macam-macam bunga kering.|Unsplash.com
macam-macam bunga kering.|Unsplash.com

Macam-Macam Bunga Kering Untuk Hiasan Kamar

Diposting pada

Ada macam-macam bunga kering untuk hiasan kamar dapat ditemukan di marketplace atau toko-toko online di social media. Biasanya mereka menawarkan berbagai macam bunga kering yang bisa dijadikan hiasan di kamarmu. Ada yang menawarkan dalam bentuk buket dan ada pula yang menawarkan per tangkai. Jika kamu membutuhkan bunga dalam jumlah yang cukup banyak, maka sebaiknya belilah bunga kering dalam bentuk buket karena biasanya harganya lebih murah dibandingkan dengan membeli bunga kering per tangkai.

Macam-Macam Bunga Kering

macam-macam bunga kering.|Unsplash.com
macam-macam bunga kering.|Unsplash.com

Apabila hanya membutuhkan bunga kering dalam jumlah sedikit, lebih baik belilah bunga kering per tangkai karena jika tidak terpakai, itu mubazir. Selain itu, jika bunga ini di simpan di tempat lembab dengan durasi waktu yang lama, maka bunga ini akan rusak dan berjamur. Inilah beberapa macam bunga kering yang bisa dijadikan hiasan di kamarmu!

1.      Bunga Kering Pampas

Bunga kering pampas ini memiliki ukuran yang terbilang cukup besar. Sehingga cocok dipajang atau diletakan di lantai kamar dengan memasukkannya ke dalam vas bunga. Dikarenakan ukurannya yang cukup besar, maka bunga ini membutuhkan vas yang kokoh dan besar pula.

Tidak disarankan untuk menaruh bunga pampas ini, di atas meja kecil. Hal ini dikhawatirkan vas akan mudah jatuh, jika kesenggol. Untuk perawatannya sendiri, kamu bisa membersihkannya dengan lap kering agar terhindar dari debu dan sebaiknya bersihkan seminggu sekali agar debu tidak terlalu banyak menempel.

2.      Bunga Kering Langurus

Bunga kering ini sering dijadikan salah satu bahan untuk membuat kerajinan tangan. Nah selain itu, bunga kering langurus ini dapat dijadikan hiasan kamar. Kamu bisa meletakkannya di vas bunga dengan leher panjang dan dapat di letakan di meja lampu atau meja belajar karena bunga ini memiliki bobot yang cukup ringan.

Baca Ini Juga  Cara Buat Akun Baru Mobile Legends Tanpa Hapus Akun Lama

Bunga kering langurus ini sendiri memiliki warna coklat muda dengan kesan keemasan dan memiliki tangkai yang cukup besar. Dikarenakan  warna yang dimiliki bunga ini dapat masuk kemana saja, sehingga kamu dapat memadupadankan bunga kering ini dengan bunga kering lainnya.

Selain, dapat diletakan di meja, bunga ini dapat dijadikan hiasan jendela kamarmu. Untuk caranya sendiri, kamu bisa memotong bunga ini dari tangkainya (sisakan tangkai sekitar 2 cm agar benang dapat diikat), lalu ikat dengan benang sulam, lakukan cara tersebut sampai mencapai  1 M  atau disesuaikan dengan kebutuhanmu. Untuk jumlahnya sendiri, itu tergantung dari keinginanmu.

 

3.      Bunga Kering Baby’s Breath

Bunga ini terkenal dengan makna cinta sejati atau cinta abadi. Sehingga, tidak heran apabila kamu banyak menemukan bunga baby’s breath ini di berbagai acara resepsi pernikahan. Selain digunakan untuk dekorasi resepsi, bunga kering ini ternyata bisa juga digunakan untuk dekorasi kamar.

Jika kamu ingin menggunakan bunga kering ini sebagai hiasan di meja, sebaiknya kamu membelinya dalam bentuk buket karena lebih banyak serta lebih murah dibandingkan kamu membeli per tangkai.

Namun, jika kamu membelinya untuk membuat buket bunga kecil sebagai hiasan dinding, sebaiknya kamu membeli per tangkai, karena untuk membuat hiasan dinding ini tidak akan membutuhkan terlalu banyak bunga. Warna dari bunga ini sendiri adalah putih, sementara batangnya berwarna coklat, terlihat cantik bukan?

4.      Bunga kering cotton flower

Bunga ini terbilang cukup banyak peminatnya, hal ini dikarenakan bentuknya yang cukup unik.  Ketika kamu membeli bunga ini, kamu akan melihat kapas dengan bentuk bulat keluar dari kelopaknya dan batang yang berwarna coklat memberikan kesan cantik serta unik pada bunga kering satu ini.

Baca Ini Juga  Sinopsis Pengabdi Setan 2, Film Genre Horor

Bunga kering jenis ini, dapat kamu taruh di vas kaca, sehingga akan terlihat lebih estetik. Selain ditaruh di vas bunga kaca, kamu bisa membuat hiasan dinding dari bunga ini. Caranya, kamu memotong bunga kapas ini dari tangkainya, lalu berikan lem kayu di bagian belakang bunga, lalu tempelkan di dinding kamarmu.

5.      Bunga Kering Setaria

Bentuk dari bunga setia hampir sama dengan bunga lagurus, hanya saja bunga ini tidak terlalu berbulu. Jika, bunga ini ingin dijadikan hiasan di kamar, kamu membutuhkan vas dengan leher panjang untuk mempercantik tampilannya.

Bunga kering satria ini memiliki warna coklat, sehingga sangat cocok untuk menambah kesan hangat pada kamarmu.

6.      Bunga Kering Lavender

Meskipun dikeringkan, bunga lavender tetap memiliki warna ungu yang cantik serta memiliki aroma yang khas. Bunga ini cocok untuk kamu yang ingin memberikan kesan feminin sekaligus kemewahan di dalam kamar.

Kamu bisa menempatkannya di dalam vas bunga atau menjadikannya hiasan dinding dengan cara membuat buket bunga kecil, tempelkan bunga tersebut ke bingkai foto, dan gantunglah di dinding.

7.      Bunga Kering Edelweis

Kamu bisa membeli bunga ini dari marketplace atau penjual online di sosial media dan perhatikan, apakah bunga ini hasil budidaya atau bukan karena bunga ini termasuk bunga yang dilindungi, jika tumbuh di gunung.

Jika memang hasil budidaya, biasanya bunga ini lebih terlihat berisi dibandingkan dengan bunga yang tumbuh di gunung. Kamu bisa memasukannya di vas bunga untuk diletakkan di meja.

Cara Merawat Bunga Kering

Seperti hal yang bunga pada umumnya, bunga kering pun perlu dirawat. Hal tersebut untuk membuatnya lebih awet dan tidak berjamur. Biasanya, ketika bunga berjamur maka aromanya pun akan tidak mengenakan. Lantas apa saja yang perlu dilakukan untuk merawat bunga kering? Yuk simak ulasan berikut ini!

Baca Ini Juga  Cara Download Sertifikat Vaksin

1.      Simpan Di Tempat Yang Lembab

Usahakan untuk tidak menyimpan bunga di tempat atau ruangan yang lembab. Pasalnya, hal tersebut hanya akan meningkatkan jamur tumbuh dengan cepat dan menempel pada bunga kering. Tentunya hal tersebut pun dapat merusaknya lebih cepat dari pada semestinya.

Namun, tidak pula dengan ruangan yang langsung terpapar sinar matahari. Adapun peletakannya, kamu bisa menyimpannya di meja belajar, meja lampu tidur, dan lain sebagainya.

2.      Bersihkan Dari Debu

Cobalah untuk membersihkan bunga kering seminggu sekali. Hal tersebut dilakukan agar, debu yang ada disekitarnya tidak akan membuatmu terganggu. Terutama, bagi kamu yang memiliki asma atau masalah pernapasan. Adapun untuk membersihkannya kamu, hanya perlu membersihkannya menggunakan lap kering atau tisu saja.

3.      Usahakan Tidak Menggunakan Plastik

Selain menghindari meletakkannya di tempat yang lembab, kamu pun tidak boleh menggunakan plastik. Pasalnya, hal tersebut dapat membuat suhu nya menjadi lembab. Terutama jika plastic tersebut menutupi semua permukaan bunga. Maka usahakan untuk menyimpannya di ruang terbuka dan menggunakan hiasan yang dapat membuatnya tetap kering saja.

Itulah macam-macam bunga kering untuk hiasan kamar agar terlihat lebih indah. Diantara macam-macam bunga kering di atas, mana favoritmu? Selain itu, jangan lupa untuk selalu dirawat ya, bunganya sehingga lebih  awet!