surat izin tidak masuk kerja

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Diposting pada

surat izin tidak masuk kerja

HARGABELANJA.COM – Surat izin tidak masuk kerja perlu kalian buat apabila suatu saat ingin absen. Hampir setiap perusahaan menggunakan aturan ini bagi mereka yang tidak masuk kerja. Apabila tidak menggunakan surat, maka ada konsekuensi tersendiri. Hal itu menyesuaikan dari kebijakan masing-masing perusahaan terkait konsekuensi bagi yang tidak berangkat kerja.

Surat izin kerja berbeda dengan surat izin sekolah. Biasanya surat izin sekolah dapat kalian buat dengan syarat izin dari orang tua berupa tanda tangan dan nama terang. Untuk surat izin kerja menyesuaikan dengan keperluan yang kalian lakukan. Seperti halnya ketika sakit, maka surat yang harus kalian buat ada keterangan dari dokter yang menunjukan bahwa kalian benar-benar sakit.

Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Surat izin tidak masuk kerja adalah sebuah dokumen yang dibuat tulis tangan atau ketik yang di dalamnya berisikan keterangan izin tidak kerja. Terkait izin bisa berupa banyak hal seperti sakit, keperluan keluarga, dan lain sebagainya. Ada kebijakan dari perusahaan tersendiri terkait perizinan tidak berangkat kerja bagi mereka yang ingin mendapatkan izin.

Baca Ini Juga  Suka  Public Speaking? Inilah Pilihan Profesi Yang Cocok Untukmu

Banyak dari mereka yang alami kegiatan mendesak yang tidak bisa mereka tinggalkan. Hal tersebut bisa saja membuatnya terpaksa untuk tidak berangkat kerja. Kalian bisa mengajukan surat kepada HRD atau atasan. Dengan surat tersebut, pihak perusahaan tidak menganggap bolos namun sebagai bentuk profesionalitas selama kalian bekerja di sebuah perusahaan.

Format Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Dalam membuat surat izin tentu ada format di dalamnya yang harus kalian ketahui. Beberapa format yang harus kalian ketahui sebagai berikut:

  • Pembuka

Pembuka berisikan tentang  tanggal surat, perihal, kepada siapa surat tertuju, hingga salam pembuka.

  • Identitas Diri

Identitas berisikan tentang nama kalian, tempat tanggal lahir, alamat, hingga nomor hp. Pada bagian ini menyesuaikan dengan profil pembuat surat itu sendiri.

  • Isi Surat

Pada bagian ini berisikan alasan mengapa kalian tidak berangkat kerja, baik karena sakit, urusan keluarga, atau karena faktor lainnya.

  • Penutup

Bagian yang terakhir adalah penutup. Kalian bisa mencantumkan ucapan terima kasih dan berikan salam penutup. Sertakan nama terang beserta tanda tangan kalian di bagian paling bawah.

Baca Ini Juga  Daftar Layanan PayLater Terbaik Beserta Keunggulannya

Apabila kalian sudah memahami formatnya, maka tinggal menerapkannya saja. Cukup mudah untuk membuat surat izin tidak berangkat kerja.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

surat izin tidak masuk kerja

Supaya lebih mudah untuk membuat surat izin, sebaiknya kalian lihat contohnya sebagai berikut:

Purbalingga, 20 Agustus 2022

 

Kepada yang terhormat

Pimpinan ……

PT. ……

Bandung

 

Dengan hormat,

yang bertanda tangan di bawah ini:

 

Nama Lengkap : ……

Alamat : ……

Jabatan : ……

Divisi : ……

 

Memohon izin untuk tidak bisa masuk kerja pada tanggal 10 Agustus 2020 dikarenakan kondisi kesehatan yang kurang baik. Saya memohon kepada Bapak/Ibu untuk berkenan memberikan izin tidak masuk kerja pada hari ini.

Apabila esok hari kondisi kesehatan saya belum juga membaik, saya akan melampirkan surat keterangan hasil pemeriksaan dokter dan akan saya sampaikan ketika mulai masuk kembali ke kantor.

Demikian surat permohonan izin tidak masuk kerja ini saya sampaikan, atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

(…….)

Baca Ini Juga  Download Whatsapp Sniffer Apk iOs Iphone Terbaru

Dengan melihat contoh surat izin tidak masuk kerja tersebut, kalian bisa membuatnya dengan mudah. Untuk isinya bisa kalian buat seperti di atas, sementara untuk identitas diri dan nama perusahaan bisa kalian isi sesuai dengan perusahaan yang kalian tempati. Dengan begitu, kalian bisa mendapatkan izin tidak berangkat kerja dari pihak perusahaan.