Cara  mendapatkan kerja part time.| Unsplash.com
Cara  mendapatkan kerja part time.| Unsplash.com

Inilah Cara Mendapatkan Kerja Part Time Bagi Anak Kuliah

Diposting pada

Cara  mendapatkan kerja part time memang beragam. Ada yang mendapatkan informasi secara tidak sengaja ketika tengah jalan-jalan atau mendapatkan informasi dari orang dekat. Bahkan ada pula yang mendapatkannya karena ditawari langsung. Namun, ada pula yang memang mencarinya dengan sungguh-sungguh, sampai bertanya langsung ke toko-toko yang ada di sekitar kampus.

Lantas kenapa banyak yang menginginkan pekerjaan ini? Beragam manfaat kerja part time yang akan dirasakan oleh para mahasiswa. Diantaranya mereka bisa mendapatkan pengalaman sekaligus uang saku sehingga bisa dijadikan uang tambahan untuk mereka.

Cara Mendapatkan Kerja Part Time

Cara  mendapatkan kerja part time.| Unsplash.com
Cara  mendapatkan kerja part time.| Unsplash.com

Seperti yang telah disampaikan di awal bahwa untuk mendapatkan informasi pekerjaan ini beragam. Selain itu, jenis pekerjaan pun bervariasi ada kerja partime online maupun offline. Namun, sebelum itu pastikan kapan waktu libur kuliah dan minimal memiliki basic skill dalam pekerjaan tersbeut. Sehingga ketika nanti mendapatkan tawarannya yang bentrok dengan jadwal kuliah dan tidak bisa di negosiasiakan, maka kamu dapat memeprtimbangkannya kemabli atau bahakn menolaknya secara langsung. Inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan!

1.    Menyiapkan Cv Dan Portofolio

Sebelum kamu mencari informasi pekerjaan, cobalah untuk menyiapkan CV maupun portofolio. Terutama jika kamu ingin melamar pekerjaan di bidang creative, tetapi bagi yang melamar pekerjaan ke café atau  toko-toko biasanya akan dimintai CV.

Adapun untuk informasi yang perlu kamu cantumkan dalam CV itu beragam, seperti identitas diri ( Alamat, umur, nomor yang bisa dihubungi), pengalaman organisasi, dan lain sebagainya. Bahkan jika kamu memiliki pengalaman pekerjaan sebelumnya, itu pun sebaiknya dicantumkan. Namun, pilihlah pengalaman pekerjaan dengan posisi yang kamu lamar.

2.    Perhatikan Akun Sosial Media

Beberapa perusahaan akan memeriksa sosial media yang kamu gunakan. Pasalnya, dari akun tersebut akan diketahui bagaimana dirimu sebenarnya, seperti kebiasaan, hal yang kamu sukai, dan lain sebagainya.

Maka, sebaiknya kamu merapikan sosial media mu dan hindari memposting suatu hal yang tidak pantas. Sperti ujaran kebencian, merendahkan orang lain, dan lain sebagianya. Selain itu, hal tersebut pun akan mengontrol dirimu mengenai apa saja yang harus diposting dan mana yang tidak.

3.    Cara  Mendapatkan Kerja Part Time: Mengasah Hard Skill

Meskipun beberapa pekerjaan tidak membutuhkan hard skill yang spesifik, tetapi ada beberapa yang memang membutuhkannya. Terutama jika kamu ingin kerja part time sebagai model, barista, penulis, dan lain sebagainya. Dimana profesi tersebut membutuhkan skill yang mumpuni. Meskipun kamu bekerja sebagai part time, tetap saja skill yang mem mumpuni, minimal kemampuan dasar mengenai hal tersebut kamu sudah paham.

4.    Dapatkan Informasi Melalui Orang  Terdekat

Setelah menyiapkan CV, portofolio, dan memeriksa akun sosial media yang kamu miliki maka langkah selanjutnya adalah mendapatkan informasi. Adapun untuk mendapatkan informasi ini bisa melalui orang terdekat yang ada disekelilingmu. Misalnya, kamu memiliki seorang teman dan dia telah bekerja part time, maka cobalah untuk meminta informasi lowongan kepadanya.

Baca Ini Juga  Macam-Macam dan Contoh Soal Bangun Datar

Bisa  juga ketika teman-temanmu memiliki informasi lowongan pekerjaan dapat langsung menghubungi secara langsung. Selain itu, kamu pun bisa bertanya kepada keluargamu, tetapi usahakan mencari pekerjaannya yang lokasinya tidak jauh dari kampus. Sehingga minim resiko, seperti kamu tidak perlu mengeluarkan ongkos, memakan banyak waktu, dan lain-lain.

5.    Mencari Informasi Lowongan Kerja Secara Online

Informasi lowongan tidak hanya bisa kamu dapatkan dari orang-orang terdekat saja, tetapi kamu bisa mencarinya melalui internet. Baik itu melalui website maupun sosial media lainnya. Bahkan sudah banyak website yang khusus menyediakan informasi loker.

Dimana jenis pekerjaan maupun profesinya beragam. Namun, pastikan mencarinya platform yang sudah terpercaya sehingga akan minim terjadinya penipuan. Selain itu, kamu harus selalu cek identitas perusahaan atau penyedia pekerjaan. Dari mulai alamat, nama perusahaan, dan lain sebagainya. Apabila ada terasa ada yang ganjil atau salah, sebaiknya tidak perlu melamar.

6.    Melamar Pekerjaan Sebelum Deadline

Setelah menemukan informasi pekerjaan yang cocok dengan dirimu, maka lamarlah pekerjaan sebelum deadline yang telah ditentukan oleh toko atau penyedia pekerjaan. Namun, sebelum itu, kamu harus mengecek semuanya, dari mulai gaji, jam kerja, peraturan, dan lain sebagainya. Pastikan pula bahwa kamu tidak keberatan dengan sistem kerja yang diterapkan.

Adapun untuk medianya bisa melalui email  atau bahkan kamu diinstruksikan untuk langsung datang ke tempat. Satu hal lagi, apabila pihak penyelenggara pekerjaan meminta uang untuk apapun itu, sebaiknya jangan diberikan karena bisa saja itu adalah modus penipuan. Carilah lowongan pekerjaan lainnya yang lebih baik dan terpercaya.

Soft Skill Yang Harus Dimiliki

Sebagai seorang yang bekerja part time, kamu pun harus memiliki beberapa soft skill. Sehingga pekerjaanmu akan lebih mudah dikerjakan nantinya. Adapun kemampuan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut!

1.    Komunikasi

Dalam bekerja tentunya tidak hanya dilakukan oleh seorang diri, bukan? Dimana dalam pekerjaan akan dilakukan oleh beberapa orang. Sehingga kamu akan dituntut untuk bisa bekerja sama dengan yang lainnya. Hal tersebut akan terwujud apabila kamu memiliki komunikasi yang bagus. Lantas seperti apa komunikasi yang bagus?

Yaitu pesan yang ingin kamu sampaikan itu bisa dipahami oleh rekan kerja kamu dengan baik. Dengan begitu, maka sebisa mungkin untuk menyampaikan informasi secara jelas dan tidak muter-muter. Selain itu, penyampaian informasi pun harus disesuaikan dengan kondisi  orangnya.

Apakah orang tersebut sedang sibuk atau santai. Apabila ingin menyampaikan informasi yang urgen yang membutuhkan konsentrasi, sebaiknya disampaikan ketika rekan kerjamu sudah menyelesaikan pekerjaannya. Kecuali informasi yang akan disampaikan memang urgent dan harus dilakukan saat itu juga.

Baca Ini Juga  Bagaimana Cara Menjadi Perempuan Elegan?

2.    Management Waktu

Bagi kamu yang bekerja part time sekaligus kuliah, tentu hal tersebut tidaklah mudah, bukan? Maka kamu perlu untuk mengatur waktu agar waktu kuliah maupun bekerja tidak terganggu. Salah satu caranya adalah dengan membuat to do list dan usahkana untuk mengikuti jadwal yang telah kamu buat tersebut.

Di Awal-awal mungkin akan kewalahan, tetapi seiring berjalannya waktu, kamu akan terbiasa dengan hal tersebut.  Selain itu, temukanlah motivasi terkuat kenapa kamu kuliah sambil bekerja part time. Biasanya, hal tersebut akan lebih memudahkan untuk menjalankan semuanya.

3.    Evaluasi Diri

Kemampuan ini dapat membantumu untuk mengkaji kembali semua hal yang telah kamu kerjakan. Apakah memang sudah cukup baik atau sebaliknya. Misalnya, dalam sebulan kamu selalu kesiangan masuk kuliah maupun kerja. tentu hal tersebut terjadi bukanlah tanpa alasan. Cobalah untuk mengetahui penyebab utamanya.

Nah setelah ditelusuri ternyata itu semua karena kamu overthinking sehingga membuat kamu kesulitan untuk tidur yang akhirnya membuat kamu terlambat untuk masuk kuliah maupun masuk kerja sesuai jadwal. Nah, maka hal yang perlu kamu lakukan adalah cara untuk mengatasi overthinking tersebut. Apakah dengan cara bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada diri, yoga sebelum tidur, dan lain sebagainya.

4.    Manajemen Stress

Manajemen stress merupakan sebuah kemampuan untuk mengatasi stress yang dialami oleh seseorang. Setiap orang memiliki manajemen yang berbeda-beda. Namun, pada umumnya salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengetahui penyebab atau hal-hal yang memicu kamu menjadi stress. Lantas Bagaimanakah cara mengatasi stress?

Salah satunya adalah kamu bisa membicara dengan dipercaya mengenai hal-hal yang membuatmu stress, melakukan hobi, melakukan relaksasi, dan lain sebagainya. Tanpa kemampuan ini, kamu akan mengalami kesusahan ketika stress menyerang sehingga mengganggu pekerjaan maupun kuliahmu.

5.    Adaptasi

Ketika kamu memasuki dunia kerja, maka kamu pun harus bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Apabila kamu tidak mampu beradaptasi, hal tersebut hanya akan membuatmu kesulitan. Cobalah untuk menganalisa lingkungan sekitar, mengenai bagaimana cara mereka berkomunikasi, bekerja, dan lain sebagainya.

Selain itu, hindari untuk bercanda sesuatu hal yang sensitif atau memulai pembicaraan yang bekerja saat awal-awal bekerja. Pasalnya, kamu dan rekan kerja yang lainnya belum terlalu dekat dan kemungkinan membuat mereka tersinggung.

Cara Mengatur Waktu Kuliah Dengan Bekerja

Supaya kuliah maupun pekerjaan part time  mu tidak terhambat, maka kamu perlu memanage atau mengatur waktu dengan baik.  Adapun caranya adalah sebagai berikut!

Baca Ini Juga  Cara Menghilangkan Watermark CapCut

1.    Buat Jadwal Setiap Hari

Cobalah untuk membuat jadwal setiap harinya sehingga tidak ada yang terlewat dan kamu pun dapat menyiapkan diri untuk menyelesaikannya dengan baik. Mulailah dari bangun sampai dengan kamu akan tidur kembali.

Buatlah serinci mungkin dengan mencantumkan waktunya. Kamu bisa membuat ini, sebelum hari H. Misalnya kamu akan membuat jadwal untuk hari besok, maka buatlahlah schedule tersebut pada hari tersebut. Sehingga apabila ada kegiatan yang tiba-tiba, kamu bisa melakukan reschedule di lain waktu. Dengan begitu, kegiatan utama mu tidak akan terganggu.

2.    Tentukan Prioritas

Sangat penting untuk menentukan prioritas dari kegiatan atau aktivitas yang sedang kamu lakukan. Hal tersebut dapat membantu untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih mudah. Untuk menyusunnya, cobalah untuk lakukan list tugas yang mudah terlebih dahulu kemudian yang tersulit. Bisa juga dengan melakukan pekerjaan yang lebih urgen dari segi waktu terlebih dahulu.

3.    Fokus

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah melakukan pekerjaan dengan fokus. Maka sebisa mungkin, saat melakukan pekerjaan fokuslah pada job des kamu sebagai pekerja. Begitupun dengan sebaliknya, saat kamu kuliah fokuslah untuk belajar. Tidak perlu untuk memikirkan atau mengkhawatirkan sesuatu diluar hal yang kamu kerjakan.

Hal tersebut hanya akan membuat aktivitas yang kamu lakukan tidak akan maksimal dan pada akhirnya semua akan terhambat. Baik itu kerja part time maupun kuliah. Tentu hal tersebut, tidak kamu inginkan, bukan?

4.    Tidurlah Lebih Awal

Untuk memaksimaksimalkan semuanya, kamu pun perlu istirahat, bukan? Maka beristirahatlah apabila semua telah selesai. Pasalnya, dengan begitu energimu akan kembali dan kamu pun tidak akan mengantuk ketika pagi hari.

Sehingga kamu bisa bekerja maupun belajar dengan maksimal. Hal ini karena kurang tidur akan membuat konsentrasi menurun, emosi tidak stabil, dan lain sebagainya. Tentu hal tersebut hanya akan menghambat pekerjaan maupun kuliahmu, bukan?

Mendapatkan kerja part time memang bukanlah suatu hal yang mudah. Namun, apabila kamu mencari dan menyiapkannya dengan sungguh, hal tersebut bisa kamu dapatkan. Apabila bingung, kamu dapat beberapa acara diatas.

Selain itu, masalah soft skill yang kamu miliki sehingga ketika nanti mendapatkan kesempatan untuk bekerja, kamu lebih siap. Pastikan pula kamu mengkonsumsi makanan yang bergizi dan minum air putih yang cukup. Untuk menjaga kesehatanmu, usahakan untuk menghindari banyak minum minuman bersoda maupun makanan yang mengandung bahan pengawet.