cara dapat Kredit Usaha Rakyat UKM

Cara Dapat Kredit Usaha Rakyat UKM

Diposting pada

HARGABELANJA.COM – Cara dapat kredit usaha rakyat UKM bisa kalian peroleh dengan mudah selama memenuhi syarat dan ketentuannya. Saat ini pemerintah tengah mengupayakan bantuan kepada kalangan masyarakat menengah ke bawah. Bantuan tersebut guna mencukupi kebutuhan ekonomi dan menambah kemampuan ekonomi terkait usaha yang mereka jalankan.

Ada banyak sekali bentuk Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di Indonesia. Baik itu di bidang perlengkapan olahraga, fashion, kosmetik, dan lain sebagainya. Setiap orang memiliki bidangnya masing-masing terkait usaha yang mereka jalankan. Demi memperlancar kondisi keuangan para usaha kecil menengah, maka pemerintah memberikan bantuan.

Seperti yang kalian ketahui, semenjak kondisi Covid-19 di Indonesia menjadikan masyarakat mengalami kendala. Terutama dalam mencari pundi-pundi rupiah. Banyak dari mereka yang berjualan memilih untuk berhenti sementara karena mengundang kerumunan. Mau tidak mau mereka harus mengikuti aturan pemerintah agar tidak ada konsekuensinya.

Meski begitu, pemerintah tetap memberikan bantuan kepada mereka yang layak. Banyak Usaha Kecil Menengah yang mendapatkan bantuan berupa uang tunai. Bagi yang ingin mendapatkannya, kalian perlu mengajukan syarat dan ketentuannya terlebih dahulu. Nantinya pihak pemerintah akan mensurvei apakah kalian layak untuk mendapatkan bantuan tersebut atau tidak.

Apa Itu UKM?

Sebelum ke tahap cara dapat kredit usaha rakyat UKM, perlu kalian ketahui apa itu UKM? Usaha Kecil Menengah (UKM) adalah istilah yang mengacu pada usaha kecil yang memiliki pemasukan paling banyak Rp200 juta. Jumlah karyawan paling banyak untuk UKM yaitu 20 orang. Selain itu, UKM juga bukan anak perusahaan atau cabang sebuah perusahaan.

UKM masih mencakup usaha sendiri tapi dalam ruang yang kecil dan menengah. Berdasarkan keputusan Presiden RI No.99 tahun 1998, usaha kecil merupakan kegiatan ekonomi rakyat berskala kecil dengan bidang usaha yang mayoritas adalah kegiatan usaha kecil dan perlu mendapatkan perlindungan untuk mencegah dari persaingan yang tidak sehat.

Baca Ini Juga  Top Skor Euro Terlengkap Untuk Pecinta Sepakbola

Adapun kriteria UKM yang memiliki peran penting di Indonesia. Pemerintah perlu megambil pembinaan kepada saeluruh UKM melalui Dinas KOperasi dan UKM yang ada di wilayah Kabupaten/Kota. Pemerintah memberikan kriteria UKM dalam UU No 9 tahun 1995 di antaranya:

  • Memiliki kekayaan paling banyak Rp200 juta tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha
  • Memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp1 miliar
  • Warga Negara Indonesia
  • Berdiri sendiri atau bukan dari anak perusahaan dan cabang perusahaan yang dikuasai baik langsung ataupun tidak langsung dari usaha skala besar atau menengah
  • Bentuk usaha perseorangan, badan usaha yang tidak berbadan hukum, atau badan usaha yang berbadan hukum termasuk koperasi

Kredit Usaha Rakyak UKM

Kredit Usaha Rakyat adalah kredit atau pembiayaan modal kerja kepada debitur individu, badan usaha atau kelompok usaha yang produktif. Layak namun belum memiliki agunan tambahan dan belum cukup. UMKM dan Koperasi ini dapat mengakses KUR yang bergerak di sektor usaha produktif. Dengan adanya KUR mampu membantu masyarakat terkait kebutuhan modal yang mereka perlukan.

Adapun beberapa UMKM dan Koperasi yang dapat mengakses KUR di antaranya bergerak di sektor usaha produktif seperti pertanian, perindustrian, kehuatanan, perikanan, jasa keuangan simpan pinjam. KUR RItel Bank BRI menjadi salah satu kredit modal kerja atau investasi yang diberikan kepada debitur yang memiliki usaha produktif dan layak dengan plafond lebih dari Rp25 juta sampai Rp500 juta.

Adapun tujuan dari adanya KUR seeprti berikut:

  • Meningkatkan akses pembiayaan UMKM dan K kepada Bank
  • Pembelajaran UMKM untuk menjadi debitur yang bankable sehingga dapat dilayani sesuai ketentuan komersial perbankan pada umumnya
  • Berharap usaha yang mendapatkan batuan bisa tumbuh dan berkembang secara komersial
Baca Ini Juga  Soal MTK Kelas 2 SD dan Jawabannya

Cara Dapat Kredit Usaha Rakyat UKM

cara dapat Kredit Usaha Rakyat UKM

Apakah kalian ingin mendapatkan kredit usaha rakyat? Ada beberapa tahapan yang harus kalian ketahui supaya bisa mendapatkannya. Namun sebelum itu, pastikan persyaratan dan ketentuan sudah kalian penuhi agar prosesnya berhasil. Berikut cara dapat KUR UKM dari Bank Pelaksana:

  • UMKMK mengajukan surat permohonan KUR dengan melampirkan dokumen seperti legalitas usaha, perizinan usaha, catatan keuangan, dan lain sebagainya.
  • Bank Lokasi/analisa bisnis UMKM berdasarkan UMKMK tersebut
  • Jika menurut bank layak, maka akan mendapatkan persetujuan
  • Keputusan pemberian Kredit Usaha Rakyat sepenuhnya merupakan kewenanangan bank
  • Bank dan UMKMK perjanjian kredit
  • UMKMK wajib membayar atau mengangsur kewajiban 20 KUR kepada Bank sampai lunas

Bagi yang tertarik untuk mendapatkan KUR UKM, ada beberapa persyaratan yang harus kalian penuhi sebagai berikut:

  • Tidak sedang menerima kredit/pembiayaan dari perbankan dan/atau yang tidak sedang menerima Kredit Program dari Pemerintah
  • Diperbolehkan sedang menerima kredit konsumtif (Kredit Kepemilikan Rumah, Kredit Kendaraan Bermotor, Kartu Kredit dan kredit konsumtif lainnya)
  • Bagi UMKMK yang masih tercatat Sistem Informasi Debitur BI, tetapi yang sudah melunasi pinjaman, maka diperlukan Surat Keterangan Lunas dari Bank sebelumnya
  • Untuk KUR Mikro, tidak diwajibkan untuk dilakukan pengecekan Sistem Informasi Debitur Bank Indonesia.
  • Putusan pemberian KUR sepenuhnya menjadi kewenangan Bank Pelaksana, sesuai dengan hasil analisa kelayakan usaha calon debitur.

Adapun syarat dokumen yang harus kalian lengkapi di antaranya:

  • Identitas diri nasabah, seperti KTP, SIM, Kartu Keluarga, dll
  • Legalitas usaha, seperti akta pendirian, akta perubahan
  • Perzinan usaha, seperti SIU, TDP, SK Domisili, dll
  • Catatan pembukuan atau laporan keuangan
  • Salinan bukti agunan

Jenis Kredit Usaha Rakyat UKM

Ada beberapa jenis Kredit Usaha Rakyat di antaranya:

  • KUR Mikro
Baca Ini Juga  Sinopsis Purple Hearts, Film Genre Drama Romantis Terbaru

KUR Mikro adalah jenis kreditu usaha yang berskala kecil dengan pinjaman maksimal hanya sampai Rp25 juta. Namun menyesuaikan dengan kebijakan dari bank penyalurnya terkait nominal pinjamannya. Sasaran utama dari KUR Mikro ini adalah usaha kecil yang produktif dan prospektif dari sisi profit. Harapannya penerima dapat membayar cicilan tepat waktu sesuai dengan kesepakatan pihak bank. Untuk pelunasannya yaitu dalam waktu tiga tahun atau lima tahun.

  • KUR Retail

KUR Retail adalah usaha kelas menengah yang mampu membayar cicilan dan bunga flat. Jenis KUR yang satu ini menawarkan jangka waktu pinjaman yang lebih lama yaitu maksimal empat tahun untuk kredit pembiayaan modal kerja dan lima tahun untuk pembiayaan investasi. Syaratnya tidak jauh berbeda dengan KUR Mikro, hanya terdapat perbedaan pada tuntutan agar peminjam memiliki jaminan.

  • KUR Tenaga Kerja Indonesia

Jenis KUR yang satu ini dibuat untuk para tengaa kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri. Tujuannya agar TKI mau berangkat dan melakukan perjalanan ke luar negeri tanpa mempermasalahkan modal. Aga masyarakat bisa mendapatkan bantuan secara adil dan dterima dalam bentuk nyata, KUR TKI memiliki struktur yang baik untuk pemerataan alokasi, stabilisasi dan distribusi. Beberapa syarat untuk KUR jenis ini seperti KTP, KK, surat domisili, surat kesehatan, dan lain sebagainya.

Itulah cara dapat Kredit Usaha Rakyat UKM, ikuti beberapa syarat dan ketentuannya supaya berhasil. Dengan begitu, usaha yang kalian jalankan nantinya akan terbantu dengan baik.