Cara Cek Tagihan Listrik

Cara Cek Tagihan Listrik Paling Mudah Dilakukan

Diposting pada

Apakah Anda sudah membayar listrik? Jangan lupa untuk mengecek tagihan listrik milik Anda. Biasanya setiap bulan orang-orang harus membayar listrik agar tetap berjalan sebagaimanamestinya. Seperti yang Anda ketahui sendiri, listrik menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk keperluan sehari-hari. Terutama saat malam hari, lampu yang menyala bersumber dari tenaga listrik.

Penggunaan listrik setiap rumah atau tempat berbeda-beda. Apabila hemat dalam menggunakan kebutuhan yang bersumber dari tenaga listrik, maka tagihan listrik biayanya akan lebih hemat. Anda harus mengetahui cara cek tagihan listrik yang harus dibayarkan terlebih dahulu.

Cek Tagihan Listrik PLN

Biasanya setiap bulannya terdapat pengecekan yang dilakukan oleh penyedia layanan listrik. Anda bisa datang ke tempat pembelian listrik terdekat dan mengecek biaya yang harus Anda bayarkan.

Lanjutkan Membaca

Ini merupakan hal yang sangat penting untuk Anda lakukan. Untuk pengecekannya bisa Anda lakukan dengan mudah. Salah satu cara cek tagihan listrik bisa Anda lakukan melalui website PLN :

  • Bukan website resmi pln melalui browser pada smartphone
  • Klik daftar akun pada bagian pojok kanan atas apabila belum memiliki akun.
  • Isi identitas diri seperti nama, email, ID pelanggan, nomor hp, kata sandi dan kode captcha, klik daftar
  • Nantinya akan ada kode verifikasi melalui email dan masukan kode tersebut pada kolom yang tersedia
  • Setelah masuk, sistem akan menampilkan informasi yang terkait mengenai tagihan dan riwayat pembelian listrik
  • Setelah itu, cek tagihan listrik PLN yang sudah termasuk dengan Pajak Penerangan Jalan
Baca Ini Juga  Prediksi Harga Saham PTBA dan Analisanya

Prosesnya tidak membutuhan waktu yang lama. Paling tidak 10 menit Anda sudah mengetahui informasinya secara detail mengenai biaya listrik yang harus Anda bayar.

Cek Tagihan Listrik Online

Selain cek secara langsung, Anda juga bisa melakukannya secara online. Cukup menggunakan aplikasi PLN Mobile, maka Anda sudah bisa mengecek tagihan listrik setiap bulannya.

Berikut cara cek tagihan listrik online yang dapat Anda lakukan:

  • Download aplikasi PLN Mobile pada smartphone
  • Instal aplikasinya dan login, apabila belum memiliki akun daftar terlebih dahulu
  • Isi data diri seperti nama, id pelanggan, nomor hp, email, dan beberapa data lainnya
  • Setelah masuk ke dashboard, klik tab informasi pada halaman depan
  • Klik informasi tagihan dan token listrik
  • Setelah itu, sistem akan menampilkan riwayat tagihan yang harus Anda bayarkan dalam pemakaiannya.

Aplikasi PLN Mobile bisa Anda unduh melalui playstore. Ukurannya pun cukup ringan kurang lebih hanya 10 mb. Sudah lebih dari 10 juta pengguna yang memakai aplikasi PLN Mobile.

Baca Ini Juga  Harga Oxycan Murah, Produk Kualitas Unggul

Tagihan Listrik

Cara pengecekanya terbilang sangat mudah untuk Anda lakukan. Pengecekan merupakan hal yang harus Anda lakukan setiap bulannya. Anda bisa melakukan pengecekan secara langsung ataupun secara online. Apabila mengecek secara langsung, datang terlebih dahulu ke tempat penyedia layanan listrik. Biasanya setiap daerah memiliki penyedia layanan listrik tersendiri.

Namun sekarang sudah jaman yang canggih, proses pengecekan bisa Anda lakukan secara online. Manfaatkan smartphone yang Anda miliki untuk cek berapa tagihan yang harus Anda bayarkan. Anda bisa cek secara online yang terbilang lebih mudah, Anda bisa melakukannya melalui aplikasi ataupun website PLN.

Setelah proses pengecekan tagihan listrik telah Anda lakukan, maka Anda tinggal melunasi pembayaran biaya listrik sesuai data yang ada. Jangan sampai Anda lalai dalam mengecek tagihan listrik supaya tidak ada kendala.