Alasan untuk tidak iri hati.|Unsplash.com
Alasan untuk tidak iri hati.|Unsplash.com

Inilah Alasan Untuk Tidak Iri Hati!

Diposting pada

Alasan untuk tidak iri hati ini akan memperkuat bahwa hal tersebut tidak ada gunanya. Meskipun umumnya memang wajar, ketika rasa iri tersebut selintas menghampiri. Namun, sangat berbahaya ketika hal tersebut terus-menerus terjadi dan  kamu merespon perasaan tersebut. Selain itu, setiap orang pasti telah berjuang sehingga sampai pada tersebut.

Alasan Untuk Tidak Iri Hati

Alasan untuk tidak iri hati.|Unsplash.com
Alasan untuk tidak iri hati.|Unsplash.com

Iri hati merupakan sebuah perasaan tidak suka terhadap keberhasilan atau keinginan untuk memiliki sesuatu yang  tidak dimilikinya. Perasaan inferior ini muncul karena berbagai faktor, salah satunya kurangnya mengenal diri sendiri, kejadian di masa lampau, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya yuk simak ulasan berikut ini!

1.    Merasa Tidak Tenang

Ketika kamu mulai merespon perasaan ini dan tidak ingin berubah maka kehidupan yang dijalankan pun tidak akan tenang. Hal tersebut dikarenakan tingginya keinginan untuk memiliki sesuatu yang orang lain miliki dengan menghalalkan segala cara.

Tentunya, hal tersebut tidak baik dan akan bertentangan dengan hati Nurani. Selain itu, aka nada perasaan was-was karena ketakutan segala tindakan yang telah dilakukan tersebut diketahui oleh orang lain. Pasalnya di satu sisi orang seperti ini pun, tidak ingin dibenci oleh orang lain. Terutama orang yang dianggapnya penting.

Baca Ini Juga  Soal MTK Kelas 4 SD dan Jawabannya

2.    Meningkatnya Prasangka Buruk

Iri hati pun terkadang dapat menggelapkan mata hati. Sehingga meskipun orang yang bersangkutan bersikap baik kepada hal tersebut di salah artikan oleh dirimu. Sehingga, kamu semakin membencinya. Bahkan tidak jarang, kamu secara tidak langsung membandingkan diri dengan dirinya.

Sehingga, jika kamu memiliki kesempatan dan memiliki apa yang ia miliki, maka kamu pun akan hidup seperti itu. Tentu hal tersebut, membuat kamu akan lelah dan terus memupuk kebohongan dalam diri. Selain itu, berprasangka buruk pun akhirnya membuat kamu tidak akan objektif memandang atau menilai orang tersebut.

3.    Merasa Diri Tidak Berharga

Iri hati pun dapat meningkatkan perasaan inferior dalam diri. Sehingga, merasa diri tidak berharga, tidak layak, dan tidak memiliki apa-apa. Bahkan sering kali, merasakan ketidakadilan dalam kehidupan kamu. Tentu perasaan ini hanya akan membuat kamu lebih hanyut dan tidak menyadari keberhargaan diri sendiri.

Padahal bagaimanapun dirimu, kamu tetap berharga. Selain itu, orang lain kemungkinan tidak menyadari hal tersebut. Akan tetapi, kamu perlu menyadari bahwa kamu adalah orang yang berharga. Sehingga kamu tidak menyia-nyiakan hidup atau kesempatan untuk bertumbuh dengan lebih baik.

Baca Ini Juga  Harga BTS Meal MCDONALD

4.    Tidak Akan Fokus Fokus Pada Tujuan

Ketika diri merasa inferior karena perasaan iri, maka kamu pun tidak akan fokus kepada dirimu. Dengan begitu, kamu tidak akan menyadari kelebihan maupun kekurangan yang kamu miliki. Bahkan, bisa jadi tujuan hidup pun tidak dimiliki karena terlalu berfokus pada kehidupan orang lain.

Jika hal tersebut terus berlanjut, maka pada akhirnya kamu tetap tidak akan pernah merasa puas dan bersyukur atas apa yang kamu miliki. Sebesar dan sebanyak apapun sesuatu yang menjadi milikmu nantinya.

5.    Merusak Hubungan

Seperti yang diketahui bahwa tidak ada yang mengetahui dengan rinci atau pasti apa yang dirasakan atau dipikirkan oleh orang lain pada dirimu, bukan? Nah, bisa jadi orang yang selama ini berhasil membuatmu iri adalah orang paling tulus menyayangi dan berteman denganmu.

Sehingga lambat laut jika kamu tidak berubah bahkan sampai menyakitinya berkali-kali, ia pun tidak akan merasa nyaman dan akhirnya pergi dalam hidupmu.

Alasan untuk tidak iri hati lainnya adalah dapat menjadikanmu sebagai orang yang tamak. Pasalnya, hal tersebut membuat kamu akan melakukan hal yang sama pada orang yang berbeda nantinya. Maka, yuk mulai stop hal tersebut dan mulai mengenal diri lebih mendalam.

Baca Ini Juga  Persyaratan CPNS Wajib Untuk Anda Siapkan