Contoh SOal Test JLPT N5

Contoh Soal JLPT N5 Terbaru

Diposting pada

Contoh soal JLPT N5 – Apakah kalian menyukai budaya jepang? Kurang puas jika menyukai tentang jepang namun tidak mengerti bahasanya. Kalian tidak usah khawatir jika ingin belajar bahasa jepang karena dengan mengikuti pelatihan beserta tes yang JLPT adakan, kalian pasti akan cepat menguasai bahasa jepang.

JLPT biasanya mengadakan tes 2 kali dalam setahun pada bulan Juli dan Desember. Biaya untuk tes JLPT level N5 sekitar Rp.120.000 pada akhir tahun 2019. Biaya tersebut bisa berubah-ubah sesuai kebijakan dari JLPT itu sendiri. Untuk biaya tes di Jepang langsung memakan biaya yang tidak sedikit yaitu sekitar 5000 yen atau dalam mata uang rupiah sekitar Rp.665.000.

Apa itu JLPT ?

Japanese Language Proficiency Test atau nama lainnya JLPT merupakan sebuah test bahasa jepang yang bertujuan untuk mengkur seberapa jauh kemampuan bahasa jepang yang kalian miliki. Test ini memilik 5 level yaitu dari N5 sampai N1 . N5 merupakan level terendah dalam test bahasa jepang, semakin kecil angkanya maka akan semakin sulit level test tersebut.

Baca Ini Juga  Harga Topokki di Indomart

Kalian bisa melihat beberapa contoh soal JLPT N5 di google untuk melatih kemampuan sebelum mengerjakan test yang sebenarnya. Karena test pada level N5, kalian harus hafal atau memahami 821 kosakata bahasa Jepang serta 103 huruf kanji.

Cara Mendaftar Test JLPT N5

Bagi kalian yang ingin mengikuti test di JLPT bisa mendaftar secara online lewat jlptonline.or.id. pendaftaran bisa kalian lakukan pada bulan Maret untuk test bulan Juli dan bulan Agustus-September untuk bulan Desember.

Waktu pendaftaran biasanya peserta test harus membawa foto, kartu identitas beserta scan bukti pembayaran test. Jangan lupa untuk mencetak kartu ujian sebelum mengikuti test karena kartu tersebut harus kalian tunjukan sebagai bukti bahwa kalian adalah peserta test. Contoh soal JLPT N5 bisa menjadi persiapan dasar sebelum mengikuti test di JLPT.

Contoh Soal JLPT N5

Dalam test JLPT biasanya terdapat 3 macam yaitu sesi kosakata, sesi mendengar dan sesi tata bahasa membaca. Berikut ini adalah contoh soal JLPT N5.

1. わたしは、大きい いぬを かっています。
A. おうきい
B. おおきい
C. たいきい
D. だいきい

Baca Ini Juga  Resep Coffe Dalgona Enak dan Mudah

• Jawaban : B

Watashi wa, ookii inu wo katte imasu.
(Saya memelihara anjing yang besar.)
Kanji 大 memiliki cara baca : dai dan oo-. Kanji 大きい dalam soal ini dibaca ookii yang berarti “besar”. Jangan sampai salah ya!

2. ふゆは、南の しまへ いきたいです。
A. ひがし
B. にし
C. みなみ
D. きた

• Jawaban : C

Fuyu wa, minami no shima e ikitai desu.
(Pada musim dingin, (saya) mau pergi ke pulau yang ada di selatan.)
【Kanji pada pilihan selain jawaban yang benar】
• ひがし (timur) : 東
• にし (barat) : 西
• きた (utara) : 北

3. わたしは、にほんに にねん すんでいます。
A. 二年
B. 一年
C. 三年
D. 五年

• Jawaban : 1
Watashi wa, nihon ni ninen sunde imasu.
(Saya tinggal di Jepang selama dua tahun.)
【Kanji pada pilihan selain jawaban yang benar】
• 一年 (setahun) : いちねん
• 三年 (tiga tahun) : さんねん
• 五年 (lima tahun) : ごねん

4. アユさんは さかなが すきです。
A. 鳥
B. 猫
C. 馬
D. 魚

• Jawaban : D

Contoh SOal Test JLPT N5
Ayu san wa sakana ga suki desu.
(Ayu san menyukai ikan.)
【Kanji pada pilihan selain jawaban yang benar】
• 鳥 (burung) : とり
• 猫 (kucing) : ねこ
• 馬 (kuda) : うま
5. あなたの クラスに おとこは なんにん いますか。
A. 何人
B. 句人
C. 何入
D. 句入

Baca Ini Juga  Rekomendasi Wisata Curug di Sukabumi

Jawaban : A
Anata no kurasu ni otoko wa nannin imasu ka?
(Di kelasmu laki-lakinya ada berapa orang?)

 

Jika kalian mengikuti test JLPT, skor yang harus kalian dapat untuk keseluruhan adalah 180. Namun untuk level N5 sayarat kelulusannya yaitu minimal skor 80. Untuk lebih memahami test bahasa jepang, kalian bisa mencoba contoh soal JLPT N5 terlebih dahulu sehingga untuk level selanjutnya bisa kalian kuasai dengan lancar.