tips mewarnai rambut
Tips mewarnai rambut .|Unsplash.com

Mau Tahu Tips Mewarnai Rambut? Simak Ini Yuk!

Diposting pada
tips mewarnai rambut
Tips mewarnai rambut .|Unsplash.com

Ada beberapa tips mewarnai rambut yang bisa kamu terapkan. Dengan begitu, rambutmu dapat diwarnai secara menyeluruh. Salah satu tipsnya adalah dengan datang langsung ke salon. Namun, bagi kamu yang ingin mengecat rambut secara mandiri, perlu meluangkan waktu dan pikiran. Pasalnya, kamu sendiri yang akan menggantinya.

Tips Mewarnai Rambut

Sebagian orang mempercayai, bahwa rambut merupakan sebuah mahkota dari dirinya. Sehingga, mengubah warna rambut atau model, dapat memberikan kesan yang berbeda. Selain itu, hal ini pun dipercayai dapat menentukan tampilan kamu bagus atau tidak. Sehingga, perhatikan hal-hal berikut ini, apabila ingin mengecat rambut!

1.    Ketahui Warna Yang Diinginkan

Hal ini sangat penting kamu ketahui, sebelum melakukan pengecatan warna. Pasalnya, jika tidak diketahui, bisa saja kamu akan kesulitan dalam mengganti warna lainnya. Hal ini disebabkan pewarna rambut memiliki beberapa jenis.

Dimana diantaranya adalah yang permanen, semi permanen, dan ada pula yang bisa hilang dalam beberapa minggu. Maka cobalah pikir-pikir dengan matang, apakah kamu ingin dicat dengan warna cerah atau gelap.

Baca Ini Juga  Link Download Twibbon Teletubbies Terbaru

Setelah menentukan jenis warnanya, maka saatnya kamu menentukan warna yang ingin kamu gunakan. Misalnya, merah, coklat, dan lain sebagainya. Dengan begitu, kamu akan tidak akan bingung saat membeli cat rambutnya.

2.      Persiapkan Kuas Khusus Dan Mangkuk Untuk Mewarnai Rambut

Selanjutnya tips mewarnai rambut yang berikutnya adalah menyiapkan alat-alat. Seperti kuas maupun mangkuk. Dimana kedua alat ini akan dijadikan alat dalam proses pengecatan. Kegunaan mangkok sendiri adalah untuk wadah cat rambut dan kuas adalah untuk mencampurkan pewarna. Selain itu, digunakan pula untuk pengaplikasian cat ke rambut sehingga lebih rapi.

3.      Cucilah Rambut Sebelum Pengecatan

Hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah mencuci rambutmu hingga bersih. Hal ini dimaksudkan agar cat yang ingin kamu gunakan dapat menyatu lagi dengan rambut. Lakukanlah hal ini sehari sebelum kamu melakukan pengecatan rambut.

4.      Sediakan Cat Rambut

Setelah semua siap, maka siapkanlah cat rambut sesuai sesuai kebutuhan. Namun, apabila kamu memiliki rambut panjang dan tebal, sebaiknya gunakan sebanyak dua bungkus. Sehingga, warna rambut sesuai dengan keinginanmu. Namun, jika kamu masih bingung, biasanya di kemasan dicantumkan mengenai aturan pakai dan banyaknya penggunaan yang diperlukan.

Baca Ini Juga  Harga Topi Gucci Original

5.      Melakukan Tes Pada Kulit Dan Rambut

Tidak semua kulit itu sama, maka kamu perlu untuk mengatasinya terlebih dahulu. Sehingga, tidak terjadi iritasi atau alergi.  Setelah yakin, bahwa kamu tidak  alergi, maka selanjutnya tes rambut. Cobalah untuk mengecat rambut sedikit, setelah itu tunggu beberapa saat. Jika kamu merasa panas, sebaiknya berhentikan pengecatan tersebut.

6.      Menggunakan Baju Pelindung Dan Mengecat Dari Akar Rambut

Untuk melindungi bagian tubuhmu yang lain, seperti telinga, leher, dan lain sebagainya. Maka gunakanlah baju pelindung. Selain itu, hal tersebut pun bermanfaat supaya baju yang kamu kenakan, tidak terciprat oleh pewarna rambut.

Untuk lebih aman, gunakan lip balm atau Vaseline. Sehingga ketika terkena warna sekalipun akan mudah dibersihkan. Selain itu, mulailah dalam mengecat pada bagian akar rambut dan hati-hatilah dalam pengaplikasiannya. Selain itu, usahakan untuk terkena kulit secara langsung.

7.      Tunggu 30 Menit Setelah Mewarnai Rambut

Setelah pewarnaan rambut diaplikan, maka gunakanlah shower cap untuk menutup kepala. Sehingga proses pewarnaan rambut pun akan lebih optimal. Usahakan untuk tidak lebih dari 30 menit. Pasalnya hal tersebut akan menyebabkan rambut cepat rusak.

Baca Ini Juga  Mystery Shop FF Juni 2021

Tips mewarnai rambut di atas memang terdengar simple, tetapi kamu tetap harus hati-hati. Untuk menghindari iritasi pada kulit. Selain itu, perhatikan pula aturan pemakaian dalam kemasan cat rambut. Sehingga, pengecatan rambut tersebut mendapatkan hasil yang maksimal.