contoh soal potensi akademik part 2 - Hargabelanja.com

Contoh Soal Potensi Akademik Part II

Diposting pada

Pada artikel sebelumnya telah dibahas beberapa contoh soal potensi akademik. Bagi yang merasa kurang, kamu bisa lanjut mengerjakan soal bagian 2 ini. Penasaran seperti apa soalnya?

Pada artikel ini kamu disuguhkan beberapa tipe contoh soal potensi, diantaranya tes logika dan numerik. Untuk mengerjakan soal ini, harap teliti dan anggap kamu sedang mengerjakan tes potensi akademik (TPA) sesungguhnya. Bila tidak mengerti cara memecahkan soalnya, maka kamu bisa mengintip pembahasan yang tertera di akhir artikel. Selamat mengerjakan!

Contoh Soal Potensi Akademik Kategori Logika

Contoh Soal Potensi Akademik Logika - Hargabelanja.com

Pada sesi ini, ada sejumlah pertanyaan yang menguji kemampuan berpikir logika analitis. Kamu diminta memahami dan mengecek kebenaran setiap kalimat. Pilihlah:

A. Jika semua kalimat benar.

B. Bila pernyataan pertama salah.

C. Bila pernyataan kedua salah.

D. Bila pernyataan pertama dan kedua salah.

E. Bila kesimpulan salah.

Berikut adalah contohnya:

1) Semua mamalia bernapas menggunakan paru-paru. Ikan salmon adalah mamalia. Jadi, ikan salmon bernapas menggunakan paru-paru.

Jawabannya adalah C pernyataan kedua salah. Itu karena ikan salmon bukan termasuk mamalia. Selanjutnya, coba kerjakan soal-soal berikut!

  1. Perusahaan Harga Belanja hanya memberikan kenaikan upah maksimal 2x dalam setahun. Semnetara, Baki adalah karyawan berprestasi di perusahaan Harga Belanja. Jadi, Baki bisa mendapatkan kenaikan gaji lebih dari 2x dalam setahun.
  2. Semua manusia memiliki sikap yang sopan. Baki adalah manusia. Jadi, Baki memiliki sikap yang sopan.
  3. Setiap hari Minggu, maka perusahaan Harga Belanja libur. Sekarang adalah hari Minggu. Jadi, hari ini perusahaan Harga Belanja libur.
  4. Semua karyawan Harga Belanja mendapatkan mobil kantor. Wanita tersebut mantan karyawan Harga Belanja. Jadi, wanita tersebut tidak lagi mendapatkan mobil kantor.
  5. Semua penyanyi jago menyanyikan lagu Dangdut. Lesti adalah penyanyi Dangdut. Jadi, Lesti pandai menyanyikan lagu dangdut.
  6. Website Harga Belanja mempublikasikan artikel setiap hari. Sekarang adalah hari Jum’at. Jadi, website Harga Belanja menerbitkan tulisan baru.
  7. Untuk pergi ke kantor, Baki selalu menggunakan metode transportasi umum. Hari ini Baki naik mobil pribadi. Jadi, Baki sedang tidak pergi ke kantor.
Baca Ini Juga  Apa Saja Profesi Untuk Yang Suka Masak?

Contoh Soal Potensi Akademik Kategori Numerik

Contoh Soal Potensi Akademik Logika - Hargabelanja.com

1) Perhatikan deret berikut: 4, 12, 28, 60, 124, 252, … maka selanjutnya adalah?

A. 508

B. 408

C. 608

D. 708

 

2) Berapakah angka selanjutnya dari deret berikut: 1/2, 1, 1, 3, 9, 13, 65, 71, … ?

A. 497

B. 492

C. 378

D. 508

 

3) Perhatikan pola berikut: 0,25, 5/8, 1, 1,375, maka berapakah angka selanjutnya?

A. 7/4

B. 15/8

C. 2

D. 9/4

Pembahasan Contoh Soal Potensi Akademik

Soal Logika

  1. E) kesimpulan salah, karena perusahaan Harga Belanja hanya memberikan kenaikan upah maksimum 2x dalam setahun.
  2. B) kalimat pertama salah, karena tidak semua manusia memiliki sikap yang sopan.
  3. A) semua kalimat benar.
  4. A) semua kalimat benar
  5. B) kalimat pertama salah, karena tidak semua penyanyi mahir menyanyikan lagu dangdut.
  6. A) semua kalimat benar.
  7. A) semua kalimat benar.

Soal Numerik

  1. A) 508, karena pola deretnya seperti ini: 4 (+8) 12 (+16) 28 (+32) 60 (+64) 124 (+128) 252,  ?. Maka, kemungkinan besar angka selanjutnya adalah 508 yang merupakan hasil dari penjumlahan 252 + 256.
  2. A) 497, karena pola deretnya seperti ini: 1/2 (+1/2) 1 (x1) 1, (+2) 3 (x3) 9 (+4) 13 (x5) 65 (+6) 71, … Maka, kemungkinan besar angka selanjutnya adalah hasil perkalian 71 x 7 = 497.
  3. A) 7/4, sekilas terlihat sulit namun sebenarnya pola deret ini sangat sederhana. Ubahlah masing-masing suku ke dalam bentuk pecahan, sehingga menjadi 2/8, 5/8, 8/8, 11/8. Dari sini kamu mendapatkan bahwa setiap pembilang ditambah dengan 3. Maka, kemungkinan besar suku berikutnya adalah 14/8 atau sama dengan 7/4. 
Baca Ini Juga  Gaji PT Shin Heung Indonesia Dan Lowongan Terbaru

Itulah beberapa contoh soal potensi akademik bagian II. Berapa jawabanmu yang betul? Untuk melihat bagian I, maka kamu dapat mengklik tautan ini. Kamu juga bisa mengerjakan berbagai soal menarik lainnya, seperti soal permutasi dan kombinasi, psikotes dan soal aritmatika level HOTS. Selamat mencoba!