Cara Membuat Inverter DC ke AC 500 Watt

Diposting pada

Cara membuat inverter DC ke AC 500 watt – Inverter DC ke AC menjadi rangkaian sederhana yang berfungsi untuk mengkonversikan arus Direct Current seperti baterai aki ataupun solar cell ke bentuk Alternating Current (AC). Biasanya para teknisi menerapkan hal seperti ini dalam kinerjanya.

Output dari rangkaian dapat kalian hubungkan ke perangkat elektronik seperti notebook, hp, komputer, TV, dan lain sebagainya. Kalian dapat memanfaatkan baterap 12VDC yang dapat berubah menjadi tegangan 220 VAC. Untuk circuit inverter DC ke AC bisa menggunakan trafo 5A jenis CT/Center tap. Namun sebelum ke tahap pembuatannya, kalian harus memahami bagaimana cara kerjanya agar tidak ada kesalahan yang terjadi.

Penjelasan Tiap Blok Inverter DC ke AC

  • Battery

Kapasitas baterai dapat menentukan berapa lama inverter dapat kalian gunakan. Biasanya sebuah UPS dapat kalian gunakan baterai kering dengan tegangan 12 Volt DC 7AH. Arus baterap menjadi supply utama untuk rangkaian sekaligus sebagai arus listrik yang akan terkonversi.

Lanjutkan Membaca
Baca Ini Juga  Kisaran Harga Mercedes-Benz B200 Sport
  • Mosfet Driver Circuit

Pada blok yang satu ini termasuk juga dengan osilator memiliki fungsi untuk membangkitkan multivibrator yang tidak stabil kepada penguat jenis MOSFET. Hal ini karena menggunakan MOSFET lebih efektif daripada transistor silikon seperti 2N 3055 jenis FET. Khususnya dalam penguatan dan efisiensi daya. Bagian yang satu ini juga memiliki fungsi sebagai saklar elektronik.

  • Step Up Transformer

Bagian Step Up Transformer tegangan dapat kalian naikan dengan cara mengumpulkan sinyal dari MOSFET. Sementara untuk trafo yang kalian gunakan untuk inverter harus jenis CT (center tap).

Cara Membuat Inverter DC ke AC 500 WAtt

Dalam membuat skema inverter DC ke AC 500 watt ini harus Anda buat stabil mungkin. Gunakan transformer Center Tap pada sekundernya yang nanti akan menjadi input primer dari sumber rangkaian inverter menggunakan MOSFET. Rangkaian ini tentunya harus memiliki pijat plat pendingain atau tambahan dengan fan untuk hasil yang lebih maksimal.

Dengan keluaran daya 500 watt inilah yang membuat komponen pendukung seperti heatsink, fan, dan lainnya harus terpasang. Sangat penting untuk emmasang sebuah fuse tambahan pada input utama, yakni sebagai pengaman kuat arus pada tingkat tegangan DC yang bernilai 10 Ampere.

Baca Ini Juga  Dragon Mania Legends Mod Apk Download Versi Terbaru

Cara membuat inverter DC ke AC 500 watt membutuhkan ketelitian yang cukup tinggi. Peredam panas yang ada di dalamnya terpasang pada fitch REP50N06. Pada Mosfet ini bekerja pada arus 50 Amp dan 60 Volt untuk pengganti LM358 dan Anda bisa menggantinya dengan LT1013 agar menghasilkan dorongan yang lebih baik.

Dalam penerapannya, kalian bisa menggunakannya sesuai selera. Biasanya orang-orang menyesuaikan ketersediaan yang ada di toko. Untuk transformator daya juga harus Anda sesuaikan dengan kemampuan output watt yang kalian pilih. Seperti menggunakan daya 500 watt yang akan menghasilkan inverter lebih baik.

Komponen Inverter DC ke AC 500 Watt

Cara membuat inverter DC ke AC 500 watt

Cara membuat inverter DC ke AC 500 watt terbilang cukup mudah. Namun Anda harus memahami berbagai macam komponen penting yang ada di dalamnya. Berikut beberapa komponen yang Anda butuhkan:

  • IC 1 = LM358 atau LT1013
  • IC 2 = CD4001
  • Dioda Zener 13 Volt = 1N4743A
  • Dioda Zener 36 volt = 1N4753A
  • Transformator CT 24 volt ke 220 folt minimal 5 A
  • S1 = DPST Switch degan arus rendah untuk mematikan atau mode stand by
  • Dioda tanpa tanda = 1N4148
Baca Ini Juga  Cara untuk meningkatkan saturasi oksigen

Catatan untuk arus pada saat mode stand by sebaiknya 3 mA supaya lebih efektif. Buat rangkaian inverter dari DC ke AC dengan beberapa tips di atas. Pastikan kalian membuatnya dengan benar agar tidak terjadi permasalahan.