Cara menghindari kemacetan
Cara menghindari kemacetan.|Unsplash.com

Mau Tahu Cara Menghindari Kemacetan? Yuk Simak Ulasan Berikut Ini!

Diposting pada
Cara menghindari kemacetan
Cara menghindari kemacetan.|Unsplash.com

Cara menghindari kemacetan memang beragam. Ada yang berangkat subuh hingga menggunakan kendaran roda dua. Kemacetan ini menyebabkan menghambat kamu untuk datang tepat waktu. Baik ke kantor, ke kampus, maupun ke acara-acara lainnya. Pasalnya, hal ini berlangsung hingga beberapa menit bahkan jika parah bisa mencapai beberapa jam. Sehingga wajar apabila banyak orang yang menghindari kemacetan.

Cara Menghindari Kemacetan

Ada beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk menghindari kemacetan tersebut. Sehingga, kegiatan yang kamu lakukan tidak akan terhambat. untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan berikut ini dengan seksama!

1.      Mengecek Rute Yang Dilalui

Cobalah sebelum kamu bepergian mengecek terlebih dahulu rute perjalanan. Sehingga kamu mengetahui kondisi rute perjalanan yang akan kamu lalu. Untuk mengeceknya sendiri kamu dapat melakukannya di google maps.

Dengan begitu, kamu dpaat mempertimbnagkan rute mana yang akan kamu ambil. Pilihlah rute yang memang memiliki titik tingkat kemacetan terendah. Dengan begitu, rute alternatif yang kamu pilih tersebut dapat meminimalisir melewati jalan yang macet.

Baca Ini Juga  Nonton Film Indonesia Seru Ini Yuk!

2.      Menentukan Waktu Keberangkatan

kamu dapat mengecek waktu-waktu macet di kota atau daerah yang kamu kunjungi. Biasanya, setiap daerah memiliki tingkat kemacetan yang berbeda. Baik itu weekend maupun weekday.

Coba perkirakan pula estimasi yang kamu butuhkan. Sehingga kamu dapat menentukan pukul berapa berangkat dari rumah dan sampai ke lokasi yang ingin kamu tuju. Supaya terhindar dari macet.

Misalnya, jarak Bandung  ke Bekasi sekitar 6 jam, jika naik motor. Maka, cobalah berangkat pukul 07.00 WIB.  Pasalnya, itu di luar jam sibuk. Dimana jam sibuk berkisar pukul 10.00 hingga pukul 15.00 WIB. Adapun malam hari yaitu berkisar pukul 20.00 WIB.  Dengan begitu, kamu akan terhindar dari kemacetan, bukan?

3.      Menyiapkan Saldo Kartu Tol

Bukan hanya mengecek rute jalan, menyiapkan jalan alternatif, dan mengetahui waktu kemacetan saja. Namun, kamu pun perlu menyiapkan atau mengisi saldo elektronik. Terutama jika kamu kepergiannya menggunakan jalan tol. Tentu hal tersebut mengharuskan untuk membayar menggunakan kartu tol.

Dimana diketahui bahwa kartu tol pun harus diisi saldonya, supaya dapat digunakan dengan semestinya. Meskipun ada beberapa tol yang masih memperbolehkan penggunanya untuk membayar cash.

Namun, tidak ada salahnya menyiapkan itu semua. Sehingga hal tersebut akan memudahkanmu. Selain itu, kamu pun tidak akan merasa khawatir karena tidak memiliki saldo. Pasalnya, jika tidak memiliki kartu tol, maka secara tidak langsung kamu membuat kemacetan itu sendiri.

Baca Ini Juga  6 Smartphone Baterai Awet, Ada yang Tahan 163 Jam!

4.      Menjaga Kondisi Tubuh Supaya Tetap Fit

Kamu pun perlu menyiapkan kondisi tubuh supaya tetap dalam keadaan fit. Sehingga kamu bisa berkendara dengan baik dan nyaman. Terutama jika kamu akan melakukan perjalanan ke kota. Dimana, diketahui bahwa volume kendaraan di kota jauh lebih banyak. Terutama, jika itu kota industri dan pusat belanja.

Sehingga, kamu perlu pintar-pintar mencari cara untuk terhindar dari macet. Tentu hal tersebut tidak dapat kamu lakukan dengan maksimal. Apabila kondisi kamu tidak sehat. Maka, usahakan untuk tidak begadang dan menjaga pola makan.

Cara menghindari kemacetan di atas dapat kamu persiapan sebelum berangkat. Bahkan lebih baik jauh-jauh dari sebelum keberangkatan. Terutama jika kamu akan bepergian ke luar kota.  Dengan begitu, kamu jauh lebih siap. Namun, meskipun begitu, kamu perlu mengecek kembali pada saat hari H. pasalnya, terkadang volume kendaraan setiap harinya berubah-ubah.