Cara Daftar Kartu Prakerja Online 2021

Cara Daftar Kartu Prakerja Online 2021 Dengan Mudah

Diposting pada

Kabar baik untuk anda para pencari kerja. Pasalnya, situs resmi laman prakerja sudah dapat menerima pembuatan akun baru sejak hari Minggu tanggal 21 Februari 2021. Namun nyatanya masih banyak yang bingung dalam melakukan cara daftar kartu prakerja online 2021. Selengkapnya simak ulasan berikut ini.

Apa itu Prakerja?

Secara dasar, prakerja merupakan sebuah kartu yang diusut oleh pemerintah sebagai upaya program pelatihan dan pembelajaran warga negara Indonesia yang belum memiliki keterampilan khusus untuk siap terjun ke lapangan kerja.

Dengan hadirnya prakerja, pemerintah berharap masyarakat dapat mengaplikasikan ilmu dan skill yang didapatkan melalui situs tersebut dengan tujuan agar siap menghadapi tatangan ekonomi global yang semakin maju.

Alasan Harus Daftar Prakerja 2021

Salah satu usutan program pemerintah pusat tersebut disambut baik oleh sejumlah kalangan usia produktif, khususnya bagi pencari kerja. Pasalnya, situs prakerja memberikan ragam manfaat dan wawasan berupa edukasi serta skill bagi pesertanya.

Situs prakerja telah bekerja sama dengan sejumlah elemen yayasan atau lembaga edukasi salah satunya platform Pijar Mahir. Dengan adanya lembaga edukasi, peserta prakerja dapat menggali wawasan ilmu pengetahuan dan praktik yang didapatkan.

  Senjata Sub Machine Gun di Free Fire

Keuntungan Mendaftar Prakerja 2021

Selain mendapatkan sejumlah ilmu dan Teknik yang diajarkan melalui learning online, peserta prakerja juga akan mendapatkan sejumlah keuntungan lainnya, diantaranya sebagai berikut;

1. Uang Saku Per Bulan

Bagi peserta prakerja yang telah berhasil lulus, peserta prakerja berhak mendapatkan uang saku sebesar Rp 600 ribu selama 4 minggu. Jika diakumulasikan, total uang saku secara keseluruhan yang didapatkan oleh peserta sebesar Rp 2.4 juta.

2. Mendapatkan Sertifikat Kelulusan

Selain bekal ilmu yang didapatkan, peserta berhak memperoleh sertifikat kelulusan yang dapat digunakan sebagai  bukti lampiran pendukung untuk melamar pekerjaan. Didalam sertifikat akan tertera nama peserta, seminar skill yang diikuti, dan lembaga edukasi yang menerbitkan yang dapat diunduh secara digital melalui platform situs prakerja.

Perlu diketahui, sertifikat kelulusan juga dijadikan sebagai persyaratan untuk mendapatkan uang saku per bulan. Jadi, pastikan anda menyelesaikan seluruh persyaratan dan aturan yang berlaku untuk mendapatkan sertifikat tersebut.

3. Uang Insentif

Selain uang saku, terdapat juga uang insentif dengan nominal Rp 150 ribu dengan syarat telah mengisi survei evaluasi yang diadakan dari prakerja.

  Cara Daftar KIP Kuliah Online Kemendikbud

Syarat Mendaftar Situs Kartu Prakerja 2021

Hingga kini, pemerintah telah membuka pendaftaran prakerja dengan total 12 gelombang. Hal tersebut sebagai bukti bahwa kehadiran prakerja mendapatkan respon positif khususnya bagi usia produktif yang belum mendapatkan lapangan pekerjaan.

Sebelum mendaftar, pastikan anda tergolong syarat dibawah ini;

  • Berusia minimal 18 tahun
  • Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Tidak sedang menempuh Pendidikan formal

Cara Daftar Kartu Prakerja Online 2021

Jika anda telah memenuhi persyaratan diatas, selanjutnya simak cara mudah mendaftar kartu prakerja online 2021;

  1. Silahkan kunjungi website www.prakerja.go.id
  2. Klik button Daftar Sekarang
  3. Anda akan dihadapkan beberapa kolom isian data diri. Isi seluruhnya dan pastikan tidak terlewat satupun
  4. Selanjutnya, klik Kirim
  5. Tunggu beberapa hari, data anda sedang dilakukan verifikasi oleh tim terkait. Umumnya, proses verifikasi memakan waktu 2 sampai 3 hari.
  6. Setelah itu, anda akan menerima notifikasi verifikasi yang menyatakan bahwa anda lolos untuk mengikuti program pelatihan dari prakerja.

Selesai sudah ulasan terkait cara daftar kartu prakerja online 2021. Semoga bermanfaat untuk Anda.

  Harga Sepatu Patrobas Terbaru 2021