Tips memilih botol minum.| Unsplash.com
Tips memilih botol minum.| Unsplash.com

Inilah Beberapa Tips Memilih Botol Minum

Diposting pada

Tips memilih botol minum plastic penting untuk diketahui oleh semua orang. Hal tersebut dikarenakan saat ini banyak yang memilih botol plastic dalam upaya menghemat uang dan meminimalisir sampah botol minuman sekali pakai. Botol sekali pakai bekas minuman kemasan  sangat banyak menyumbang sampah plastic dan mencemari lingkungan.

Sehingga, membawa botol minuman sendiri yang bisa digunakan berulang merupakan suatu upaya kecil yang bisa memberikan dampak besar bagi lingkungan. Namun, dalam memilih botol plastic terdapat berbagai hal yang perlu diperhatikan dan tidak boleh asal. Hal tersebut karena akan berpengaruh kepada kesehatan dan keamanan bagi tubuh.

Tips Memilih Botol Minum yang Paling Aman dan Sehat

Tips memilih botol minum.| Unsplash.com
Tips memilih botol minum.| Unsplash.com

Tidak semua botol yang dijual dipasaran aman untuk digunakan. Ada beberapa jenis botol yang malah akan memberikan resiko ancaman kesehatan karena mengandung berbagai bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. Berikut ini merupakan beberapa tips memilih botol minum yang aman dan sehat untuk tubuh yang bisa kamu ikuti dengan mudah.

Baca Ini Juga  Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth Dengan Mudah dan Berhasil

1.    Perhatikan Tanda Di Botol Minum Plastic

Botol bahan plastic tidak semuanya berbahaya, ada beberapa jenis botol yang aman digunakan berkali-kali sebagai wadah minuman yang ramah lingkungan. Cara paling sederhana untuk mengecek apakah botol plastik aman atau tidak yaitu dengan melihat tanda segitiga dengan angka di bagian dalamnya yang tertera di bagian bawah botol.

Jika dalam logo segitiga tertulis angka 1, maka botol tersebut hanya bisa digunakan sekali. Jika angka yang tertera adalah 2 atau 4, maka botol tersebut aman digunakan sebanyak dua hingga tiga kali. Adapun, yang paling aman digunakan berulang yaitu, botol dengan angka 5. Di bawah tanda logo segitiga tersebut juga menjelaskan terkait jenis plastic yang digunakan.

2.    Perhatikan Bahan Yang Digunakannya

Pada umumnya bahan yang digunakan untuk membuat botol adalah polikarbonat, polyester, polietilena, polipropilena, aluminium, besi (stainless steel), dan kaca. Beragam bahan tersebut aman digunakan untuk botol minuman digunakan berulang kali dan memiliki keunggulannya masing-masing.

Jika kamu ingin menggunakan botol minum yang bisa bertahan paling lama, maka pilih botol dengan bahan stainless steel dan aluminium. Botol minum dengan bahan tersebut sangat kuat dan bisa digunakan untuk minuman panas atau dingin.

Baca Ini Juga  Cara Cek Angsuran Mandiri Utama Finance

3.    Pilih Botol Dengan Label BPA-Free

Jika kamu memilih botol plastic untuk tempat minum, pastikan juga botol tersebut telah bersertifikasi BPA-Free. Sertifikasi tersebut menunjukan bahwa botol yang kamu pilih telah bebas dari kandungan Bisphenol A (BPA) atau merupakan suatu bahan kimia yang banyak digunakan untuk pembuatan kemasan makanan dan minuman sekali pakai.

4.    Pilih Botol Dengan Lingkaran Leher Lebar

Terakhir, sebisa mungkin pilihlah botol dengan lingkar leher yang lebar. Hal tersebut dikarenakan botol dengan lingkar leher tinggi lebih mudah untuk dibersihkan hingga ke bagian dalamnya. Botol minum dengan lingkar leher yang kecil, cenderung lebih sulit dibersihkan bagian dalamnya. Sehingga, dapat menumpuk kotoran yang tidak baik bagi kesehatan tubuh kamu.

Itulah beberapa tips memilih botol minuman yang aman untuk kesehatan tubuh kamu. hal terpenting dari membeli botol minum bukanlah dari segi tampilannya, melainkan dari kandungan atau bahan pembuatnya. Memilih botol yang tepat akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu, kamu juga ikut andil dalam menjaga alam sekitar jadi lebih baik.

Baca Ini Juga  Harga Ukulele Senar 3