Bekerja di luar negeri.| Unspalsh.com
Bekerja di luar negeri.| Unspalsh.com

Mau Bekerja Di luar Negeri? Inilah Profesi Yang Banyak Dicari!

Diposting pada

Bekerja di luar negeri tentunya bisa menjadi salah satu referensi bagi kamu yang ingin mendapat banyak pengalaman dan  gaji tinggi. Hal ini karena nilai mata uang negara tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan Indonesia, khusunya Eropa. Selain itu, kamu pun akan mendapatkan manfaat kerja yang lainnya. Seperti pengalaman hidup yang lebih menarik karena kamu akan mengerti perbedaan kebudayaan dan juga cara bertahan hidup di negara lain.

Namun tentunya cara untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri tidaklah mudah, akan ada banyak keahlian yang harus kamu miliki. Hal ini karena bekerja di luar negeri sangat menuntut keahlian yang baik dalam bidang yang dibutuhkan dalam bekerja, dan profesi yang paling banyak dibutuhkan pun memiliki banyak persaingan nya.

Alasan Bekerja Di luar Negeri

Bekerja di luar negeri.| Unspalsh.com
Bekerja di luar negeri.| Unspalsh.com

Selain kamu akan mempunyai banyak pengalaman dalam profesional didunia kerja, tentunya kamu akan mendapatkan banyak sekali pelajaran penting dalam bekerja. Berikut merupakan alasan – alasan yang bisa kamu ketahui jika kamu bekerja di luar negeri, yaitu :

1.      Mendapat Pengalaman dan Explore Skill

Bekerja di luar negeri tentunya bisa menjadi kesempatan buat kamu untuk explore pengalaman dan skill mu! Karena bekerja di luar negeri sangat menuntut profesionalitas dalam mental dan skill. Kamu akan dipaksa untuk belajar lebih banyak supaya bisa seimbang dengan keahlian mereka loh!

2.      Fasih Bahasa Asing

Seperti pribahasa sambil menyelam minum air! Tentunya pribahasa yang cocok untuk salah satu alasan ini. Karena, selain kamu bisa upgrade skill mu dalam bekerja secara profesional, nantinya kamu juga akan belajar bagaimana agar bisa berkomunikasi dengan mereka, dan kamu akan belajar bahasa yang biasa mereka gunakan sehari – hari.

3.      Belajar Berbagai Perbedaan Kebudayaan

Selain itu, kamu akan mempelajari perbedaan budaya yang cukup signifikan antara Negara Indonesia maupun Negara lain. Kamu akan mengerti kebudayaan yang biasa mereka lakukan dan juga aktivitas yang biasa mereka lakukan supaya kamu bisa terbiasa selayaknya hidup disana.

4.      Gaji Yang Tinggi

Hal ini yang menjadi cukup banyak diminati oleh orang – orang, perbedaan gaji yang secara signifikan. Karena tentunya gaji yang akan kita dapatkan akan mengikuti mata uang yang berlaku di negara tempat kita bekerja, dan saat ini banya  kurs mata uang asing yang tentunya jumlahnya jauh lebih tinggi dari mata uang Indonesia.

Dan juga tentunya kamu akan lebih dihargai dengan gaji tinggi jika bekerja di luar negeri karena skill mu akan lebih diandalkan dalam dunia kerja. Dan tentunya skill serta keahlian yang kamu miliki akan dibayar dengan harga tinggi.

5.      Memiliki Portofolio Yang Bagus Ketika Kembali Bekerja Di Indonesia

Hal ini menjadi salah satu alasan yang cukup menarik, sebab jika kamu sudah mempunyai pengalaman bekerja di luar negeri, track record kamu dalam bekerja akan lebih di hargai. Karena, mentalitas kerja dan skill tinggi mu akan di hargai oleh banyak perusahaan besar di Indonesia.

Baca Ini Juga  Harga Sewa Skuter Listrik GrabWheels, Lokasi dan Aturan

6.      Membangun Relasi Secara Luas

Membangun relasi tentunya adalah kunci yang penting dalam bekerja secara profesional, Karena, tentunya kamu akan lebih dihargai jika memiliki relasi yang luas dalam bekerja dan kamu akan mendapatkan relasi secara luas apabila kamu bisa bekerja di luar negeri

Jenis Pekerjaan Di luar Negeri Yang Banyak Dibutuhkan

Tentunya untuk bisa bekerja di luar negeri, kamu tidak hanya mengandalkan pengalaman. Namun juga kamu harus memiliki skill yang cukup baik dala bekerja terlebih di bidang yang banyak dibutuhkan di luar negeri.

Ada beberapa profesi – profesi yang paling banyak dibutuhkan jika ingin bekerja di luar negeri dan berikut profesi yang cukup banyak dibutuhkan. Yaitu:

1.      Software Engineers & Developers

Didunia zaman sekarang perekonomian sudah berbasis internet, kreatif serta teknologi. Software Engineers and Developers bisa menjadi profesi yang banyak diminati ketika bekerja di luar negeri dan paling banyak dibutuhkan di 10 tahun kedepan. Mahasiswa yang mengambil jurusan Teknik Komputer, atau Ilmu Komputer memiliki peluang lebih besar bisa bekerja di luar negeri.

2.      Bekerja Di  luar Negeri Menjadi Electronics Engineer

Alasan profesi Electronic Engineer banyak dibutuhkan di luar negeri, karena tentunya  sistem perekonomian yang semakin maju membuat bahan elektronik sangat marak digunakan. Pekerjaan utama Electronic Engineer sangat dibutuhkan diperusahaan besar di luar negeri supaya mendukung perusahaan agar lebih maju dalam hal teknologi.

3.      Keperawatan atau Kebidanan

Salah satu profesi yang cukup banyak dibutuhkan di luar negeri yaitu tenaga medis atau kebidanan. Karena, tentunya dunia kedokteran akan terus membutuhkan tenaga medis untuk terus mendukung perekonomian dalam aspek kesehatan dan sudah banyak pendidikan farmasi atau kedokteran yang bisa menjadi sumber pilihan untuk bisa bekerja di luar negeri.

4.      Civil Engineering Atau Teknik Sipil

Dinegara negara maju, profesi insinyur sangat diperlukan untuk mendukung perkembangan infrastruktur disuatu negara. Bahkan dinegara Indonesia pun tenaga profesi teknik sipil atau insinyur sangat digunakan untuk membantu pemerintah membangun infrastruktur bagi negara.

5.      Accounting

Diberbagai negara yang aktif dalam berbisnis, tentunya profesi akuntan sangat berguna dan dibutuhkan di luar negeri. Karena, dalam aspek berbisnis akan berjalan dengan baik apabila adanya tenaga akuntan yang mengatur keuangan perusahaan. Dan, saat ini sudah banyak pelatihan – pelatihan yang membuat kamu bisa menjadi tenaga akuntan secara profesional

6.      Juru Masak

Aspek Kuliner tidak kalah penting dan tentunya banyak dibutuhkan di banyak negara – negara maju. Karena semakin perkembangan zaman, akan ada banyak inovasi dalam dunia perkulineran dan hal ini bisa menjadi kesempatan bagi para pengusaha dari luar negeri untuk membuka peluang untuk memperkerjakan juru masak profesional. Jika kamu ingin melamar sebagai koki atau juru masak, maka kamu perlu persiapan kerja ke luar negeri yang matang. Dari mulai sertifikat, paspor, dan lain sebagainya.

Baca Ini Juga  Cara Membuat Nasi Goreng Naik Kelas Ala Restoran Bintang 5

7.      Bekerja Di Luar Negeri Menjadi Staff Kapal Pesiar

Dalam dunia perhotelan dan tourism, pofesi sebagai staff atau tenaga pekerja waiters dan concierge atau bellboy sangat dibutuhkan di luar negeri. Karena, dunia pariwisata akan terus berkembang dan semakin banyak membutuhkan tenaga pekerja untuk terus mendukung berjalannya bisnis akomodasi tersebut.

Sama hal nya dengan kapal pesiar, tentunya bisa menjadi peluang buat kamu agar bisa bekerja di luar negeri karena bisnis kapal pesiar sedang marak menjadi destinasi wisata. Profesi yang paling sering dibutuhkan adalah awak kapal, tenaga waiters restaurant serta tenaga juru masak.

8.     Bekerja Di Luar Negeri Menjadi Translator dan Tour Guide

Menjadi Translator sangat memiliki peluang besar untuk bisa bekerja di luar negeri, karena aspek pariwisata akan terus berkembang didunia dan tentunya membutuhkan tenaga pekerja yang ahli dalam bahasa asing serta membutuhkan tenaga pekerja untuk mengantar tourist ketika berlibur ke negara tempatmu bekerja.

Cara Untuk Beradaptasi Ketika Bekerja Di luar Negeri

Dalam prosesnya untuk bisa bekerja di luar negeri, tentunya ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan. Selain dokumen – dokumen pendukung sebagai sumber identitasmu di luar negeri, tentunya kamu juga harus mempersiapkan mental untuk bisa terbiasa tinggal disana dan tentunya hal itu perlu kamu persiapkan sebaik mungkin

Dalam proses adaptasi tentunya akan lebih membentukmu agar lebih mengerti perbedaan budaya dan kebiasaan yang sering dilakukan oleh masyarakat dinegara lain. Adaptasi adalah hal penting yang harus kamu persiapkan agar kamu bisa cepat terbiasa tinggal di negara yang memiliki kebudayaan yang berbeda. Berikut ada beberapa cara yang harus kamu perhatikan!

1.      Memahami Kebiasaan Dan Aktivitas Mereka

Salah satu cara untuk bisa lebih cepat beradaptasi dengan aktivitas masyarakat di luar negeri adalah dengan mencoba memahami. Selain memahami juga perlu pelan – pelan untuk mengikuti aktivitas mereka agar kamu bisa lebih terbiasa dan akhirnya bisa untuk lebih nyaman saat bekerja di luar negeri.

2.      Bersikap Ramah Dan Sopan

Hal ini juga menjadi aspek penting dalam mempercepat proses adaptasi, karena dengan kita bersikap sopan maka akan lebih dihargai oleh masyarakat setempat. Kamu akan lebih mudah mendapatkan banyak teman dan mereka yang akan membantumu dalam proses adaptasi sehingga kamu selayaknya mendapatkan keluarga baru.

Baca Ini Juga  Laptop Rekomendasi Untuk Pembelajaran Via Daring

3.      Berani Untuk Membaur Diri Dengan Lingkungan

Berani Untuk berbaur akan lebih memudahkanmu untuk proses beradaptasi, sebab dengan kita mau menerima diri untuk aktif dalam lingkungan akan lebih mudah dikenal dan akan banyak yang membantumu dalam bertumbuh disana. Begitupun ketika kamu memasuki dunia bekerja disana

4.      Terbuka Dengan Segala Ketidaktahuan

Jangan sungkan ketika kamu merasa kebingungan saat mencoba beradaptasi di luar negeri. Ketika kamu merasa kebingungan maka kamu bisa aktif untuk bertanya agar tidak terjadi kesalahan dalam persepsi dan membuat kamu menjadi salah kaprah ketika bertindak, mungkin bisa bertanya juga dengan orang yang sudah terbiasa tinggal dinegara tersebut.

5.      Beradaptasi Bekerja Di Luar Negeri Dengan Memperluas Relasi

Dengan memperbanyak relasi mu di negara lain, kamu akan lebih mudah untuk beradaptasi dan bisa merasa bahwa akan banyak keluarga baru yang bisa menjadi tempat mu untuk merasa nyaman.

6.      Jangan Merasa Introvert Dan Menutup Diri

Hal ini harus diperhatikan dan jangan dilakukan, sebab dengan kamu bersikap tertutup dan menjauh dari lingkungan, akan membuatmu merasa kesulitan. Tentunya masyarakat tidak akan berempati untuk membantu apabila kamu pun tidak mau dibantu dalam proses beradaptasi, serta kamu akan merasa selalu sendiri sehingga membuatmu merasa asing

7.      Jangan Mudah Tersinggung

Memiliki sifat mudah tersinggung juga akan menutup peluangmu untuk beradaptasi lebih cepat. Sebab, kamu akan lebih mudah mempelajari perbedaan budaya di negara lain jika kamu tidak mudah tersinggung dengan perbedaan yang ada, kamu pun juga akan lebih mudah ketika bekerja di luar negeri.

8.      Mentoleransi Perbedaan Budaya

Hal ini cukup penting untuk memahami proses adaptasimu, sebab kamu akan belajar bagaimana cara kamu mentoleransi suatu hal yang asing bagi kamu sebelumnya. Mentoleransi perbedaan budaya akan lebih mudah kamu dapatkan ketika kamu mau membuka diri untuk mau belajar perbedaan yang terjadi

9.      Memperkuat Mentalitas Untuk Bertahan Hidup

Dalam proses adaptasi kamu akan lebih mengerti bahwa kamu harus meningkatkan mentalmu dalam tahap penyesuaian. Karena, dalam tahap ini akan kamu dapati hal – hal yang sebetulnya kamu kurang menyetujui nya namun kamu diajarkan untuk ikhlas menerima perbedaan itu sehingga kamu bisa mentoleransi perbedaan yang terjadi.

Bekerja di luar negeri tentunya banyak menjadi impian masyarakat di Indonesia. Adapun kamu yang sedang kebingungan dalam mencari lowongan pekerjaan di luar negeri bisa mencarinya melalui internet, agensi, dan lain sebagainya.  Kamu pun dapat membaca rekomendasi.co untuk menemukan infromasi menarik lainnya.