mencintai diri sendiri.| Unsplash.com
mencintai diri sendiri.| Unsplash.com

Inilah Tanda Kamu Sudah Mencintai Diri Sendiri!

Diposting pada

Apakah kamu sudah mencintai diri sendiri? Tentu pertanyaan itu hanya mampu dijawab oleh dirimu sendiri bukan orang lain. Lalu apa sih pentingnya mencintai diri? Sebenarnya keuntungan yang akan kamu dapatkan banyak. Dari mulai kamu berpeluang memiliki kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya, tidak terlalu overthinking, dan lain sebagainya.

Tanda Kamu Sudah Mencintai Diri Sendiri

Ada beberapa tanda yang bisa dijadikan referensi untuk menilai, apakah kamu memang mencintai diri sendiri atau belum. Jika memang, cobalah untuk mengobrol jauh lebih dalam dengan dirimu, terima segala hal tentang dirimu, apresiasi segala usaha yang telah dibuat, dan lain sebagainya. Lalu apa saja tandanya? Yuk simak ulasan berikut ini!

1.    Tidak Terlalu Mengkhawatirkan Pandangan Orang Lain

Salah satu bahwa kamu sudah menyayangi dirimu sendiri adalah tidak terlalu peduli dengan pandangan orang lain. Kamu menyadari bahwa hal tersebut tidak terlalu berguna untuk kamu. Bahkan bisa jadi malah melukai dirimu sendiri.

Namun, hal tersebut tidak menjadikanmu apatis, hanya saja memilih omongan mana yang perlu direspon dan mana yang tidak. Selain itu, kamu pun sadar bahwa pasangan orang lain tidak bisa dikontrol sesuai yang diinginkan. Pasalnya, bagaimanapun kamu berusaha akan selalu ada yang tidak menyukaimu dan sayang padamu.

Baca Ini Juga  5 Game Android Penghasil Uang Langsung Masuk Rekening

2.   Penerimaan Adalah Tanda Mencintai Diri Sendiri

Menerima diri merupakan bukti bahwa kamu telah perlahan-lahan peduli dan sayang pada dirimu sendiri. Sama halnya ketika kamu mencintai seseorang, bukankah kamu dapat menerima dia? Baik mencakup masa lalu maupun fisiknya. Hal tersebut pun berlaku untuk kamu. Selain itu, hal ini terbentuk karena diri menyadari bahwa di dunia ini tidak ada satupun manusia yang sempurna.

Selain itu, bagaimanapun fisik yang kamu miliki sekarang adalah kado terindah dari Tuhan. Bahkan masa lalumu jika dilihat dari sisi positif nya dapat dijadikan pembelajaran kedepannya. Sehingga, berhentilah menghakimi diri sendiri dan mulailah  intropeksi diri. Kemudian lakukan perbaikan diri. Hal ini pun tidak akan membuat kamu membandingkan diri dengan orang lain.

3.    Mampu Menolak Jika Tidak Sesuai

Jika kamu sudah mampu mengatakan “tidak” atau menolak terhadap suatu hal yang menurutmu tidak baik. Maka hal tersebut merupakan salah satu tanda bahwa kamu sudah mencintai dirimu sendiri.  Pasalnya, masih banyak orang yang menerima atau mengatakan “iya” pada sesuatu yang tidak disukai bahkan memberikan dampak buruk bagi dirinya.

Baca Ini Juga  Diamond FF Gratis 10000 Apk Versi Terbaru

Dengan berbagai alasan, salah satunya takut membuat orang sedih, takut tidak diterima, dan lain sebagainya. Jika belum bisa menolak, maka cobalah perlahan-perlahan. Tidak perlu langsung mengatakan tidak. Misalnya, kamu diajak nongkrong ketika besoknya ujian. Maka, kamu bisa menolaknya dengan kata, “  Maaf ya, sepertinya tidak bisa. Soalnya aku harus istirahat terlebih besok ujian”.

4.    Memaksimalkan Potensi Yang Dimiliki

Mencintai diri berarti pula mengenal diri karena hal tersebut tidak mungkin terwujud tanpa pengenalan, bukan? Dengan mengenal diri sendiri maka hal tersebut pun mampu membuat kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki. Sehingga dapat memaksimalkan kelebihan yang dimiliki. Bahkan dapat menerima dan tidak berfokus kepada kekurangan.

5.    Menjaga Diri Sendiri

Menjaga diri dari berbagai hal yang akan merugikan diri, itu pun termasuk salah satu tanda bahwa kamu sayang pada diri sendiri. Misalnya, kamu dapat berolahraga setiap minggu 4 kali, makan makanan sehat, tidur cukup, menonton hal yang bermanfaat, dan lain sebagainya.

Tanda kamu sudah mencintai diri  diantaranya adalah dapat menerima diri, mampu menolak sesuatu yang dapat merugikan, dan mampu menjaga diri. Selain itu, kamu pun tidak terlalu khawatir mengenai pandangan orang lain terhadap dirimu selama hal tersebut baik dan benar. Bahkan kamu pun dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki.

Baca Ini Juga  Mau Buka Usaha Sewa Perlengkapan Camping ? Barang-Barang Ini Wajib Ada Loh!