Jenis mainan yang baik untuk anak.| Unsplash.com
Jenis mainan yang baik untuk anak.| Unsplash.com

Inilah Jenis Mainan Yang Baik Untuk Anak Berusia 4 Tahun

Diposting pada

Jenis mainan yang baik untuk anak memang wajib diperhatikan, termasuk untuk usia empat tahun. Dimana pada fase ini termasuk ke dalam golden age.  Maka itu sangat baik untuk mengasah kemampuan si kecil yang nanti nya akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang si kecil.

Jenis Mainan Yang Baik Untuk Anak Berusia 4 Tahun

Jenis mainan yang baik untuk anak.| Unsplash.com
Jenis mainan yang baik untuk anak.| Unsplash.com

Mainan yang baik tidak hanya menyenangkan, tetapi memang bagus untuk menyokong pertumbuhan sang anak. Selain itu, tidak perlu selalu harus mahal karena ada beberapa mainan dengan harga terjangkau, tetapi edukatif. Inilah beberapa jenis mainan bagi sang buah hati yang bisa dijadikan bahan referensi Bunda.

1.      Jenis Mainan Yang Baik Untuk Anak Yaitu Menyusun Bangunan

Dalam permainan ini, Bunda dapat menggunakan stick ice cream, lego, atau stik atau balok khusus yang ditujukan untuk hal tersebut. Selain itu, dalam pelaksanaannya Bunda diharapkan untuk membantu dan menginstruksikan sang buah hati untuk mengikuti Bunda.

Sebelum akhirnya ia mampu Menyusun bangunan dengan sendiri. Diketahui bahwa jenis permainan ini dapat mengasah kemampuan kreativitas maupun kognitif sang anak. Melalui cara menempatkan imajinasi yang ia miliki sebagai sebuah pusat pengalaman.

Baca Ini Juga  Persyaratan CPNS Wajib Untuk Anda Siapkan

2.      Memainkan Seni Peran

Permainan ini sangat bagus untuk mengasah kemampuan si kecil dalam sosialisasi, memecahkan sebuah permasalahan, mengasah imajinasi, dan berempetasi. Permainan ini dimainkan dengan cara role play atau simulasi sebuah peran dengan profesi tertentu.

Adapun peran yang biasa dimainkan diantaranya adalah dokter, pahlawan super, polisi, koki, dan lain sebagainya. Biarkan sang anak bebas berekspresi dalam menjalankan ceritanya. Bunda hanya perlu memancingnya, sehingga permainan lebih seru. Dengan begitu, sanga buah hati dapat bercerita dengan lebih enjoy.

3.      Mikroskop Mainan

Jenis permain selanjutnya adalah dengan bermain mikroskop. Tentunnya benda ini merupakan sebuah mainan juga sehingga aman untuk digunakan sang buah hati. Dalam permainan ini si kecil akan mencoba maupun menjelajah hal baru.

Tentunya dengan cara mengobservasi lingkungan sekitar. Bunda dapat mengajaknya untuk mengamati bunga, daun, dan lain sebagainya. Kemudian setelah itu, cobalah untuk mengajak sang anak menceritakan apa yang dia lihat.

4.      Sesuaikan Bentuk huruf

Bunda pun dapat mengajak sang buah hati bermain sekaligus belajar dengan permainan ini. Dimana nantinya permainan ini akan memasukan sebuah huruf kepada sebuah cetakan yang sesuai dengan huruf tersebut.  Jika tidak sesuai, maka huruf tersebut pun tidak akan berhasil masuk. Selain itu, sang anak akan mengenal huruf sekaligus belajar kosakata yang baru.

Baca Ini Juga  Contoh Soal Ukom Kebidanan

Bahkan dapat meningkatkan kemampuan motorik halusnya. Untuk membuat sang anak antusia, Bunda dapat menambahkan gambar ketika permainan berlangsung. Misalnya, gambar  boneka sehingga si Kecil harus memasukan huruf demi huruf untuk menjadi kata tersebut.

5.      Puzzle

Permainan ini sebenarnya sudah umum dilakukan oleh banyak orang. Hal ini karena sangat baik dalam untuk membantu sang anak memecahkan sebuah permasalahan. Permainan ini pun kerap akan membuat mereka merasa tertantang untuk menyelesaikannya. Selain itu, jika sang buah hati terlihat kesulitan, cobalah tawarkan bantuan. Apabila si kecil masih mau mengusahakannya, maka biarkan dia selesaikan sendiri dan tetaplah temani dia.

Jenis permainan yang baik untuk anak berusia empat tahun ini memang mengasyikan. Selain itu, sangat bagus untuk  menjadi media pembelajaran bagi sang anak. Sehingga anak akan lebih enjoy dalam menjalani nya. Namun, apabila sang anak tidak menyukai permainan tersebut, usahakan jangan memaksanya. Akan tetapi cobalah tawari jenis permainan yang lainnya.