Macam-macam bakso.|Unsplash.com
Macam-macam bakso.|Unsplash.com

Inilah Macam-Macam Bakso, Mana Yang Belum Kamu Ketahui!

Diposting pada

Macam-macam bakso di Indonesia memang beragam. Bahkan tidak hanya bentuknya saja, tetapi isi dari bakso nya pun beragam. Sehingga, sangat menarik untuk kamu coba, bukan? Tentu saja, jika isi dari abs tersebut berbeda maka cita rasa dari tiap varian memiliki ciri khasnya masing-masing. Dengan begitu, kamu dapat lebih menyesuaikan mana yang lebih sesuai dengan selera.

Macam-Macam Bakso

Macam-macam bakso.|Unsplash.com
Macam-macam bakso.|Unsplash.com

Bakso merupakan makanan yang sering dijumpai di Indonesia, bahkan makanan ini pun sudah go internasional. Namun, harganya pun jauh berbeda dengan harga yang dipasarkan di Indonesia. Tentu hal tersebut disesuaikan dengan harga pokok yang berlaku di negara tersebut. Lantas, apa saja macam-macam bakso yang ada di Indonesia? Yuk simak ulasan berikut ini!

1.    Bakso Sapi

Jenis bakso yang pertama adalah bakso sapi. Dimana Dalam proses pembuatannya pun menggunakan daging sapi yang dicampur dengan terigu. Kemudian dibentuk bulat-bulat. Selain itu, biasanya baso jenis inipun berisikan  kikil atau tetelan. Sehingga lebih menggugah selera para pembeli. Bahkan kaldu yang digunakan pun merupakan dari daging sapi.

Baca Ini Juga  Pengertian & Contoh Soal Permutasi Unsur Sama

2.    Bakso Keju

Bakso dengan jenis ini mungkin tidak sepopuler bakso sapi, tetapi makanan jenis ini pun layak dicoba. Untuk jenis kejunya pun ada keju mozarella atau pun keju biasa. Tentu hal tersebut merupakan kabar gembira bagi para pecinta bakso sekaligus keju, bukan? Pasalnya, makanan kesukaannya dapat dikonsumsi dalam satu makanan saja. Bahkan baso ini pun diterima dengan baik oleh masyarakat.

3.    Bakso Ayam

Jenis bakso satu ini terbuat dari dagin ayam. Sehingga bagi kamu yang tidak menyukai daging sapi ato keju, dapat mencoba bakso yang berbahan ayam ini. Rasanya pun tidak kalah dengan bakso lainnya. Diperkuat dengan kaldu ayam membuat kuah bakso dan aromanya semakin harum. Meskipun jika baso ini memang memiliki kandungan daging yang banyak, maka teksturnya tidak akan terlalu rapi.

4.    Bakso Ikan

Aroma jenis makanan ini biasanya lebih tajam daripada bakso di atas. Selain itu, warnanya pun lebih gelap dan biasanya dibuat dari ikan tenggiri. Meskipun ada beberapa penjual yang menggunakan jenis ikan lainnya.

Baca Ini Juga  Gaji Karyawan PT Bhanda Ghara Reksa dan Jabatannya

Selain itu, ukuran dari makanan ini pun cenderung lebih kecil dibandingkan dengan tiga bakso yang telah dibahas tadi. Namun, untuk rasa, baso jenis ini pun tidak kalah enaknya dengan bakso yang lainnya. Terutama jika menggunakan bawang daun, seledri, dan jeruk limau.

5.    Bakso Tahu

Apa kamu pernah mencoba bakso tahu? Jika belum, kamu dapat mencobanya dan jangan ragu soal rasa. Pasalnya, rasanya pun sama-sama enak dengan bakso-bakso sebelumnya. Namun, hal tersebut balik lagi ke selera masing-masing.

Adapun bakso ini terbuat daging sapi dan tepung terigu. Kemudian, adonan tadi dimasukan ke dalam tahu yang coklat. Untuk cara makananya sendiri yaitu ada beberapa cara. Kamu bisa memberikan kuah atau langsung digoreng saja. Biasanya jika disajikan dengan kuah, itu sama saja dilengkapi dengan bahan bakso biasa. Seperti taiga, bihun, mie kuning, dan lain sebagainya.

6.    Bakso Telur

Bakso terakhir adalah bakso yang berisikan telur. Dimana makanan ini ada yang didalamnya berisikan telur puyuh atau telur ayam. Jika diberikan telur puyuh, biasanya ukurannya pun kecil. Akan tetapi, jika telur ayam ukurannya akan lebih besar dibandingkan dengan bakso yang isinya telur puyuh.

Baca Ini Juga  Apa Saja Manfaat Bersikap Masa Bodo?

Macam-macam bakso di atas dapat dijadikan referensi. Terutama jika kamu bosan dengan jenis bakso yang itu-itu saja. Pilihlah jenis bakso yang sesuai dengan kebutuhan dan tidak membahayakan kesehatan. Misalnya, jika memiliki darah tinggi, usahakan untuk mengurangi konsumsi bakso, terutama bakso daging. Yuk temukan informasi menarik lainnya disini!