Cara mencuci baju dengan tangan.|Unsplash.com

Inilah 5 Cara Mencuci Baju Dengan Tangan

Diposting pada

Cara mencuci baju dengan tangan cukup penting untuk kamu ketahui ketika memuutuskan untuk menetap sendiri seperti kuliah. Umumnya, untuk mencuci baju dengan tangan tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Layaknya mencuci menggunakan mesin cuci, kamu hanya membutuhkan sabun detergen dan air bersih untuk mencuci dengan tangan.

Namun, jika ingin mencuci lebih bersih kamu bisa menggukanan sikat khusus mencuci, tetapi untuk pakaian dengan kain yang lembut sebaiknya kamu tidak menngunakan sikat tersebut karena akan merusak pakaian. Di bawah ini merupakan iformasi terkait cara mencuci pakaian dengan tangan yang tepat agar tidak merusak pakaian.

Beberapa Cara Mencuci Baju Dengan Tangan

Mencuci baju dengan tangan umumnya akan memberikan hasil yang lebih bersih jika dibandingkan dengan mencuci menggunakan mesin cuci. Hal tersebut dikarenakan dengan mencuci pakaian menggunakan tangan. Maka kotoran yang menempel dapat dibersihkan secara langsung. Berikut merupakan beberapa cara mencuci baju dengan tangan.

1.    Mengecek Label Pakaian Terlebih Dahulu

Sebelum mulai mencuci baju, sebaiknya kamu mengecek label yang menempel di baju terlebih dahulu. Dalam label tersebut biasanya terdapat aturan mencuci yang baik. Misalnya, dalam beberapa baju tidak boleh menggunakan pemutih, tidak boleh menggunakan mesin cuci, dan tidak boleh dikeringkan.

Baca Ini Juga  Cara Daftar PayLater Tokopedia

Dengan mengecek label terlebih dahulu, maka kamu bisa menentukan metode mencuci yang tepat. Untuk baju yang tidak bisa dicuci menggunakan mesin cuci, maka kamu harus mencuci baju tersebut menggunakan tangan.

2.    Cara Mencuci Baju Dengan Memilah Pakaian

Cara berikutnya ketika hendak mencuci baju menggunakan tangan yaitu, lakukan pemilahan pakaian. Hal tersebut penting untuk dilakukan karena ada beberapa jenis pakaian yang luntur. Misalnya, kamu bisa menggabungkan untuk mencuci pakaian yang hitam dan dongker secara bersamaan.

Hal tersebut dikarenakan warna hitam dan dongker memiliki tone gelap. Sehingga, meskipun salah satu pakaian tersebut luntur, tidak akan mengubah wana baju. Pemilahan baju tersebut dilakukan guna menjaga baju kamu tetap terlihat bersih khususnya untuk pakaian yang berbwarna putih.

3.    Rendam Pakaian Dengan Detergen Dan Air Dingin

Selanjutnya, sebelum mencuci, rendam baju tersebut di larutan detergen terlebih dahulu. Suhu air yang normal cenderung dingin sangat aman untuk semua jenis kain. Selain itu, jangan lupa untuk memilih detergen yang tepat dan cocok agar baju kamu tetap terlihat bersih. Kamu bisa memilih detergen yang mengandung bahan kimia ramah lingkungan.

Baca Ini Juga  Aplikasi Perekam Layar Android Terbaik, Sangat Rekomended

4.    Gosok Atau Kucek Baju Secara Perlahan

Stelah baju direndam selama beberapa menit, selanjutnya kamu bisa mulai menggosok atau mengucek bajumu. Untuk baju dengan kain yang tipis pastikan untuk mencucinya dengan lembut agar tidak merusak kain tersebut. Sedangkan, untuk jenis kain baju yang tebal kamu bisa menggukan bantuan sikat cuci.

5.    Pastikan Untuk Tidak Menjemur Pakaian Di Bawah Sinar Matahari Langsung

Setelah baju selesai dicuci, selanjutnya kamu harus menjemur baju tersebut. Pastikan untuk menjemur baju tersebut di tempat yang tidak langsung terkena sinar matahari. Mencuci baju tepat di bawah sinar matahari akan merusak warna dan kain dari baju tersebut. Sehingga, sebaiknya ketika hendak menjemur baju sebaiknya cukup diangin-anginkan saja.

Cara mencuci baju dengan tangan cukup mudah dilakukan. Selain itu, mencuci pakaian dengan tangan juga cenderung akan membuat pakaian jauh lebih bersih jika dibandingkan dengan menggunakan bantuan mesin cuci.