soal akm

Contoh Soal AKM Lengkap dengan Penjelasan dan Gambar

Diposting pada

soal akm

HARGABELANJA.COM – Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah jenis soal yang terdiri dari dua bagian yaitu asesmen kemampuan bernalar menggunakan bahasa dan matematika. Hal ini mampu memberikan kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, serta merefleksikan bentuk teks tertulis. Pembaca juga dapat membangun makna dalam teks berbagai bentuk.

Bentuk soal AKM sendiri berupa pilihan ganda, menjodohkan, esai, hingga jawaban singkat. Masing-masing memiliki kriteria tersendiri terkait kesulitannya. Jenis soal AKAM mampu memberikan penlaian kemampuan yang sangat mendasar kepada kalangan pelajar. Mereka nantinya bisa mengembangkan diri dan berkontribusi positif ke masyarakat.

Contoh Soal AKM dan Penjelasannya

Soal 1

soal 1

Setelah membaca puisi Di Negeri Amplop, bagaimana suasana hati yang digambarkan oleh penulis?

A. Marah

B. Bahagia

C. Sedih

D. Syahdu

E. Optimis

Pembahasan:

Setelah membaca puisi dari contoh soal Asesmen Kompetensi Minimum di atas, apa yang lo rasakan? Yap, mungkin lo merasa sangat marah.

Pasalnya, amplop-amplop yang dimaksud oleh Gus Mus seolah-olah mengacu kepada uang. Dengan uang penguasa dapat mengatur segalanya dan mengendalikan orang biasa. Fenomena ini mungkin sering terjadi saat ada aksi suap menyuap di antara orang-orang kaya agar bisa terbebas dari jeratan penjara.

Baca Ini Juga  Link Twibbon Anti Miras di Indonesia Terbaru

Jadi, jawaban yang tepat adalah A, marah.

Soal 2

Soal 2

Di kepulauan tropis Karibia, Amerika Selatan, terdapat sebuah burung unik yang bernama scarlet ibis.

Ukuran burung scarlet ibis terbilang cukup besar dengan panjang mencapai 70 cm dan berat sekitar 700-900 gram.

Salah satu hal unik yang terpancar dari burung ini adalah bulunya yang sangat indah. Warna bulunya terbilang sangat merah. Akan tetapi, warna merah tersebut baru terlihat saat burung scarlet ibis beranjak dewasa.

Ketika lahir, warna burung ini bisa dibilang beraneka ragam, mulai dari abu-abu, cokelat, putih atau campuran ketiganya. Saat burung ini memasuki fase remaja, baru warna bulunya perlahan-lahan menjadi merah merona.

Astaxanthin jadi salah satu zat yang membuat warna burung iblis terlihat enak dipandang. Astaxanthin merupakan zat warna merah alami yang didapatkan burung scarlet dari makanan favoritnya, yaitu kepiting merah dan udang.

Satu hal yang sangat disayangkan dari burung ini adalah warna bulunya bergantung pada makanan yang ia konsumsi. Warna bulu scarlet ibis bisa tiba-tiba berubah jadi abu-abu atau putih saat burung ini kekurangan asupan makanan favoritnya.

Baca Ini Juga  Informasi Lengkap Tentang Sumber Daya Alam China

Oleh karenanya, burung-burung scarlet ibis yang dipelihara di kebun binatang biasanya diberi makanan yang mengandung buat bit dan wortel supaya warna bulunya tetap indah dan sejuk dipandang.

Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!

Jika kamu mendapat tugas merawat burung scarlet ibis, apa yang akan kamu lakukan agar warna bulu burung itu tetap merah menyala?

Pembahasan:

Lo harus jeli dalam menjawab pertanyaan di atas. Perhatikan dengan cermat setiap paragraf yang tertuang dalam contoh soal.

Pertanyaannya adalah “kita harus ngapain supaya membuat bulu burung scarlet ibis tetap merah menyala?”

Di atas disebutkan kalau zat merah dari scarlet didapatkan dari makanan kesukaannya, yaitu kepiting merah dan udang. Selain itu, supaya warna bulunya tetap terjaga, biasanya di kebun binatang burung scarlet diberi makanan yang mengandung buah bit dan wortel.

Jadi, jawabannya adalah memberi makanan berupa buah bit, wortel, kepiting merah, dan makanan berupa udang.

Soal 3

Andi mendapat kue 56 bagian dan Susi mendapat 67 bagian dari kue yang sama.

Baca Ini Juga  Harga dan Spesifikasi Motor Yamaha Lexi S

Pertanyaan berikut yang benar adalah ….

Soal 3

Pembahasan:

Dari contoh soal AKM di atas, kita bisa melihat kalau pecahan 67 itu lebih besar dari 56.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah:

  • Pernyataan pertama salah
  • Pernyataan kedua benar
  • Pada Pernyataan ketiga salah
  • Pernyataan ketiga benar

Contoh soal AKM di atas merupakan penggabungan antara literasi membaca dan numerik. Kalian bisa memahaminya dengan baik sesuai penjelasan di atas.