umber daya alam China
umber daya alam China.|Unsplash.com

Informasi Lengkap Tentang Sumber Daya Alam China

Diposting pada
umber daya alam China
umber daya alam China.|Unsplash.com

Sumber daya alam menjadi salah satu pondasi bagi keberlangsungan hidup masyarakat di suatu negara. Itulah mengapa semua negara memiliki dan cenderung mempertahankan sumber daya alamnya masing-masing. Salah satunya adalah negara China. Sumber daya alam China pun menjadi salah satu pondasi kehidupan bagi negara itu sendiri.

Sama halnya seperti di Indonesia, di negara Tirai Bambu ini pun sumber daya alam datang dari berbagai sektor. Namun, diketahui bahwa sumber daya alam di  negara ini mayoritas datang dari sektor pertambangan. Khususnya untuk pertambangan batu bara dan minyak bumi. Walau begitu, sumber daya alam dari Tirai Bambu ini datang juga dari sektor lainnya seperti pertanian dan peternakan

Sumber Daya Alam China

Diketahui bahwa negara ini merupakan salah satu negara dengan sumber daya alam terkaya. Hal tersebut dikarenakan sumber daya manusia atau SDM di China memang benar-benar mendukung sumber daya alamnya. Sehingga produksi SDA di China pun semakin tumbuh dan berkembang. Inilah beberapa hal yang perlu diketahui dari SDA di negara China!

Baca Ini Juga  Apa Saja Tips Memilih WO untuk Resepsi Pernikahan?

1.      Termasuk Dalam 5 Negara Penghasil SDA Terbanyak

Menurut World Atlas dari Investopedia, negara China merupakan salah satu negara dengan kekayaan alam terbanyak di seluruh dunia. Hal tersebut dibuktikan pula dengan penghasilan negara dari sumber daya alam sebesar 23 triliun dolar Amerika Serikat. Tentunya angka tersebut merupakan jumlah yang cukup besar untuk negara.

Hal tersebut tidak terlepas pula dari sumber daya manusia atau SDM di China yang memang berkualitas. Karena tanpa adanya SDM, maka sumber daya alam pun sulit untuk berkembang dengan pesat. Penghasilan 23 triliun tersebut didapatkan dari berbagai sektor SDA. Sektor yang menyumbang penghasilan terbanyak merupakan sektor pertambangan.

2.      Potensi Sumber Daya Alam China di Bidang Pertambangan

Seperti yang telah disebutkan, sumber daya alam China mayoritas datang dari pertambangan. Sehingga dapat dikatakan bahwa sektor pertambangan memiliki potensi yang paling besar bagi keberlangsungan hidup masyarakat di China. Karena dalam 23 triliun penghasilan yang didapatkan dari sumber daya alam, ternyata 90 persennya didapatkan dari sektor pertambangan.

Baca Ini Juga  Contoh Soal Vlookup Terbaru

Atau lebih tepatnya pertambangan batu bara serta logam tanah langka. Selain itu, pertambangan pun menghasilkan produksi lainnya yang berkontribusi banyak pula untuk penghasilan negara. Diantaranya adalah grafit, emas, fosfat, timbal, seng, tungsten, vanadium, dan sebagainya. China merupakan produsen dari perak dan tembaga terbesar di dunia.

3.      Potensi Sumber Daya Alam di Bidang Pertanian

Selain pertambangan, negara ini pun memiliki sumber daya alam di bidang pertanian. Karena diketahui bahwa China merupakan salah satu pemasok beras terbesar dan paling utama di negara bagian selatan. Bidang pertanian di China mengalami musim panen sekitar 2 kali dalam satu tahun. Sehingga tidak heran apabila China menjadi pemasok yang utama untuk pertanian.

Sektor pertanian di China pun memproduksi cukup banyak hasil yang digunakan untuk keberlangsungan hidup masyarakatnya. Diantaranya adalah gandum, jagung, dan kedelai. Karena ketiga tanaman tersebut memang tumbuh subur di beberapa tempat di wilayah China.

4.      Bidang Peternakan

Sektor terakhir adalah bidang peternakan. Di bidang peternakan, China menjadi negara pemasok ayam dan babi ke negara lainnya. Karena ternyata peternakan ayam dan babi pun berlangsung cukup produktif di negara China.

Baca Ini Juga  Aplikasi Investasi Emas yang Recommended Untuk Pemula

Sumber daya alam China memang begitu kaya, terlebih dalam bidang pertambangan. Karena China merupakan salah satu negara pemasok batu bara terbesar di dunia. Semua sumber daya ini dari berbagai sektor di China memberikan penghasilan yang besar