cara memakai sumpit

Cara Memakai Sumpit Mudah dan Praktis

Diposting pada

Hargabelanja.com – Cara memakai sumpit perlu kalian ketahui agar saat mengkonsumsi makanan lebih mudah dan praktis. Berbagai macam cara yang dapat kalian lakukan untuk mengkonsumsi makanan baik menggunakan tangan langsung, sendok, sumpit, garpu, dan alat lainnya. Masing-masing biasanya menyesuaikan dengan jenis makanan yang kalian konsumsi.

Makan menggunakan sumpit menjadi salah satu keseharian yang biasa orang lakukan. Namun ada juga yang enggan menggunakannya karena tidak bisa memakai sumpit. Alat lainnya mungkin lebih mudah dan simpel terkait pemakaiannya untuk makan-makanan yang ingin kalian konsumsi. Bagi yang ingin belajar menggunakan sumpit, kalian bisa mencoba untuk mempelajarinya.

Apa Itu Sumpit?

Sebelum ke tahap cara memakai sumpit, sebaiknya kalian ketahui terlebih dahulu definisinya. Sumpit adalah alat makan berbentuk batang kayu atau lainnya yang sama panjang dan dipegang antara jari salah satu tangan. Alat makan yang satu ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat Asia Timur saat mengkonsumsi makanan. Terutama negara Jepang, China, dan Korea yang seringkali menggunakan sumpit.

Baca Ini Juga  Aplikasi Penambah Followers TikTok Gratis Terbaik Saat Ini, Terbukti!

Di Indonesia sendiri sumpit sudah sangat populer dan banyak yang menerapkannya. Paling sering terlihat saat orang-orang mengkonsumsi makanan jenis mie menggunakan sumpit. Rasanya akan lebih nikmat daripada menggunakan sendok ataupun alat lainnya. Meski membutuhkan kerumitan yang tinggi, bila kalian sudah mahir akan sangat menyenangkan.

Cara Memakai Sumpit

cara memakai sumpit

Dalam memakai sumpit ada beberapa tahapan yang harus kalian ketahui. Setiap jenis pemakaian sumpit juga berbeda-beda seperti sumpit Jepang, sumpit China, dan lain sebagainya. Berikut cara pemakaian sumpit yang bisa kalian lakukan dengan mudah dan praktis:

  • Tempatkan sumpit di antara jari telunjuk dan jempol, seimbangkan jari manis
  • Letakan sumpit kedua di antara jari telunjuk dan jempol, taruh di jari tengah
  • Pegang sumpit kedua dengan kuat menggunakan jempol, telunjuk, dan jari tengah
  • Telunjuk dan jari tengah berfungsi untuk menggerakan sumpit
  • Gunakan jari telunjuk dan jari tengah untuk mengambil makanan

Supaya tidak penasaran, langsung saja mempraktekannya langsung dengan mengambil sumpit. Selama kalian memahami caranya, proses penggunaan sumpit bakal berlangsung dengan cepat. Kalian bisa menggunakannya untuk mengkonsumsi makanan.

Baca Ini Juga  Daftar Harga Lipstik Kylie Original

Pemakaian Sumpit

Terdapat tiga macama perbedaan dalam memakai sumpit, yakni sumpit China, sumpit, Jepang, dan sumpit Korea. Masing-masing memiliki karakter tersendiri terkait pemakaiannya. Berikut perbedaannya:

  • Sumpit China

Masyarakat China biasa menyebutnya kuazi yang bentuknya panjang dan ujungnya tumpul. Sumpit China biasanya terbuat dari bambu. Ada juga dengan bahan melamin karena proses pembersihannya yang lebih mudah dan bisa kalian gunakan kembali. Piranti itu juga dibuat sedemikian rupa agar bisa mengambil makanan seperti kacang-kacangan atau nasi.

  • Sumpit Jepang

Sumpit Jepang memiliki karakteristik tersendiri yaitu ukurannya yang pendek. Hal ini karena kebiasaan orang Jepang saat makan menggunakan mangkuk. Dengan sumpit yang lebih pendek akan lebih memudahkan siapapun yang mengkonsumsinya. Sumpit yang satu ini juga terkenal dengan ujungnya yang meruncing dan berbentuk bulat. Orang Jepang juga gemar makan ikan, dengan adanya sumpit ini bisa memudahkan mereka untuk memakannya hingga ke tulang-tulangnya.

  • Sumpit Korea

Sumpit Korea memiliki karakteristik tersendiri yaitu bahannya terbuat dari logam. Pada masa kerajaan lampau, sumpit dari bahan emas, perak, dan kuningan biasa digunakan oleh kaum bangsawan. Namun kini sumpit Korea terbuat dari bahanstainless steel dan dilengkapi dengan sendok bulat dari logam mulia.

Baca Ini Juga  Biaya Kuliah di UGM Jurusan Matematika

Bagi kalian yang ingin menggunakan sumpit namun belum bisa, ikuti cara memakai sumpit yang mudah dan praktis di atas.