Cara Melacak HP dengan IMEI Tanpa Aplikasi Dengan Mudah
Cara Melacak HP dengan IMEI Tanpa Aplikasi Dengan Mudah

Cara Melacak HP dengan IMEI Tanpa Aplikasi Dengan Mudah

Diposting pada

Cara melacak HP dengan IMEI menjadi satu metode yang ampuh untuk kamu lakukan jika pada suatu ketika mengalami musibah kehilangan perangkat. Di mana kamu tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk menemukan keberadaannya. Karena di jaman yang serba canggih seperti sekarang ini, hampir semua smartphone sudah melengkapi dirinya dengan fitur GPS.

Berbeda jika yang hilang adalah HP jadul milikmu, mungkin saja memerlukan cara khusus yang lebih rumit untuk melacaknya. Karena seperti yang kita ketahui, peraturan terkait IMEI atau International Mobile Equipment Identity di Indonesia baru diterapkan pada beberapa tahun ke belakang. Itu artinya untuk perangkat jadul, kemungkinan kamu membutuhkan cara lain yang lebih ampuh.

Meski begitu, syarat untuk bisa menerapkan cara melacak HP dengan IMEI adalah kamu harus mengetahui dulu nomornya sebelumnya. Karena jika tidak memiliki atau menyimpan nomor IMEI perangkat milikmu. Maka menggunakan metode ini hanya akan buang-buang waktu saja. Artinya, untuk berjaga-jaga, mulai sekarang kamu harus bisa menyimpan dengan baik nomor IMEI dari perangkat smartphone kepunyaanmu itu.

Baca Ini Juga  Cara Mengukur Kaki Untuk Sepatu Paling Mudah

Selain itu, fungsi IMEI juga sangat berguna bagi kamu yang memiliki perangkat seluler lebih dari satu. Terutama jika HP yang kamu miliki berasal dari merek dan model yang sama. Maka satu-satunya pembeda dari perangkat tersebut adalah nomor IMEI. Yang jika kita ibaratkan manusia, nomor IMEI adalah sama dengan nomor induk kependudukan.

Cara Mudah Melacak HP dengan IMEI Terlengkap

Cara Cek Nomor IMEI Tanpa Aplikasi Dengan Mudah

Sebelum masuk ke cara menemukan perangkat seluler bermodalkan nomor IMEI. Alangkah baik untuk mengetahui dulu dimana tempat untuk mendapatkan nomor IMEI tersebut. Hal ini akan sangat penting di saat kamu membeli HP tidak dalam kondisi baru alias second. Sehingga kamu tidak mendapatkan sticker IMEI atau rincian identitas HP di dalam dus kemasan.

Berikut adalah beberapa metode yang bisa kamu pakai untuk mengecek nomor IMEI pada HP.

Ketik Nomor Dial *#06#* dari HP milikmu. Lakukan cara melacak HP dengan IMEI ini pada bagian panggilan dan lakukan pengetikan untuk nomor dial tersebut. Kamu tidak harus memanggilnya.

Baca Ini Juga  Cara Daftar Kredivo PayLater

Mencari Lewat Setting. Metode kedua untuk mengetahui nomor IMEI adalah dengan melihatnya pada identitas HP yang ada di pengaturan.

Step by Step Melacak HP Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Melacak HP dengan IMEI Tanpa Aplikasi Dengan Mudah

Secara default, setiap perangkat HP memiliki fitur khusus yang bisa kita gunakan untuk melacak HP dengan IMEI. Letak fitur ini biasanya ada di bagian pengaturan dan akun. Di sana kamu akan mendapati sebuah bagian yang memiliki nama Find My Device untuk perangkat Android, dan Find My iPhone untuk para pengguna iPhone.

Fitur mencari perangkat ini berjalan baik dengan memanfaatkan sinyal GPS yang ada di dalam HP milikmu yang hilang atau terjatuh di suatu tempat. Silahkan ikuti semua petunjuk yang diarahkan oleh fitur tersebut, dan kamupun akan langsung mendapati tampilan atau peta dari lokasi perangkat HP yang hilang.

Fitur GPS membantu setiap orang agar tidak kehilangan perangkat seluler miliknya. Adapun ketika terjadi musibah yang tidak kita inginkan, maka fitur bawaan melacak HP dengan IMEI akan langsung aktif. Hal yang harus kamu lakukan adalah pergi ke titik petunjuk di mana keberadaan HP tersebut terdeteksi.

Baca Ini Juga  Gaji Operator Produksi di Indonesia Terbaru

Kamu bisa meminjam HP teman atau orang lain untuk dapat menemukan di mana HP kamu berada. Selanjutnya silahkan login dan masukan informasi akun yang sebelumnya kamu gunakan di smartphone yang hilang. Dengan adanya fitur canggih semacam ini, pengguna HP seyogyanya tidak akan khawatir bahwa HP miliknya tidak akan kembali. Karena cara melacak HP dengan IMEI ini bisa banget untuk kamu manfaatkan.