COntoh soal PPG

Contoh Soal PPG Lengkap Beserta Kunci Jawabannya

Diposting pada

HARGABELANJA.COM – Menjawab soal PPG yang benar tentu membutuhkan latihan yang serius, salah satunya dengan melihat contoh. Apalagi jika kalian belum memahaminya sama sekali, maka sangat penting untuk mempelajarinya terlebih dahulu. PPG terbagi menjadi tiga bentuk yaitu soal tes kompetensi Pedagogik, kompetensi Kepribadian dan Sosial, serta tes kompetensi Profesional.

Dalam jabatan suatu pemerintah adalah upaya dalam menyiakan guru-guru profesional. Melalui tes ini, nantinya mereka akan mendapatkan guru yang benar-benar memahami dengan baik sesuai bidangnya. Jenis soal yang satu ini memerlukan kecermatan apabila kalian ingin menjawabnya dengan benar. Banyak soal yang bakal mengecoh apabila kalian menjawabnya terburu-buru.

Contoh Soal PPG 2022

1. Penilaian dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan dalam melakukan tugas tertentu di berbagai macam konteks sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi. Dalam penilaian ini di lakukan dengan berbagai teknik, antara lain penilaian praktik, penilaian produk, penilaian proyek dan penilaian portofolio. Penilaian tersebut termasuk dalam jenis penilaian …

Baca Ini Juga  Gaji PT Kayaba Indonesia Terbaru

a. Otentik
b. Sikap
c. Pengetahuan
d. Keterampilan
e. Pengalaman

Jawaban: D

Pembahasan:
Penilaian keterampilan dilakukan dengan mengidentifikasi karakteristik KD aspek keterampilan untuk menentukan teknik penilaian yang sesuai misalnya dengan teknik penilaian kinerja/praktik, proyek, produk dan portofolio. Tidak semua KD dapat diukur dengan teknik yang sama.

2. Penilaian yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai mulai dari masukan (input), proses dan keluaran (output) dari pembelajaran yang meliputi ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Dalam penilaian ini juga menilai kesiapan peserta didik serta proses hasil belajar secara utuh. Keterpaduan penilaian ketiga komponen (input-proses-output) tersebut akan menggambarkan kapasitas, gaya dan hasil belajar peserta didik, bahkan mampu menghasilkan dampak instruksional (instructional effects) dan dampak pengiring (nurturant effects) dari pembelajaran. Penilaian tersebut termasuk dalam penilaian …

a. Otentik
b. Sikap
c. Pengetahuan
d. Keterampilan
d. Pengalaman

Kunci Jawaban: A

Pembahasan:
Penilaian otentik cenderung fokus pada tugas-tugas kompleks dan kontekstual memungkinkan peserta didik untuk menunjukkan kompetensi mereka yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Baca Ini Juga  sscn.bkn.go.id Login Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara

Latihan Soal PPG 2022

COntoh soal PPG

1. Aktivitas penilaian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui karakter siswa baik di kelas maupun di luar kelas secara sosial dan spiritualnya. Penilaian ini menjadi salah satu upaya sekolah untuk mengontrol dan membimbing perkembangan sikap siswanya selama belajar di sekolah. Penilaian tersebut termasuk dalam jenis penilaian …

a. Otentik
b. Sikap
c. Pengetahuan
d. Keterampilan
d. Pengalaman

Kunci Jawaban: B

Pembahasan:
Penilaian sikap dapat kalian lakukan oleh seorang guru kepada siswa merupakan rangkaian dari kegiatan atau usaha untuk mengukur sikap siswa selama dirinya berada di kelas sebagai bentuk dari hasil program pembelajaran.

2. Penilaian untuk mengukur kemampuan peserta didik berupa pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif ,serta kecakapan berpikir tingkat rendah sampai tinggi. Penilaian untuk mengetahui apakah peserta telah mencapai ketuntasan belajar, juga untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan penguasaan pengetahuan pelajar dalam proses pembelajaran. Jenis penilaian tersebut termasuk dalam jenis penilaian …

a. Otentik
b. Sikap
c. Pengetahuan
d. Keterampilan
d. Pengalaman

Baca Ini Juga  Cara Download Lagu dari Tiktok Dengan Mudah

Kunci Jawaban: C

Pembahasan:
Penilaian pengetahuan dapat diartikan sebagai penilaian potensi intelektual yang terdiri dari tahapan mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mensintesis dan mengevaluasi, Seorang pendidik perlu melakukan penilaian untuk mengetahui pencapaian kompetensi pengetahuan peserta didik.

Itulah salah beberapa contoh soal PPG 2022 yang bisa kalian pelajari. Sudah ada pembahasan terkait alasan dari jawaban soal di atas.