cara menggunakan aplikasi google meet

Cara Menggunakan Aplikasi Google Meet  

Diposting pada

Aplikasi Google Meet menjadi solusi yang tepat bagi siapapun yang ingin melakukan telekonferensi hingga 100 orang. Semenjak munculnya Covid-19, Google Meet memberikan kemudahan bagi semua orang, khususnya untuk kalangan pelajar. Dengan aplikasi ini, sistem pembelajaran masih tetap berjalan, namun dilakukan secara online. Anda harus tahu cara menggunakan aplikasi Google Meet agar tidak bingung saat memulai.

Siapapun bisa menggunakan aplikasi Google Meet secara gratis. Syarat untuk bisa menggunakan aplikasi ini hanya perlu memiliki akun Google saja. Untuk cara menggunakan aplikasi Google Meet ini terbilang sangat mudah. Anda bisa mengunduh aplikasinya terlebih dahulu agar bisa menjalankannya. Download aplikasi Google Meet melalui playstore yang ada di smartphone masing-masing.

Cara Menggunakan Google Meet

Anda bisa menggunakan aplikasi Google Meet dengan menggunakan smartphone. Baik itu pengguna iOs ataupun Android bisa menggunakannya sesuai dengan perangkat yang Anda miliki.

Lanjutkan Membaca

Setelah mendownload Google Meet, buka aplikasinya dan login dengan menggunakan akun Google masing-masing. Apabila belum memiliki akun Google, maka buat terlebih dahulu melalui browser atau lewat menu pengaturan lalu buat akun. Setelah pendaftaran menggunakan akun Google sudah, maka pengguna akan menuju ke tampilan utama Meet. Pilih New Meeting untuk membuat ruangan virtual baru.

Baca Ini Juga  Harga Ikan Cupang Hias Cantik Murah

Terdapat tiga tab yaitu participant, message dan information. Masing-masing memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Tab Participant berfungsi untuk melihat daftar peserta yang mengikuti rapat
  • Kemudian Tab Message berfungsi untuk mengirim pesan teks
  • Tab information berfungsi untuk melihat tautan ruangan yang dapat Anda bagikan ke orang lain

Untuk memasuki ruangan virtual, maka perlu memasukan kode meeting pada tombol “meeting code”. Kode tersebut biasanya diperoleh dari sang pemilik ruangan atau host yang mengaturnya. Mudah sekali cara menggunakan aplikasi Google Meet, Anda bisa mengikuti cara tersebut agar berhasil.

GMeet

Google Meet atau dikenal dengan GMeet ini memiliki banyak sekali manfaat. Apalagi disaat kondisi pandemi seperti sekarang ini, Gmeet memiliki peran yang sangat besar untuk belajar secara online. Para guru atau pengajar diwajibkan menguasainya dan memberikan arahan kepada siswanya untuk bisa menggunakan Gmeet dalam proses pembelajaran.

Selain menggunakan aplikasi, Anda juga bisa menjalankannya melalui browser. Namun akan lebih efektif jika Anda menjalankannya menggunakan laptop atau PC. Jika melalui laptop atau pc hampir sama dengan menggunakan smartphone. Hanya saja terdapat perbedaan pada media yang Anda gunakan. Bila melalui browser, maka Anda tidak perlu lagi mengunduh aplikasinya.

Baca Ini Juga  5 Rekomendasi Tas Carrier Yang Berkualitas

Google Meet

Google Meet adalah aplikasi yang dikembangkan Google untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan conference gratis melalui browser. Sebelumnya aplikasi ini bernama Hangouts dan memberikan penawaran fitur gratis yang lebih menarik dengan melakukan meeting dalam waktu 60 menit untuk kapasitas maksimal 100 orang.

Penggunaan Google Meet bisa Anda lakukan melalui laptop/pc atau Smartphone. Melihat kondisi yang terjadi sekarang ini, Google Meet memberikan manfaat untuk membantu siswa ataupun guru dalam belajar secara online.

Cara menggunakan aplikasi Google Meet terbilang sangat mudah. Bagi yang ingin menjalankannya melalui smartphone, maka Anda perlu mendownload aplikasinya terlebih dahulu. Anda bisa menggunakannya secara gratis melalui playstore, sudah lebih dari 100 juta pengguna yang mengunduh aplikasi ini. Ukurannya pun cukup ringan, yakni kisaran 16 mb.

Buka aplikasinya dan jalankan Google Meet sesuai kebutuhan Anda dalam melakukan video conference dengan kapasitas maksimal 100 orang. Manfaatkan aplikasi Google Meet sebaik mungkin untuk keperluan pembelajaran Anda secara online.

Baca Ini Juga  Cara Trading Tanpa Modal Terbukti Menghasilkan