Contoh Soal Tes Calon Kepala Sekolah Bentuk Studi Kasus

Contoh Soal Tes Calon Kepala Sekolah Bentuk Studi Kasus

Diposting pada

 Contoh soal tes calon kepala sekolah bentuk studi kasus – Menjadi seorang kepala sekolah tentu saja merupakan sebagian dari mimpi orang-orang. Terdapat berbagai persyaratan dan kualifikasi untuk menjadi kepala sekolah. Sebelum menjadi kepala sekolah, para calon terlebih dahulu mengikuti seleksi dan rangkaian tes untuk menguji apakah calon tersebut layak untuk menjadi seorang kepala sekolah.

Salah satu tes yang para calon kepala sekolah jalani yaitu studi kasus. Terdapat bermacam-macam bentuk studi kasus namun tujuannya tetap sama yaitu untuk mengukur kemampuan para calon kepala sekolah dalam menganalisis sebuah masalah yang harus selesai dengan segera.

Analisis tersebut berisikan sebuah identifikasi masalah dalam suatu kejadian atau skenario yang harus para calon selesaikan. Untuk menjawab studi kasus tersebut, calon kepala sekolah harus membuat rencana tindakan dalam manangani masalah tersebut dengan waktu secepat mungkin.

Persyaratan Menjadi Kepala Sekolah

Terdapat beberapa persyaratan yang harus calon penuhi sebelum mengikuti tes menjadi kepala sekolah. Salah satu persyaratan dasar ialah calon harus menempuh pendidikan sarjana (S1) atau minimal diploma empat (D-IV) kependidikan maupun nonkependidikan. Selain itu calon juga harus memiliki pengalaman mengajar minimal 5 tahun sesuai dengan jenjang sekolah. Berikut ini persyaratan lain yang harus calon penuhi.

  • Saat pengangkatan menjadi kepala sekolah, usia minimalnya adalah 56 tahun
  • Pangkat yang calon miliki serendah-rendahnya III/c bagi PNS dan untuk non-PNS, harus menyertakan kepangkatan dari yayasan maupun lembaga berwenang keluarkan
  • Berstatus guru sesuai jenjang pendidikan
  • Memiliki sertifikat pengajar sesuai jenjang pendidikan
Baca Ini Juga  Gaji PT Bumi Suksesindo Dan Lowongan Terbaru

Jika ingin persiapan test lebih matang, para calon bisa mengerjakan contoh soal tes calon kepala sekolah bentuk studi kasus.

Contoh Soal Tes Calon Kepala Sekolah Bentuk Studi Kasus

Contoh soal yang berbentuk studi kasus tidak kalah penting dengan jenis tes lainnya karena tes studi kasus lebih menggiring opini calon untuk menyelesaikan sebuah kasus. Berikut ini contoh soal tes calon kepala sekolah bentuk studi kasus.

A. Ujian tengah semester untuk kelas 6 akan segera mulai ketika anda (sebagai kepala sekolah) melalui sebuah laporan bahwa tidak tersedia cukup soal Matematika untuk tes jam pertama. Sebutkan tindakan apa yang akan anda ambil dalam situasi ini. Jelaskan alasannya, dan sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan anda dalam situasi ini.

1) Respon “Sangat Memuaskan” menunjukkan respon yang masuk akal (memiliki dasar yang kuat), berdasarkan pemahaman jelas atas, dan penerapan aturan-aturan dan standar-standar terkait misalnya :

Meminta panitia untuk menganalisa dokumen penggandaan, jadwal, dan sisa soal cadangan. Kalau sesuai dokumen telah tergandakan sejumlah siswaberarti ada indikasi salah hitung atau salah taruh. Namun apabila ada penggandaan soal belum mencapai sejumlah siswa, sementara jadwal bisa ditukar dari jam pertama menjadi jam kedua, maka untuk mencukupi perlu digandakan dulu dan harus melalui uji kedua. Sedangkan bila harus diujikan jam pertama dan tidak empat menggandakan maka panitia meminta membuat soal yang dapat siswa lihat dengan chart atau lcd projector. Sehingga siswa tidak kehilangan kenyamanan dalam menyelesaikan menjawab tes.

Baca Ini Juga  Download GB Whatsapp Mod Versi Terbaru 2021 Fitur Lengkap

2) Respon “Memuaskan” menunjukkan respon yang cukup, didasarkan padapemahaman umum atas aturan-aturan dan standar-standar terkait. Misalnya: Memanggil panitia untuk mengevaluasi kerja penggandaan, pengepakan danmemeriksa soal cadangan untuk menyakinkan bahwa soal hanya salah hitung atausalah penempatan. Sementara kalau memang salah hitung dalam penggandaan. maka perlu menggunakan srategi satu soal untuk 2 siswa atau menukarkan pelaksanaan antara jam pertama dan kedua.

Contoh Soal Tes Calon Kepala Sekolah Bentuk Studi Kasus

3) Respon “Kurang Memuaskan” menunjukkan analisa dan penerapan aturan atau
standar yang lemah, cacat atau tidak tepat.

Misalnya: Menganjurkan untuk tetap melaksanakan dengan soal yang ada. Tidak perlu mengkcopy atau menggandakan ulang yang penting tepat waktu sesuai jadwal.

Selain memenuhi persyaratan untuk menjadi seorang kepala sekolah, ada juga kompetensi yang harus calon punya yaitu kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi serta sosial. Semoga dengan contoh soal tes calon kepala sekeolab berbentuk studi kasus ini dapat membantu para calon kepala sekolah.