surat resign kerja

Contoh Surat Resign Kerja

Diposting pada

surat resign kerja

HARGABELANJA.COM – Bagi yang belum bisa membuat surat resign kerja perlu melihat contoh terlebih dahulu. Selain itu, kalian juga harus memahami struktur formatnya agar surat tersebut layak sesuai dengan aturan perusahaan. Dalam membuat surat memiliki format yang berbeda-beda menyesuaikan dengan tujuan kalian membuat surat.

Ada beberapa alasan yang membuat orang-orang berhenti bekerja, baik karena mendapatkan pekerjaan baru yang lebih baik atau karena faktor lainnya. Setiap orang memiliki alasan tersendiri saat memutuskan untuk keluar dari pekerjaan yang mereka lakukan. Namun untuk keluar kerja juga membutuhkan izin agar kalian mendapatkan cap baik dari perusahaan. Jangan seenaknya saja keluar tanpa izin terlebih dahulu kepada pihak perusahaan yang kalian kerjakan.

Surat Resign Kerja

Surat resign kerja adalah dokumen atau tulisan yang di dalamnya berisikan tentang izin untuk keluar dari pekerjaan. Tujuan surat ini dibuat untuk pihak perusahaan agar keluar sesuai dengan aturan. Sehingga tidak menimbulkan kendala saat kalian suatu saat mendaftar di perusahaan lainnya. Bagi mereka yang keluar tanpa melakukan izin akan mendapatkan cap buruk dari pihak perusahaan.

Baca Ini Juga  Inilah 4 Harga Sembako 2022 yang Naik Saat Ramadhan!

Untuk mengundurkan diri dari perusahaan juga memerlukan etika yang baik. Kalian bisa mengungkapkan alasan mengenai pengunduran kerja di perusahaan tersebut. Seperti halnya mendapatkan tawaran kerja yang lebih baik, mendapatkan pekerjaan yang sesuai passion, atau karena faktor lainnya. Pastikan kalian memberikan informasi yang benar kepada pihak perusahaan. Dengan begitu, pengunduran diri yang kalian lakukan kepada perusahaan akan mendapatkan izin yang leluasa.

Contoh Surat Resign Kerja

Sebelum membuatnya, kalian bisa melihat contohnya terlebih dahulu sebagai referensi berikut:

surat resign kerja

Purbalingga, 20 Mei 2022

Kepada
Yth. Pimpinan
PT. XXXXX
Jakarta

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: …….
Alamat: …………
Jabatan: ………
Nomor ID: ……….

Dengan adanya surat ini, saya bertujuan untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan di perusahaan Bapak/Ibu terhitung pada tanggal _ /_ /_ karena kontrak yang sudah berakhir.

Sebelumnya saya mengucapkan banyak rasa terima kasih sebesar-besarnya karena Bapak/Ibu sudah memberikan kesempatan bagi saya untuk belajar dan bekerja dengan profesional. Saya juga mengucapkan terima kasih atas bimbingan yang selama ini telah diberikan baik secara tidak langsung ataupun secara langsung. Tidak lupa, saya juga ingin mengucapkan rasa terima kasih pada rekan-rekan kerja yang sudah berjuang bersama dalam mencapai target perusahaan.

Baca Ini Juga  Rekomendasi Harga Kapal Selam untuk Indonesia

Saya memohon maaf sebesar-besarnya karena tidak lagi menjadi bagian dalam perusahaan Bapak/Ibu. Saya juga mohon maaf bila selama ini saya melakukan kesalahan secara sengaja atau tidak sengaja. Semoga perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dapat semakin berkembang lagi.

Demikian surat pengunduran diri kerja ini saya buat dengan penuh kesadaran serta atas keinginan sendiri dan tanpa ada paksaan dari siapa pun.

Hormat saya,

(…………………)

Membuat Surat Resign Kerja yang Baik

Dalam membuat surat pengunduran diri, ada beberapa format yang perlu kalian pahami di antaranya:

  • Tempat dan tanggal lengkap surat yang kalian serahkan
  • Pihak dituju, bisa atasan atau HRD
  • Salam pembuka
  • Nama perusahaan beserta alamatnya
  • Identitas diri kalian seperti nama, tempat tanggal lahir, jabatan, dan lain sebagainya
  • Alasan pengunduran diri kerja
  • Tanggal pengajuan pengunduran diri
  • Ucapan terima kasih selama kalian bekerja dan permohonan maaf
  • Penutup
  • Nama dan tanda tangan

Dengan melihat format tersebut, kalian bisa menerapkannya langsung pada surat resign kerja yang akan kalian buat. Pastikan kalian membuatnya sebenar mungkin dengan alasan yang jelas supaya mendapatkan izin dengan lancar dari pihak perusahaan.

Baca Ini Juga  Apa Saja Kemampuan Yang Wajib Data Scientist Miliki ?