Fakta unik Indonesia.| Unsplash.com
Fakta unik Indonesia.| Unsplash.com

Fakta Unik Indonesia, Mana Yang Belum Kamu Ketahui?

Diposting pada
Fakta unik Indonesia.| Unsplash.com
Fakta unik Indonesia.| Unsplash.com

Fakta unik Indonesia memang menarik untuk diketahui. Selain itu, negara ini merupakan negara kepulauan dan memiliki keanekaragaman budaya karena Indonesia terdiri dari berbagai suku serta pendatang. Indonesia pun memiliki kekayaan alam yang melimpah, bahkan hutan Indonesia disebut-sebut sebagai paru-paru dunia.   Tentu ini merupakan hal yang mengagumkan bukan?

Fakta Unik Indonesia

Kekayaan alam yang dimiliki kerap kali menampilkan pemandangan yang indah sehingga memanjakan mata, bukan? Ditambah ternyata Indonesia pun menyimpan fakta-fakta unik yang mungkin belum diketahui oleh sebagian orang. Tentu saja hal itu menarik untuk dibahas. Lantas apa saja, fakta unik yang dimiliki oleh Negara Indonesia? Berikut pembahasannya.

1.    Masuk Dalam Tambang Emas Terbesar Di Dunia

Tambang emas terbesar yang dimiliki indonesia adalah sebanyak lima tambang emas. Lokasi tambang ini  pertama  di Grasberg, papua. Tambang ini dapat dikatakan sebagai tambang emas terbesar di Indonesia bahkan di dunia. Cadangan emas yang dimiliki oleh tambang ini sangatlah banyak.

Tambang emas ini pun, lebih dikenal sebagai tambang emas freeport karena dikelola oleh perusahaan tersebut. Selain itu, para pekerja yang bekerja di tambang ini harus menaiki kereta gantung terlebih dahulu untuk sampai ke tempat kerja atau tambang  Grasberg. Hal ini dikarenakan Grasberg berada di ketinggian 4.285 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Baca Ini Juga  Mengapa Seseorang Takut Menikah? Ketahui Yuk Alasannya!

Kedua tambang emas berlokasi di Nusa Tenggara Barat, tepatnya  Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu.  Penemuan ini ditemukan oleh PT Sumbawa Timur Mining (STM). Hal ini karena sejak tahun 2010, PT ini  telah melakukan eksplorasi di wilayah kontrak karya. Dari eksplorasi ini ditemukan bijih tembaga emas.

Ketiga, tambang emas yang berlokasi di Banyuwangi. Tambang ini dikenal juga sebagai Tumpang Pintu. Selain itu, tambang ini dikelola oleh PT Bumi Suksesindo. Keempat, tambang emas di Sumatera Utara. Tambang ini diperkiraan memproduksi hingga 300 ribu- 350 ribu ons per tahunnya dan dikelola oleh PT. United Tractors.

Kelima, tambang emas yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat dan dikelola oleh PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM). Perusahaan ini merupakan milik negara atau bagian dalam BUMN. Operasi di tambang ini dilakukan secara tertutup atau di bawah tanah dan diperkirakan tambang ini dapat produksi emas 1,5-2 ton per tahunnya.

2.    Cincin Api Dunia

Indonesia memiliki banyak gunung berapi, tepatnya 400 dan 130 lainnya merupakan gunung berapi yang aktif. Gunung berapi ini ada yang di dasar laut dan ada yang di permukaan.  Selain itu, indonesia pun dikenal sebagai Ring of fire atau rangkaian pertemuan dua gunung berapi.

Baca Ini Juga  Mengapa Tidak Bisa Unduh Video di Telegram

Pada zona ini banyak aktivitas vulkanik. Selain itu, gunung yang ada di Indonesia ini didominasi terbentuk akibat zona subduksi antara lempeng Eurasia dan lempeng Indo-Australia. Keberadaan dari gunung api ini tentunya berpengaruh terhadap adanya gempa.

Meskipun demikian, keberadaan gunung berapi ini, memiliki beberapa manfaat, salah satunya adalah  apabila meletus daerah yang terkena abu vulkanik akan subur. Ini disebabkan karena abu vulkanik ini mengandung unsur hara yang bermanfaat bagi tanaman. Tentu ini akan membuat tanaman yang di tanam di daerah tersebut menjadi tumbuh dengan baik.

3.      Kopi Termahal

Kopi menjadi bahan minuman yang tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia. Selain menjadi minuman, kopi pun sering dijadikan bahan membuat kue maupun permen. Kopi yang ada di indonesia beragam jenisnya, ada robusta Temanggung, luwak,  Arabika Toraja, dan lain sebagainya.

Selain itu, kopi luwak memiliki harga tertinggi dibandingkan dengan yang lainnya..  ini tidak hanya mahal, tetapi juga disebut sebagai kopi terenak di dunia.  Kopi luwak berasal dari kotoran luwak. Pada prosesnya luwak akan memakan biji kopi lalu mencernanya lantas menjadi kotoran. Meskipun sedikit menjijikan. Namun, sebelum dipasarkan tentunya kopi ini melalui berbagai proses yang sudah teruji. Sehingga, aman untuk dikonsumsi.

Baca Ini Juga  Download TikTok Apk Mod Terbaru No Watermark

Fakta-fakta unik dari Indonesia, baik dari tambang emas yang masuk ke dalam kategori terbesar di dunia, cincin api dunia, dan kopi termahal,  hal ini membuat kita bangga, bukan? Karena kita tinggal di negara ini. Setelah membacanya, kira-kira dari ketiga fakta ini mana yang belum kamu ketahui?