cara membuat Pompa Hidram paralon dan botol plastik

Cara Membuat Pompa Hidram Paralon dan Botol Plastik

Diposting pada

Cara membuat Pompa Hidram paralon dan botol plastik – Mendengar istilah Pompa Hidram mungkin agak sedikit asing bagi kalian yang jarang menjumpainya. Jenis pompa yang satu ini memiliki fungsi tersendiri yang bisa Anda manfaatkan. Untuk membuatnya, terdapat berbagai macam cara yang bisa kalian lakukan baik menggunakan paralon, botol plastik, ataupun bahan lainnya.

Jika kalian ingin membuatnya, pastikan harus mengetahui caranya dengan bak dan benar agar tidak menimbulkan dampak yang buruk saat pembuatan. Jenis pompa yang satu ini bisa kalian gunakan untuk berbagai kebutuhan air yang pastinya kalian membutuhkannya sehari-hari. Terutama di daerah tertentu yang memiliki tempat kurang efektif dan sulit mendapatkan air. Pompa Hidram menjadi solusi yang tepat untuk Anda buat.

Apa Itu Pompa Hidram

Pompa Hidram adalah sebuah alat untuk menaikan air dari tempat yang rendah ke tinggi secara hidraulis dengan energi yang berasal dari air itu sendiri. Untuk lebih jelasnya, pompa air tersebut bergerak dengan tenaga air itu sendiri dan tidak membutuhkan bahan bakar ataupun tenaga lainnya. Selain itu, ada yang menyebut juga bahwa Pompa Hidram adalah sebuah alat pompa air sederhana tanpa motor yang berguna untuk menggerakan air dengan aliran yang rendah.

Baca Ini Juga  Bagaimana Cara Membersihkan Kamar Mandi?

Cara membuat Pompa Hidram paralon dan botol plastik juga bisa kalian lakukan dengan mudah. Pompa Hidram ini memiliki kinerja dengan memanfaatkan tenaga dan aliran air itu sendiri. Untuk sumber airnya pun bermacam-macam, mulai dari aliran sungai hingga air kolam yang menuju ke titik pembuangan akhir.

Cara Membuat Pompa Hidram Paralon dan Botol Plastik

cara membuat Pompa Hidram paralon dan botol plastik

Membuat Pompa Hidram Paralon dan botol plastik tentu tidak semudah yang kalian bayangkan. Apalagi jika tidak mengetahui proses pembuatannya, tentu hal ini tidak akan berjalan efektif. Untuk membuatnya, kalian tidak perlu menggunakan bahan-bahan yang ribet karena bisa membuatnya sendiri dengan bahan yang mudah. Di jaman sekarang ini, untuk membuat Pompa Hidram sudah tidak menjadi hambatan lagi karena kalian bisa membuatnya tanpa harus mengeluarkan budget yang mahal.

Cukup menggunakan paralon dan botol plastik, kalian juga sudah bisa membuatnya. Bahan yang satu ini biasa kalian jumpai sehari-hari di sekitar rumah. Jika tidak memilikinya bisa membelinya di toko terdekat, harganya pun cukup terjangkau dan tidak akan membuat budget Anda terkuras habis. Cara membuat pompa Hidram paralon dan botol bekas bisa kalian coba secara langsung agar berhasil. Kalian bisa membuat Pompa Hidram dengan botol plastik sebagai tabung udara dan klep tabo untuk klep buangnya. Untuk ukuran bisa kalian buat dengan ukuran pipa input air 1 inci dan outputnya 1/2 inci.

Baca Ini Juga  Jasa Service dan Pemasangan Parabola Batam

Rekrontruksi Klep Tabo dalam Pembuatan Pompa Hidram Paralon dan Botol Plastik

Pada klep tabo ini bisa kalian lakukan membuat tangkai tambahan sebagai pengontrol gerak. Klep tabo dapat kalian pasang di bagian klep buangan limbah pada pompa Hidram. Klep tabo yang kalian gunakan sebagai limbah buangan termasuk bagian dari modifikasi fungsi. Yakni yang seharusnya adalah untuk klep hisap, namun dengan memasangnya terbalik dan modifikasi tangkai yang dharapkan bisa kalian gunakan untuk limbah buangan.

Cara membuat Pompa Hidram paralon dan botol plastik terbilang cukup mudah untuk kalian lakukan. Yang terpenting kalian sudah menyiapkan bahan utamanya, yakni paralon dan botol plastik. Setelah itu, Anda bisa membuatnya langsung dengan mengikuti beberapa tips di atas.