Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami.| Unsplash.com
Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami.| Unsplash.com

Inilah 6 Tips Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami

Diposting pada
Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami.| Unsplash.com
Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami.| Unsplash.com

Tips mengobati radang secara alami cukup penting diketahui, pasalnya radang tenggorokan cukup mengganggu banyak aktifitas sehari-hari. Dalam dunia medis sendiri, radang tenggorokan bukanlah suatu penyakit serius yang perlu dikhawatirkan, karena radang tenggorokan bisa pulih dengan sendirinya jika kamu memperbanyak istirahat.

Namun, meskipun bukan penyakit serius radang tenggorokan dapat menjadi sesuatu yang sangat mengganggu dan menyiksa, terlebih untuk kamu yang mengharuskan banyak bicara ketika bekerja. Kondisi radang tenggorokan dapat membuat kamu sulit makan, minum, hingga terasa sakit ketika berbicara.

Beberapa Tips Mengobati Radang Secara Alami

Ciri-ciri terkena radang tenggorokan diantaranya; suara jadi serak, sulit menelan, sensasi kering di tenggorokan, dan tenggorokan terasa menjanggal serta nyeri. Jika kamu mengalami gejala-gejala tersebut besar kemungkinan kamu terkena radang tenggorokan. Berikut merupakan tips mengobati radang secara alami.

1.    Mengobati Radang Tenggorakan Secara Alami Dengan Berkumur Air  Garam

Tips pertama untuk menyembuhkan radang tenggorokan yakni dengan berkumur menggunakan air garam. Air garam mampu mengikat air dan mengeluarkan dahak yang mengganjal. Cara penggunaannya juga sangat mudah, kamu hanya perlu mencampurkan satu sendok teh garam dengan segelas air hangat, lalu berkumur sebanyak 2-3 kali sehari.

Baca Ini Juga  Harga Es Krim Magnum Terbaru

2.    Mengkonsumsi Madu

Tips alami yang bisa kamu lakukan berikutnya yakni dengan mengkonsumsi madu. Kamu bisa mengkonsumsi madu tersebut secara langsung atau bisa juga ditambahkan sebagai campuran minuman hangat seperti teh. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam madu dapat berkhasiat untuk kesehatan tubuh dan dapat meredakan nyeri ketika radang tenggorokan.

3.    Minum Teh Lemon Untuk Mengobati Radang Tenggorokan

Berikutnya, ada minuman teh lemon hangat yang kaya akan berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh seperti zat besi, vitamin c, fosfor, folat, dan vitamin a. kandungan vitamin C yang tinggi pada buah lemon tersebutlah yang paling efektif untuk meredakan radang tenggorokan. Selain itu dengan mengkonsumsi teh lemon juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

4.    Berkumur Dengan Air Kunyit

Selain untuk mengobati penyakit maag, kunyit juga memiliki khasiat untuk meredakan sakit radang tenggorokan. Penting untuk diperhatikan agar tidak menggunakan kunyit secara berlebihan untuk obat, karena dapat menimbulkan berbagai efek samping seperti iritasi pencernaan, ruam kulit, hingga batu ginjal.

Baca Ini Juga  Informasi Lengkap Tentang Sumber Daya Alam China

Untuk pengobatan radang tenggorokan, kamu bisa mencampurkan ½ sendok kunyit bubuk dengan  ½ sendok garam yang dilarutkan kedalam air hangat. Selanjutnya, kumur-kumur selama 30 detik. Lakukan cara ini beberapa kali sehari hingga kondisi membaik.

5.    Berkumur Dengan Cuka Apel

Radang tenggorokan bisa menyebabkan penderitanya mengalami batuk hebat. Jika kamu mengalami kondisi tersebut, kamu bisa mengatasinya dengan berkumur menggunakan cuka apel yang terkenal akan sifat anti bakterinya dan dapat meluruhkan lendir di tenggorokan. Kamu cukup melarutkan 2 sendok teh cuka apel dengan segelas air untuk berkumur.

6.    Mengkonsumsi Makanan Lembut

Selain melakukan beberapa tips pengobatan di atas, untuk mempercepat penyembuhan radang tenggorokan sebaiknya kamu mengkonsumsi makanan yang lembut. Makanan dengan tekstur lembut dapat mengurangi iritasi akibat infeksi yang dialami tenggorokan. Contoh makanan lembut tersebut seperti bubur atau sup.

Beberapa tips mengobati radang secara alami di atas bisa kamu ikuti ketika terkena radang tenggorokan. Selain itu, ketika terkena radang tenggorokan sebaiknya kamu menghindari makanan berminyak dan pedas. Selain itu, penting juga untuk banyak minum air putih dan istirahat yang cukup agar pemulihan lebih cepat.

Baca Ini Juga  Kode Promo Webtoon Bulan Ini