soal P3K guru SD

Contoh Soal P3K Guru SD Terbaru

Diposting pada

soal P3K guru SD

HARGABELANJA.COM – Belajar contoh soal P3K guru SD akan semakin menambah ilmu pengetahuan agar lebih mudah saat mengerjakan ujian. Dengan adanya contoh soal yang satu ini, nantinya guru bisa dengan mudah mengerjakan soal tersebut.

Melihat di jaman sekarang yang sudah canggih, untuk berlatih soal kalian bisa melakukannya melalui internet. Kalian akan menemukan banyak sekali contoh soal yang berkaitan dengan P3K. Setelah itu, kalian bisa menerapkannya langsung saat menghadapi soal-soal tersebut ketika ujian berlangsung.

Soal P3K Guru SD

1. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi dimana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau Menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar ….
A. Sibernetik
B. Kognitif
C. Humanistic
D. Behaviorisme
E. konstruktivisme

Jawaban: E

2. Seorang guru menjumpai kebiasaan belajar yang kurang tepat yang dilakukan oleh salah seorang siswanya sehingga kesulitan dalam mengikuti pelajaran. Langkah awal yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar demikian yaitu ….
A. Tunjukkan akibat atau dampak kebiasaan belajar yang salah terhadap prestasi belajar
B. Berikan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan aspirasinya secara rasional
C. Ciptakan iklim sosial yang sehat antara guru dengan siswa, dan antar siswa di dalam kelas
D. Susun aturan dan batasan-batasan dalam proses pembelajaran
E. Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar meskipun prestasinya minimal

Baca Ini Juga  Cara Membuat Rendang untuk Jualan, Dijamin Laris

Jawaban: E

3. Anak usia kelas III SD dapat menyesuaikan bahasa yang digunakan untuk menjaga kesantunan dibandingkan anak usia kelas 1 SD. Misalnya bentuk sapaan kamu kepada orang yang lebih tua sudah dihindari. Perkembangan tersebut menunjukkan anak memiliki kemampuan….

A. Fisiolinguistik
B. Sosiolinguistik
C. Literasi linguistik
D. Neurolinguistik
E. Psikolinguistik

Jawaban: B

4. Pada rancangan pembelajaran terdapat contoh kompetensi dasar yaitu mengidentifikasi jenis, sifat, dan fungsi bahan alam dari tanaman untuk produk karya seni rupa dan kriya, maka rumusan indikator yang bisa dikembangkan guru pada tingkatan kognitif mencipta (C6) yang tepat adalah….

A. Mengelompokan bahan alam dari tanaman pandan untuk karya seni rupa
B. Menyebutkan fungsi tanaman pandan untuk produk karya seni rupa
C. Menjelaskan sifat tanaman pandan untuk produk karya seni rupa
D. Membedakan sifat tanaman pandan dengan tanaman suji untuk produk karya seni rupa.
E. Membuat produk karya seni rupa dari tanaman pandan.

Jawaban: E

Contoh Soal P3K Guru SD

soal P3K guru SD

1. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berfikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah ….
A. Role Playing
B. Inquiry
C. Problem Solving
Prediksi Soal Kompetensi Pedagogik 1
D. Picture and Picture
E. Kontekstual

Baca Ini Juga  Cara Cek Status Pengajuan Kredit FIF Disetujui Atau Tidak

Jawaban: C

2. Seorang guru mengajukan pertanyaan kepada siswa dengan tujuan agar siswa tersebut mengingat kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya, hal tersebut termasuk kegiatan ….
A. Memberikan acuan
B. Melaksanakan tes awal
C. Memberikan bimbingan
D. Membuat kaitan
E. Mengingatkan motivasi

Jawaban: D

3. Seorang guru mengajukan pertanyaan kepada siswa dengan tujuan agar siswa tersebut mengingat kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya, hal tersebut termasuk kegiatan

A. Memberikan acuan
B. Melaksanakan tes awal
C. Memberikan bimbingan
D. Membuat kaitan
E. Mengingatkan motivasi

Jawaban: D

Itulah beberapa contoh soal P3K guru SD yang bisa kalian pelajari. Semakin sering belajar maka akan semakin banyak ilmu pengetahuan yang kalian dapatkan.