Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi
Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

Diposting pada

Bagi kamu yang memiliki HP entry level mungkin harus mencoba cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi yang akan kita bahas kali ini. Terutama untuk yang kapasitas memori internalnya cuma sedikit, seperti 16GB dan 32GB. Maka tentu akan sangat membantu sedikit meningkatkan performa smartphone. Agar terasa lebih lancar ketika menjalankan aplikasi di dalamnya.

Sehingga, meski HP kamu tidak terlalu bagus atau bahkan terbilang kentang. Namun ketika memori HP agak sedikit lega, maka masih lumayan untuk bisa kita pergunakan menyimpan foto-foto kenangan. Atau jika memorinya kamu pergunakan untuk menginstal aplikasi, maka tentu ketersediaan ruang yang cukup adalah hal yang wajib.

Adapun jika saat ini smartphone kamu sudah menampilkan pemberitahuan terkait penuhnya ruang penyimpanan. Sementara kamu tidak ingin menghapus aplikasi yang sudah terinstal untuk mengosongkan memori. Maka mungkin cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi di bawah ini akan berguna.

Lanjutkan Membaca

Meski begitu, ada baiknya di masa yang akan datang, ketika hendak membeli HP baru. Kamu perlu mempertimbangkan untuk memilih ruang penyimpanan yang lebih luas. Bahkan di masa sekarang ini, minimal kita memiliki ruang penyimpanan internal sebanyak 128GB untuk bisa merasa tercukupi kebutuhan penyimpanan file-file HP.

Baca Ini Juga  Cara Menggunakan Atrasis Free Fire Diamond  

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

Untuk kamu yang memori internal HPnya sudah penuh dan ingin segera mengosongkannya. Maka saat ini kamu sedang membaca artikel yang tepat, karena HargaBelanja akan membahasnya lengkap untuk kamu. Di bawah ini ada beberapa cara agar ruang penyimpanan kamu bisa sedikit lega tanpa harus uninstal aplikasi yang sudah terpasang.

Berikut adalah cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi:

1. Memindahkan Foto dan Video ke Google Photos

Google Photos

Untuk pengguna android, aplikasi Google Photos adalah solusi terbaik untuk tetap dapat menyimpan file-file dokumentasi. Seperti foto dan video tanpa harus menggunakan memenuh-menuhi memori internal. Selain itu, aplikasi bawaan dari Google ini juga dapat melakukan pencadangan file dengan kapasitas unlimited.

Silahkan buka aplikasi Google Photos dan masuk ke bagian setting, kemudian pilih “Back up & sync”. Tunggu proses pencadangan selesai dan tertampil di laman depan aplikasinya. Jika sudah, sekarang kamu bisa masuk ke bagian “Free up device storage” untuk cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi.

Baca Ini Juga  Bigo Live Mod Apk Unlimited Diamond Versi Terbaru

2. Hapus Cache Aplikasi yang Membebani

Hapus Cache

Semakin lama kamu menggunakan HP untuk melakukan banyak aktivitas, maka memori internal HP akan penuh dengan yang namanya cache. Di mana pada dasarnya kamu tidak membutuhkan seluruh dari cache tersebut. Jadi ada baiknya kamu menghapus cache yang tidak perlu.

Caranya adalah dengan masuk ke bagian setting di smartphone, kemudian pilih “Manajemen Aplikasi. Tentukan aplikasi mana yang hendak kamu hapus cachenya, klik saja aplikasi tersebut. Setelah terbuka maka akan muncul tombol “Hapus Cache”.

3. Pakai MicroSD Untuk Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan

Pakai MicroSD Untuk Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan

Cara terakhir yang bisa kamu gunakan untuk membuat memori internal lebih lega adalah dengan memanfaatkan memori eksternal atau kartu microSD. Sebisa mungkin kapasitas microSD yang kamu gunakan cukup besar, sehingga tidak cepat penuh. Karena jika kapasitasnya kecil, takutnya tidak cukup untuk membackup file yang akan kita pindahkan dari memori internal.

Saat kartu microSD sudah terpasang, kamu bisa langsung melakukan backup file dengan masuk ke bagian file, kemudian pilih opsi pindahkan ke kartu eksternal. Lakukan cara mengosongkan ruang penyimpanan ini sesuai dengan keinginan kamu. Mana file yang mau kamu pindahkan, dan mana file yang tetap ingin kamu pertahankan di dalam memori internal.

Baca Ini Juga  Cara Download Lagu dari Tiktok Dengan Mudah