Makanan ciri khas daerah di Indonesia.| Unsplash.com
Makanan ciri khas daerah di Indonesia.| Unsplash.com

Inilah Beberapa Makanan Ciri Khas Daerah di Indonesia

Diposting pada

Makanan ciri khas daerah di Indonesia memiliki cita rasa yang khas. Dikombinasikan dengan beragam rempah – rempah yang menjadikan kuliner Indonesia begitu otentik. Berbeda dari makanan modern kekinian, kebanyakan jenis makanan ini merupakan makanan cepat saji. Terlebih banyak makanan tersebut hanya sekedar trend semata.

Kuliner Indonesia, sangatlah legendaris. Terkadang diolah dengan resep yang turun temurun. Sehingga cita rasanya dan keberadaannya masih dapat kita jumpai sampai sekarang. Untuk membuatnya pun cukup sederhana dan bahan yang digunakan mudah didapatkan. Sehingga ketika kamu ingin mencobanya kamu dapat dengan mudah untuk membuatnya sendiri.

Makanan Ciri Khas Daerah Di Indonesia

Makanan ciri khas daerah di Indonesia.| Unsplash.com
Makanan ciri khas daerah di Indonesia.| Unsplash.com

Indonesia kaya akan berbagai kuliner yang otentik. Dimana setiap daerah  memiliki makanan khasnya tersendiri dan mudah dikenali. Banyak pilihan makanan khas daerah yang  bisa kamu temui. Jika kamu seorang pecinta kuliner, beberapa makan ciri khas daerah di Indonesia ini patut kamu coba.

1.      Makanan Khas Daerah Sumatera

Pulau Sumatera dikenal sebagai daerah yang memiliki kekayaan suku dan budaya. Dimana keragaman tersebut disertai dengan  keunikan dari makanan khas di setiap provinsi di Pulau Sumatera. Salah satu makanan khas dari Sumatera bahkan mendunia, yaitu rendang. Merupakan masakan asal Sumatera Barat yang namanya ada dalam kamus oxford.

Baca Ini Juga  Apa Saja Profesi Untuk Yang Suka Masak?

Selain rendang, masih banyak beberapa makanan khas daerah yang lainnya dari setiap provinsi. Makanan tersebut diantaranya yaitu mie Aceh yang berasal dari Aceh, bika ambon berasal dari Sumatera Utara, dan otak – otak dari kepulauan Riau. Makanan tersebut sangat familiar, bahkan kamu bisa menemukannya di pasar tradisional.

2.      Makanan Khas Daerah Kalimantan

Kalimantan memiliki ragam kuliner yang dapat ditemukan di berbagai wilayah di Kalimantan. Setiap daerah di Kalimantan memiliki makanan khas yang patut kamu cicipi kelezatannya. Beberapa makan khas Kalimantan diantaranya ketupat kandang yang berasal dari kalimantan Selatan, dan soto banjar makanan khas suku Banjar.

Selain soto banjar, makanan khas suku Banjar lainnya yaitu bingka barandam dan amparan tatak. Makanan khas Kalimantan lainnya yaitu Lawa dari Kalimantan Utara, sate payau dari Kalimantan Timur, serta  Lek tau Suan yang berasal dari Kalimantan Barat.

3.      Makanan Khas Daerah Pulau Jawa

Salah satu makanan ciri khas daerah di Indonesia yang paling terkenal di Nusantara adalah makanan dari daerah pulau Jawa. Makan khas Jawa sangat familiar di lidah masyarakat Indonesia. Selain itu kuliner khas Jawa juga beragam, umumnya nama makanan tersebut menggunakan nama daerah asal seperti soto lamongan, soto kudus dan pecel madiun.

Baca Ini Juga  Gaji Karyawan Alfamart dan Jabatannya

Beberapa kuliner lainnya yang berasal dari jawa yaitu tempe mendoan yang terkenal di Banyumas Purwokerto. Selain itu juga terdapat pecel lele, kuliner satu ini bisa kamu temukan di seluruh daerah Jawa. Hal tersebut karena makanan ini memiliki cita rasa yang cocok di lidah masyarakat di daerah Jawa selain itu harganya relatif terjangkau.

4.      Makanan khas Sulawesi

Mungkin kamu pernah mendengar makanan es pisang ijo, makanan ini merupakan kuliner khas Sulawesi Selatan. Makanan ini cukup familiar di beberapa daerah di Nusantara. Selain es pisang ijo, sulawesi Selatan juga memiliki makanan yang cukup terkenal lainnya yaitu coto makassar dan sop konro.

5.      Makanan khas Papua

Papua sebagai wilayah Indonesia bagian Timur dengan budaya yang masih lekat memiliki kuliner khas yang populer. Salah satu kuliner khas papua yang terkenal yaitu papeda, sarang semut, sagu dan ikan bakar manokwari