cara mengembalikan indra penciuman

Cara Mengembalikan Indra Penciuaman Seperti Semula

Diposting pada

HARGABELANJA.COM – Cara mengembalikan indra penciuman perlu kalian ketahui apabila mengalami kendala seperti ini. Indra penciuman sama halnya dengan Anosmia yang merupakan gejala Covid-19. Semenjak munculnya virus ini, ada beberapa orang yang alami kendala pada indra pencimannya. Mereka tidak bisa merasakan apapun seperti biasanya.

Terdapat dua jenis bau yang tidak bisa dikenali pasien Covid-19. Bau tersebut ialah minyak kelapa dan aroma peppermint. Mereka yang terinfeksi Covid-19 juga tidak sepenuhnya kehilangan penciumannya. Jika kalian mengalami kendala seperti ini, ada solusi untuk mengatasinya.

Cara Mengembalikan Indra Penciuman

cara mengembalikan indra penciuman

Terdapat beberapa cara yang bisa kalian lakukan agar penciuman kembali seperti semula sebagai berikut:

  • Melatih Penciuman

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah melatih penciuman. Kalian bisa mencium bau dan aroma dengan menghirupnya selama 20 detik perlahan. Lakukan cara ini 3 kali sehari selama 6 minggu supaya lebih efektif hasilnya. Kalian bisa memilih benda yang memiliki bau dan aroma yang khas supaya hasil penciumannya bisa cepat kembali.

Baca Ini Juga  10 Aplikasi Karaoke Pc dan Laptop Terbaru

Jangan menggunakan bau yang busuk seperti sampah ataupun karet terbakar. Aroma tersebut bisa saja memberikan dampak yang buruk pada indra penciuman. Beberapa aroma yang bisa kalian pilih di antaranya daun mint, jeruk, minyak kayu putih, mawar dan lain sebagainya.

  • Mengkonsumsi Jahe

Jahe merupakan salah satu makanan yang memiliki khas tersendiri. Jahe mampu mengembalikan indra penciuman seseorang yang telah hilang. Pilih jahe bubuk atau mentah dan konsumsi jahe yang sudah jadi atau kalian bisa membuatnya sendiri dari jahe mentah.

Potong saja jahe mentah dan seduh satu sendok makan jahe mentah tersebut dengan dua cangkir berisikan air panas selama 15 menit. Supaya mendapatkan hasil yang optimal, konsumsi minuman tersebut secara rutin. Dalam waktu beberapa minggu, maka penciuman kalian akan kembali seperti semula.

  • Cabai

Cara mengembalikan indra penciuman yang selanjutnya adalah mengkonsumsi cabai. Terdapat vitamin C dan capsaicin yang terkandung dalam cabai. Hal ini memiliki manfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh menjadi lebih kuat.

Selain itu, cabai juga bermanfaat untuk meningkatkan indra penciuman dan membersihkan hidung yang tersumbat. Supaya mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kalian bisa mencampurkannya dengan madu. Masukan saja ke dalam secangkir air dan tambahkan madu.

  • Bersihkan Saluran Hidung

Saluran hidung yang bersih dapat melancarkan indra penciuman seperti semula. Cara ini cukup efektif karena banyak dari mereka yang sudah menerapkannya. Kalian bisa membersihkan hidung dengan nasal spray. Lakukan secara rutin dengan menyemprotkannya sedikit demi sedikit. Kalian bisa melakukan cara ini bila mengalami sinusitis atau polip nasal.

  • Konsumsi Bawang Putih

Cara terakhir yang bisa kalian lakukan selanjutnya adalah mengkonsumsi bawang putih. Salah satu bumbu dapur yang seringkali digunakan setiap harinya ini ternyata dapat membantu mengembalikan indra penciuman. Hal tersebut karena bawang putih mengandung antivirus yang berfungsi untuk meningkatkan imun di dalam tubuh. JIka kalian mengkonsumsinya secara rutin, maka indra penciuman bisa kembali normal.

Baca Ini Juga  Link Kumpulan Twibbon Bucin Terbaru

Penggunaan bawang putih bisa kalian lakukan dengan cara menghancurkan 4-5 siung bawang putih. Campurkan ke dalam air mendidih dan rebus 2 menit. Tambahkan garam secukupnya dan minum saat kondisi masih panas, lakukan hal ini 2 kali sehari secara rutin hingga penciuman kalian benar-benar kembali seperti semula.

Itulah cara mengembalikan indra penciuman yang bisa kalian terapkan secara langsung. Bila mengalami kendala seperti ini, langsung saja atasi dengan cepat supaya tidak menimbulkan efek yang lebih parah.