

Pengecekan bansos melalui kemensos.go.id login juga bisa Anda lakukan melalui web browser. Nantinya terdapat beberapa kolom yang harus Anda isikan terlebih dahulu. Berikut cara cek penerima bansos Kemensos.go.id login:

  • Kunjungi situs cekbansos.kemensos.go.id
  • Nantinya Anda akan dibawa ke laman pencairan data penerima bantuan
  • Isikan wilayah Anda berasal mulai dari provinsi, kota, kecamatan dan desa.
  • Masukan nama sesuai yang ada di KTP
  • Masukan huruf kode yang tertera pada tampilan
  • Bila sudah, klik tombol cari data
  • Nantinya sistem akan mengecek apakah Anda termasuk sebagai daftar penerima bansos atau tidak

Bagi Anda yang berkesempatan mendapatkan bansos bulan Agustus, segera mungkin untuk melakukan pengecekan data. Anda berhak mempertanyakan kepada pihak terkait apabila sudah terdaftar dan mendapatkan namun dana bantuan masih belum Anda terima.

Baca Ini Juga  Cara Top Up Gopay Via Dana Dijamin Berhasil