Cara Membuat Blog Agar Menghasilkan Uang

Cara Membuat Blog Agar Menghasilkan Uang

Diposting pada

Anda mungkin pernah mendengar bahwa blogging adalah cara yang bagus untuk menghasilkan pendapatan dan penjualan untuk bisnis Anda. Saat ini banyak anak muda yang penasaran bagaimana cara membuat blog agar bisa menghasilkan uang. Tak sedikit anak muda di Indonesia berhasil mendapatkan pendapatan yang begitu banyak hanya dari blogging. Ini tentu menjadi lebih lebih menarik jika Anda juga merasakannya.

Untuk membuat blog memang membutuhkan beberapa persiapan. Hal ini bertujuan agar blog yang dibuat memiliki kualitas yang bagus. Karena hal ini sangat berhubungan dengan kesuksesan nantinya. Tujuan dari membuat blog ini adalah mendatangkan pembaca. Untuk itu, Anda harus membuatnya nyaman agar para pembaca berdatangan.

Cara Membuat Blog Agar Menghasilkan Uang

Cara Membuat Blog Agar Menghasilkan Uang

Ada beberapa langkah dalam membuat blog yang harus Anda perhatikan.

Pilih Platform Blog

Memilih di mana Anda ingin membangun blog adalah hal pertama yang harus Anda lakukan. Sebelumnya, mungkin Anda pernah mendengar tentang WordPress. Ini adalah platform yang banyak menjadi pilihan para blogger.

Baca Ini Juga  Sinopsis Squid Game, Permainan Mematikan

Sejauh ini, ini adalah salah satu platform blogging terbesar di dunia, dengan plugin dan add-on yang tak terhitung jumlahnya. Anda memiliki akses penuh untuk mengelola blog dengan platform ini.

Opsi lainnya, Anda bisa menggunakan Blogger maupun Tumblr. Berbeda dengan WordPress yang membutuhkan hosting, kedua platform tersebut tidak. Ya, Anda bisa membuat blog tanpa harus memiliki hosting sebelumnya.

Beli Hosting dan Domain

Setelah memutuskan untuk menggunakan WordPress, Anda perlu membeli hosting. Di Indonesia ada banyak provider yang menyediakan hosting murah. Selain itu, Anda juga perlu membeli domain sebagai alamat web Anda. Pastikan domain yang jadi pilihan mudah diingat. Tujuannya agar pembaca lebih mudah mengingat platform Anda, dan bisa kembali membaca di lain waktu.

WordPress adalah platform penerbitan gratis yang sudah ada sejak tahun 2003 dan sekarang mendukung lebih dari 60% dari semua blog di Internet. Maka tidak perlu ragu dengan platform yang satu ini. Untuk provider hosting dan domainnya, Anda bisa menggunakan provider seperti Niagahoster, Domanesia, Rumahweb dan masih banyak lagi.

Baca Ini Juga  Soal PKN Kelas 1 SD dan Jawabannya

Desain WordPress Anda

Selanjutya,  buat blog Anda terlihat persis seperti yang Anda inginkan. Untuk memilih tema baru, Anda dapat menuju ke Appearance > Themes dan menginstal tema WordPress gratis atau Anda dapat menuju ke situs web tema premium seperti ThemeForest.net. Anda juga bisa membeli dari developer Indonesia yang harganya lebih murah.

WordPress juga memiliki fitur luar biasa yang memungkinkan Anda mengubah tema hanya dengan beberapa klik. Jadi, jika Anda mulai bosan dengan template blog Anda saat ini, Anda dapat beralih ke template lain tanpa kehilangan konten atau gambar yang berharga.

Mulai Menulis

Membuat konten yang bagus adalah cara yang paling penting untuk menghasilkan uang dari blogging. Anda harus menulis sesuai dengan tema yang sudah menjadi pilihan. Konsistensi dalam menulis menjadi nilai plus nantinya, karena Google sangat suka dengan blog seperti itu. Anda bisa memulai menulis setelah selesai dikostumisasi sesuai dengan keinginan.

Monetisasi Blog

Untuk menghasilkan uang, Anda perlu melakukan monetisasi. Anda bisa menggunakan beberapa layanan penyedia iklan seperti Google Adsense, Mgid dan masih banyak lagi. Selain itu, monetisasi juga bisa dilakukan dengan affiliate, berjualan dan sebagainya. Jadi tidak menutup satu peluang saja untung menghasilkan uang dari blog Anda. Semakin bagus piliahnnya, keuntungan akan semakin besar nantinya.

Baca Ini Juga  Cat Rumah Warna Mocca, Sederhana dan Elegan